+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Tidak ada orang yang ingin bisnisnya sulit berkembang bahkan bangkrut. Hal tersebut juga tentu berlaku untuk bisnis sewa mobil. Dengan syarat tidak terjadi apa-apa pada bisnis Anda. Ada kondisi di mana sebuah bisnis sengaja dipailitkan. Hal ini tentu saja salah satu yang ingin Anda hindari dalam bisnis sewa mobil milik Anda.

Semisal agar bisa bernegosiasi dengan bank agar hanya membayar pokok hutangnya saja atau karena bisnis tersebut ternyata malah membebani bisnis yang lainnya. Yang jelas dalam kondisi normal orang ingin usahanya tumbuh berkembang.

Dalam dunia bisnis, adanya kemajuan dan kemunduran sebuah bisnis adalah hal yang wajar terjadi. Daerah destinasi wisata di Indonesia seperti Jogja, Bali, Lombok, Labuan Bajo dan yang lain memiliki potensi berupa trafik manusia yang datang berwisata.

Tentu orang yang datang membutuhkan kendaraan selama di tempat wisata. Baik turis lokal maupun wisatawan mancanegara membutuhkan jasa transportasi. Maka tak heran jika bisnis rental mobil di daerah wisata menjadi bisnis yang red ocean.

Namun tentu peluang tersebut hanya akan bisa ditangkap oleh mereka yang siap. Sekedar keinginan saja tidak lantas membuat usaha rental mobil yang didirikan akan sukses. Harus disiapkan langkah awal memulai usaha rental mobil.

Ilustrasi Rental Mobil, sumber ig yogyarentcar
Wisata Menggunakan Rental Mobil, sumber ig @yogyarentcar

Tips Agar Bisnis Sewa Mobil Terus Berkembang

Anda perlu memperhatikan faktor yang membuat usaha rental mobil Anda mengalami kemunduran. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan agar bisnis sewa mobil Anda terus berkembang. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pemasaran Yang Efektif

Ada banyak ruang untuk usaha Anda. Terlebih di era digital saat ini Anda bisa memasarkan bisnis Anda secara online dengan situs web maupun media sosial. Bagi yang belum memiliki website untuk bisnis, segera miliki, bisa dengan menghubungi langsung penyedia jasa pembuatan website. Selain memperhatikan media yang Anda gunakan, teknik marketing juga harus sesuai kadarnya.

Misalnya, jika melalui media sosial, orang lebih suka dengan soft selling daripada hard selling. Jika Anda memiliki list kontak WhatsApp, maka jangan sehari 3 kali mempromosikan bisnis Anda pada mereka. Sebab, promo berlebih via WhatsApp akan membuat mereka tidak nyaman dan bisa jadi meninggalkan usaha Anda.

2. Kendaraan Yang Nyaman

Kendaraan yang bagus dan nyaman merupakan salah satu kunci utama dalam bisnis rental mobil. Kenyamanan kendaraan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang Anda jalani.

Yang perlu diperhatikan dari mobil Anda adalah performa mesin, tampilan yang bersih dan mentereng, keamanan, kenyamanan mobil saat perjalanan, suspensi yang baik dan jok mobil yang empuk dan terawat tentu akan menjadikan perjalanan terasa menyenangkan. Perbaiki kendaraan Anda, buatlah nyaman. Semoga bisa menjadi jalan keluar saat bisnis rental mobil Anda tidak berkembang.

Spot Wisata di Jogja, sumber ig kulonprogo.ig
Spot Wisata di Jogja, sumber ig @kulonprogo.ig

3. Pelayanan Yang Ramah

Faktor pelayanan yang ramah dari customer service hingga driver merupakan salah satu poin penting dalam segala jenis bisnis jasa rental mobil. Salah satu hal penting saat melayani pelanggan adalah mampu mendengar dan mengerti keinginan mereka.

Perlu juga kesabaran dalam berinteraksi dengan konsumen, karena mereka bisa jadi berasal dari daerah lain yang memiliki pola komunikasi yang berbeda dengan Anda. Masukkan selalu ruh antusiasme dalam setiap kata yang terucap sehingga setiap perkataan Anda memiliki energi yang mampu memikat hati pelanggan.

4. Kesan Di Hati Pelanggan

Salah satu tips untuk menarik hati pelanggan adalah tidak hanya dengan servis excellence. Namun juga perlu untuk go extra miles. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Semisal dengan memberikan hadiah pigura batik kecil setiap selesai perjalanan wisata dengan rental mobil.

Selain itu, bisa juga dengan memberikan gratis peta panduan wisata kepada mereka. Intinya, berbuat baiklah pada pelanggan, nanti mereka akan menjadi marketer secara tidak langsung dalam bisnis sewa mobil Anda. Tentu hal itu menjadi keuntungan yang tak terduga.

5. Pencatatan Keuangan

Bisa jadi usaha rental mobil Anda tidak berkembang karena keuangan yang tidak tercatat dengan baik atau tercampurnya uang usaha dengan uang pribadi, sehingga suatu saat jika mobil membutuhkan service ternyata uang di kas habis akibat dipakai keperluan pribadi. Akibatnya mobil menjadi ala kadarnya sehingga pelanggan banyak yang tidak puas kemudian lari ke kompetitor. Semoga ini bisa menjadi solusi bagi usaha Anda semua.

6. Update Informasi

Ilustrasi Rental Mobil Wisata, sumber ig mahasiswa_universitasriau
Ilustrasi Rental Mobil Wisata, sumber ig @mahasiswa_universitasriau

Kurang update atau kudet ini bisa berbahaya bagi pelaku bisnis apapun. Yang dimaksud bukan soal update teknologi saja. Namun, setiap pebisnis juga harus update informasi lokasi wisata baru, regulasi mengenai mobil bahkan hingga event menarik baru di lokasi rental mobil Anda berada.

Jangan sampai tiba-tiba keuangan perusahaan terkuras akibat tidak update masalah pajak, sehingga terkena denda yang banyak. Selain itu, Anda juga mungkin tidak tahu yang dimaksud oleh pemakai rental karena tidak pernah membaca perkembangan kondisi wilayah Anda.

7. Jangan Takut Ambil Risiko

Agar Anda tidak ketinggalan dengan para pesaing, digitalisasi penting untuk membangun bisnis Anda. Oleh karena itu, buat perencanaan dan strategi yang matang. Kemudian, memastikan apa yang direncanakan bisa berjalan dan strategi tersebut unggul dari pesaing lainnya.

Selain itu, perlu diingat kembali bahwa dalam membangun bisnis tak bisa dipisahkan dari kegagalan, maka Anda juga harus siap dengan segala risikonya. Pastikan pinjaman atau modal untuk membangun bisnis sesuai dengan batas kemampuan supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis sewa mobil Anda terus berkembang. Dengan perencanaan dan strategi yang matang, tentu bisnis rental mobil Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam berkembang. Semoga informasi ini bermanfaat.