Keberadaan obyek-obyek wisata yang beraneka ragam di Indonesia menjadi daya tarik untuk para wisatawan berkunjung ke berbagai tempat bahkan hingga ke pelosok-pelosok daerah. Beberapa daerah yang terkenal sebagai destinasi wisata di Indonesia antara lain, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Yogyakarta, Surabaya dan wilayah-wilayah lainnya. Sebenarnya bisa dikatakan bahwa hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki daya tarik wisata. Namun memang hanya sebagian saja yang populer bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk menunjang pariwisatanya, tentu saja pemerintah dan warga setempat membuat atau menyediakan fasilitas-fasilitas wisata. Misalnya Jogjakarta. Jogjakarta yang terkenal dengan berbagai jenis wisatanya mulai dari obyek wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner dan wisata belanjanya memiliki sejumlah fasilitas wisata yang memberikan kemudahan bagi para wisatawan. Salah satunya adalah jasa rental mobil Jogja. Dengan rental mobil, para wisatawan bisa mengunjungi obyek-obyek wisata yang tersebar di berbagai daerahnya. Nah, bagaimana sebenarnya keberadaan rental mobil ini bisa menjadi salah satu lahan usaha bagi Anda? Berikut ini terdapat beberapa tips mengenai memulai usaha rental mobil.

Tips Memulai Bisnis

Untuk memulai bisnis ini, ada beberapa cara yang bisa saja membantu, antara lain :

1. Memilih Tipe Mobil yang Paling Banyak Diminati

Dengan merintis bisnis ini, berarti harus memiliki mobil yang akan disewakan. Perlu diperhatikan saat akan membeli mobil, pilihlah tipe mobil yang banyak diminati oleh pelanggan. Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai tipe mobil jenis MPV yang bisa memuat banyak orang dan juga bahan bakar irit. Contoh mobil yang banyak peminatnya adalah Avanza, Innova, Gran Max dan lainnya. Setelah selesai dengan urusan mobil, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan harga sewa berdasarkan tipe mobil.

2. Jangan Membeli Mobil Bekas

Jangan tergiur dengan harga murah tapi kualitas mesin dan lain-lain harus diservice kembali. Itu sama saja bohong. Apalagi saat memulai bisnis rental mobil, sebaiknya jangan membeli mobil bekas. Dengan membeli mobil baru, pelanggan akan merasa bahwa bisnis Anda aman dan serius. Selain itu juga, bila membeli mobil baru itu akan mengurangi biaya perawatan. Bayangkan bila Anda membeli mobil bekas dan kemudian harus mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan mobil bekas tersebut. Pastinya biaya yang dikeluarkan akan dua kali lipat lebih mahal.

3. Membuat Syarat dan Ketentuan Dalam Menyewa Mobil

Obyek Wisata Gunung Ireng Jogja, sumber ig indonesiawanderer

Obyek Wisata Gunung Ireng Jogja, sumber ig @indonesiawanderer

Bisa dikatakan bisnis rental mobil ini termasuk salah satu bisnis dengan resiko cukup tinggi. Seperti contohnya mobil dibawa kabur. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, buatlah sebuah peraturan yang ketat dalam masalah sewa mobil. Seperti dengan meminta pelanggan meninggalkan kartu identitas (Ktp, Sim atau identitas lain) dan buatlah surat perjanjian sewa yang telah ditandatangani oleh pelanggan. Bisa juga dengan menaruh GPS atau alat pelacak pada mobil yang disewakan agar bisa terus terpantau.

4. Promosikan Bisnis

Selanjutnya, untuk membuat bisnis rental mobil semakin dikenal luas, lakukanlah kegiatan promosi bisnis. Bisa dimulai dengan memasarkannya melalui teman atau kerabat, sosial media, membuat website resmi dan lain-lain. Untuk memperluas jangkauan bisa dengan meminta bantuan hotel untuk membantu mengenalkan bisnis ke pengunjung hotel.

5. Mengelola Keuangan dengan Baik

Hal lain yang harus dilakukan adalah dengan mampu mengelola keuangan dengan baik. Jika tidak terlalu paham dengan cara mengelola keuangan yang baik dan benar, Anda bisa menggunakan jurnal. Jurnal adalah sebuah software akuntansi berbasis online yang dapat mencatat keuangan Anda. Selain itu cara pengerjaannya pun mudah dan tidak ribet. Bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Demikian beberapa tips mengenai memulai membuka usaha rental mobil. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk menyimak informasi wisata dan rental mobil lainnya di halaman kami.