Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibu Kota Wonosari. “Kidul” merupakan istilah bahasa Jawa yang berarti selatan, merupakan penamaan yang sesuai dengan letaknya di bagian paling selatan pulau Jawa dimana Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kabupaten ini merupakan wilayah yang ketinggiannya paling tinggi diatas permukaan laut jika dibandingkan dengan wilayah Provinsi Yogyakarta lainnya. Selain itu, terdapat banyak perbukitan atau pegunungan di wilayah ini.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Kabupaten Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul terletak 39 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Meski letaknya yang sangat jauh dari Kota Yogyakarta, namun daya tarik wisata yang dimiliki Kabupaten ini menjadikannya sebagai tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat sehingga bisa dikunjungi melalui rute manapun yang berbatasan dengannya. Disarankan untuk melewati jalan Wonosari dimana jalan ini paling sering dilalui oleh para wisatawan.

Sewa mobil untuk wisata? Klik disini!

Pantai Indrayanti, sumber ig atur_kusdiyanto

Pantai Indrayanti, sumber ig @atur_kusdiyanto

Daya Tarik Wisata Kabupaten Gunung Kidul

Wisata pantai

Kabupaten Gunung kidul memiliki potensi wisata pantai yang indah nan eksotis di pesisir selatan. Tak kurang dari lima puluh-an pantai berjajar dari ujung barat hingga ujung timur. Beberapa pantai yang menjadi tujuan wisatanya antara lain:

1. Kecamatan Tepus : Slili, Pantai Pulang Sawal/Indrayanti, Kelosirat, PokTunggal, dll.
2. Kecamatan Tanjungsari : Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Drini, Parangracuk, dll.
3. Kecamatan Girisubo : Krokoh, Sadeng, Wediombo, dll.
4. Kecamatan Panggang : Gesing, Grigak, Karangtelu, Kesirat, Nampu, Ngunggah, dll.
5. Kecamatan Saptosari : Butuh, Langkap, Ngobaran, Ngrenehan, Nguyahan, Torohudan, dll.
6. Kecamatan Purwosari : Klampok, Parangendog, Watugupit – Purwosari, dll.

Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig exploregunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig @exploregunungkidul

Wisata alam

Selain wisata pantai, lingkungan Kabupaten Gunung Kidul masih relatif alami dan asri. Sehingga, warga dan pemerintah setempat menjadikannya obyek-obyek wisata alam yang memberikan kepuasan tersendiri. Obyek-obyek wisata alam tersebut antara lain:

1. Gunung Nglanggeran, Patuk – Gunung api purba yg tersusun dari materi vulkanik tua
2. Gua Pindul – Karangmojo
3. Air Terjun Sri Gethuk – Dusun Menggoran, Bleberan, Playen
4. Kebun Buah Nglangggeran di sekitar Embung Desa Nglanggeran, Patuk
5. Dan tempat-tempat lainnya.

Selain wisata pantai dan wisata alam, masih terdapat potensi lain yakni wisata candi, wisata budaya dan wisata situs bersejarah. Semua jenis wisata ini menawarkan keunikan masing-masing bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul.

Demikian ulasan tentang Kabupaten Gunung Kidul. Dengan berbagai macam jenis wisata yang ditawarkan, sayang rasanya untuk tidak mencoba berkunjung ke sana. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berwisata!