Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa. Perbatasan Yogyakarta bagian selatan adalah garis pantai yang banyak dijadikan tempat wisata bahari oleh pemerintah setempat. Sebagai provinsi dengan daya tarik wisata yang tinggi, banyak wisatawan-wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan pantai-pantai yang terletak disebelah selatan Yogyakarta. Salah satu pantai yang recommended untuk dikunjungi adalah pantai Indrayanti. Apa daya tariknya? Simak ulasan tentang pantai Indrayanti berikut ini.

Lokasi dan Rute

Pantai Indrayanti dinamakan sesuai dengan nama pemilik sebuah cafe dan restoran yang menjadi landmark pantai tersebut. Pemerintah setempat menamakannya pantai Pulang Syawal, meski begitu para pengunjung lebih mengenalnya sebagai pantai Indrayanti. Pantai ini terletak di Tepus, kabupaten Gunung Kidul bersebelahan pantai Pok Tunggal, pantai Sundak dan Pantai Krakal. Untuk menuju ke lokasi pantai, rute perjalanan yang ditempuh naik turun serta berkelok namun masih relatif nyaman dikarenakan aspal yang masih bagus. Disarankan untuk melewati jalan Wonosari yang lebih familiar untuk para wisatawan yang belum begitu mengenal wilayah sekitar Yogyakarta.

Keindahan Pantai Indrayanti

Pasir putih dan perbukitan yang berada di sisi-sisi pantainya memberikan kesan tersendiri. Selain itu, pantai terlihat bersih dengan aturan pengelolaan oleh pihak swasta yakni denda sebesar Rp. 10.000 bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Sedikit banyaknya, pengelolaan oleh pihak swasta menjadikan pantai ini memiliki nilai lebih dibandingkan pantai-pantai lain yang tidak melibatkan swasta dalam pengelolaannya.

Bukit Karang di Pantai Indrayanti, sumber ig yunitaeka71

Bukit Karang di Pantai Indrayanti, sumber ig @yunitaeka71

Sedang berwisata di Yogyakarta? Coba klik di sini!

Para wisatawan dapat menikmati suasana santai nan nyaman di pantai ini baik pada saat siang maupun sunset. Pada bukit-bukit disekitar pantai, bisa dinikmati pemandangan landscape perpaduan antara pasir putih dan air laut yang biru. Terdapat berbagai macam cafe dan restoran serta penginapan disekitarnya. Juga terdapat gazebo-gazebo yang bisa disinggahi sebagai tempat beristirahat atau meletakkan barang serta bekal para wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Hampir rata-rata pantai yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul mengenakan biaya masuk bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Untuk masuk ke pantai Indrayanti para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000. Selain itu, terdapat fasilitas berupa jetski yang bisa dinikmati dengan biaya Rp. 250.000 per 15 menit. Jika ingin menyewa payung untuk berteduh dan gazebo akan dikenakan biaya masing-masing Rp. 20.000 dan Rp. 30.000. Untuk toilet akan dikenakan sebesar Rp. 2.000 – Rp. 5.000. Sebagai tambahan, belum ada fasilitas transportasi umum untuk menuju pantai ini. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan.

Demikian ulasan mengenai pantai Indrayanti. Jangan ragu untuk menikmati keindahannya dengan tetap waspada dan menjaga lingkungan untuk kebaikan bersama. Selamat berwisata bahari. Oh ya, jika merasa tertarik dengan artikel ini, silahkan share juga ke sahabat yang lain melalui sosial media yang tersedia ya. 🙂