+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Lokasi pantai di Yogyakarta memang sangat beragam, Pantai Depok Yogyakarta menjadi salah satu pantai yang berada diantara lingkaran pantai di Bantul, Yogyakarta. Sehingga menjadi salah satu list tempat wisata, yang harus anda kunjungi jika anda menginginkan berwisata di Yogyakarta yang bertemakan alam, sebagai salah satu penyedia wisata alam yang tidak pernah ada habisnya untuk menyuguhkan tempat yang indah.

Jika berbicara pantai di Jogja pasti yang menjadi bayangan adalah pantai di Gunungkidul semisal pantai Drini, Pantai Indrayanti dan pantai indah di Gunungkidul lainnya. Tetapi sebenarnya selain Parangtritis, Bantul Juga memiliki beberapa pantai.

Pantai Depok Yogyakarta ini merupakan salah satu yang paling terkenal dari beberapa pantai lainnya, jaraknya juga berdekatan dengan Pantai Parangtritis dan gumuk pasir Bantul, sebagai salah satu pantai ternama yang tidak pernah sepi pengungjung di setiap tahunnya. Jangan pernah lewatkan untuk mengunjungi pantai yang satu ini, jika anda tidak ingin menyesal untuk berlibur di Jogja dengan mengunjungi semua lokasi wisata pantainya.

Pantai Depok Yogyakarta
Pantai Depok Yogyakarta. Sumber IG @atirosyati0

Wisata Kulinernya yang Terkenal

Terkenal akan keindahan lautnya yang membentang, juga pemandangan hijau dan asrinya yang luas, tidak membuat pengunjung merasa bosan untuk mengunjungi daerah ini. Pantai Depok juga terkenal akan kenikmatan wisata kulinernya bahkan bersaing dengan kuliner di Malioboro, yang telah diakui oleh beberapa pengunjung baik itu turis lokal, maupun turis asing sekalipun, sangat disayangkan jika anda melewatkan lokasi pantai yang satu ini.

Jika anda penyuka kuliner seafood maka tempat ini sangat cocok bagi pecinta masakan laut. Dengan tempat yang pas yaitu di pinggir pantai anda bisa menikmati masakan seafood yang lezat di destinasi wisata kabupaten Bantul ini. Untuk mendapatkan ikan yang masih segar, anda bisa membelinya di pelelangan ikan dan cukup membayar biaya masak di warung terdekat sehingga anda bisa mendapatkan ikan segar sekaligus dalam bentuk sudah siap santap.

Berlokasi di Bantul membuat beberapa orang yang berasal dari pusat kota Yogyakarta bahkan rela, untuk mengunjungi pantai ini demi menikmati hidangan seafood yang masih segar. Disini biasanya para nelayan yang berhasil menangkap hasil laut akan menjualnya ke beberapa restoran, sehingga ketika anda berkunjung, akan menikmati makanan hasil laut yang telah diolah dengan bahan dasar yang segar.

Warung makan disini sangat beragam, dari mulai yang berkelas hingga warung makan biasa pada umumnya yang menyediakan beragam menu masakan seafood. Disini biasanya banyak anekaragam menu masakan yang disediakan untuk para pengunjung, dari mulai jenis udang, kepiting, cumi, cucut, hingga beberapa jenis ikan yang beragam bahkan layur pun ada dijual di lokasi ini.

Pantai Depok Yogyakarta
Ikan segar hasil tangkapan yang biasa dilelang. Sumber unsplash

Cocok Untuk Fotografi

Jika anda mulai merasa bosan untuk menikmati hidangan laut, mungkin anda bisa berjalan menyusuri pantai sambil menghabiskan waktu. Angin yang berhembus mampu membuat anda menjadi lebih rileks, terutama ditemani dengan dentuman suara ombak yang begitu menenangkan, meskipun memang pantai ini tidak cocok untuk dipakai berenang karena ombaknya yang tidak bersahabat.

Disini ada banyak sekali tempat yang cocok, untuk anda para penyuka fotografi yang sedang berkunjung ke Pantai Depok. Alam dipantai ini memang sangat memanjakan mata pengunjungnya, maka tidak ada salahnya jika anda mengabadikan beberapa momen indah tersebut sebagai kenangan, bahkan ada beberapa lokasi penampungan ikan yang bisa anda abadikan sebagai momen aktifitas masyarakat. Mungkin disini merupakan spot foto di Jogja yang terlupakan.

Membeli Ikan Segar Untuk Santapan di Rumah

Ada sebuah tempat pelelangan ikan yang besar di dekat lokasi Pantai Depok, disanalah anda bisa mencoba untuk membeli beberapa jenis makanan laut yang bisa anda olah dirumah. Bahkan untuk kisaran harga bisa dibilang cukup murah-murah, karena hasil tangkapannya baru saja diambil oleh para nelayan, sehingga tidak melalui beberapa proses penjualan lainnya, seperti halnya melalui beberapa distributor. 

Disana para nelayan atau tempat pelelangan ikan, banyak menjual beranekaragam jenis ikan dan hewan laut, biasanya seperti, cumi, udang, kepiting, cucut, tongkol, kerapu, hingga ikan layur. Untuk anda yang ingin membelinya langsung dari perahu nelayan, hal ini tidak akan sulit untuk anda temui, apalagi jika anda berkunjung ke pantai di pagi hari, untuk mendapatkan hasil tangkapan yang masih baru dan segar.

Pantai Depok terkenal dengan makanan seafood yang lezat. Sumber Unsplash

Lokasi Pantai Depok

Untuk menuju ke lokasi pantai Depok tidak begitu susah. Jika anda pernah berkunjung ke pantai Parangtritis maka lokasi tepatnya adalah di sebelah barat pantai Parangtritis. Lokasi ini lebih mudah di kunjungi menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu bagi anda wisatawan luar kota bisa menyewa kendaraan di jasa sewa mobil Jogja pilihan anda untuk dipakai mengunjungi pantai Depok.

Jika menggunakan kendaraan mobil maka cukup mengikuti arah jalan Parangtritis lurus terus tanpa berbelok. Setelah sampai di pintu gerbang pantai parangtritis maka segera belok ke kanan. Jalan ke kanan terletak sebelum pintu masuk pantai parangtritis. Setelah belok kanan ikuti jalan tersebut dan nanti akan sampai di pantai Depok.

Nama : Pantai Depok
Lokasi : Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta : Peta : https://goo.gl/maps/WCGmNqzzZNUDhVqM8

Itulah ulasan mengenai pantai depok Yogyakarta yang terkenal sebagai pantai dengan wisata kulinernya yang khas. Jika anda berkeinginan mengunjungi pantai Depok ini dan kebingungan dalam sarana transportasi maka bisa menghubungi jasa rental mobil wisata JogjaCar.

Dengan harga bersaing baik dengan driver atau tanpa driver JogjaCar akan melayani pelanggannya dengan maksimal. Semoga bermanfaat dan jangan lupa menyimak artikel lain dari kami tentang curug Sidoharjo Kulonprogo.