+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Curug Sidoharjo adalah salah satu diantara banyak obyek wisata serupa di Jogja yang terkenal. Obyek wisata alam sejenis Curug Sidoharjo ini banyak diminati para wisatawan yang berkunjung ke Jogja selain pantai dan jenis wisata alam lainnya.

Fasilitas wisata yang ditawarkan juga sangat memudahkan. Rental mobil wisata, biro perjalanan wisata, penginapan, lokasi kuliner semuanya begitu memanjakan para wisatawan yang berkunjung. Wajar saja jika Jogja menjadi salah satu daerah wisata terkenal di Indonesia.

Jogja setidaknya memiliki 20 lebih obyek wisata air terjun atau curug. Kebanyakan obyek wisata ini berada di lokasi yang dekat dengan pengunungan atau bukit. Bagaimana pesona Curug Sidoharjo? Berikut berbagai informasinya.

Lokasi Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo, sumber ig @sipejalandotcom
Curug Sidoharjo, sumber ig sipejalandotcom

Curug Sidoharjo terletak di Dukuh Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curug ini berada di antara Perbukitan Menoreh yang memanjang dari Kabupaten Kulonprogo bagian selatan hingga Kabupaten Magelang bagian selatan.

Rute yang dapat Anda tempuh untuk sampai di lokasi ini adalah melalui Jalan Godean ke arah barat hingga sampai pada perempatan Nanggolan. Pada perempatan Nanggolan, ambillah arah kanan yang menuju ke tugu Perempatan Pasar Dekso. Sampai perempatan ini, ambillah arah ke Samigaluh. Arahkan kendaraan Anda lurus terus hingga bertemu dengan sebuah pertigaan di jalan menanjak.

Pada pertigaan jalan menanjak ini, ambillah jalan ke kanan menuju MTs Sidoharjo. Setelah sampai MTs Sidoharjo, masuklah ke jalan yang berada di sebelah MTs Sidoharjo. Jalan ini akan mengantarkan Anda ke Desa Sidoharjo. Jika sudah sampai desa ini, maka bertanyalah kepada penduduk sekitar mengenai lokasi tepatnya curug ini berada. Hal ini mengingat lokasi curug yang tersembunyi.

Catatan bagi Anda yang akan mengunjungi lokasi curug ini, pastikan Anda menggunakan kendaraan dengan kondisi yang prima karena jalanan yang Anda lewati akan dipenuhi dengan tanjakan dan turunan. Hal ini mengingat kawasan ini adalah kawasan perbukitan yang cukup luas.

Kendaraan yang Anda naiki tidak dapat mencapai curug ini secara langsung karena jalan yang tidak memungkinkan. Anda harus memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

Selanjutnya, Anda harus berjalan kaki kurang lebih 10 menit untuk menjangka lokasi curug. Santai saja, perjalanan Anda tidak akan membosankan karena Anda akan dimanjakan dengan hijaunya hamparan perkebunan dan perbukitan Menoreh yang sangat cantik.

Pesona Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo, sumber ig amribhekty
Curug Sidoharjo, sumber ig @amribhekty

Curug ini merupakan curug tertinggi yang ada di Kabupaten Kulonprogo, bahkan mungkin di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Tinggi curug ini kurang lebih 75 meter menjulang dari bawah ke puncak paling atas. Curug dikelilingi oleh tebing batuan yang cukup tinggi dan pohon-pohon serta tumbuhan yang masih alami.

Pada bagian bawah tempat air jatuh, mengalirlah sungai yang banyak didominasi oleh batuan-batuan pasir dan cekungan-cekungan yang cukup dalam. Anda yang berencana main di sungai dan curug sebaiknya berhati-hati saat di tempat ini.

Debit air Curug Sidoharjo tidak terlalu deras. Akan tetapi, hal ini akan berubah ketika baru saja turun hujan atau ketika musim kemarau tiba. Banjir air bah dari puncak curug akan sangat deras dan membahayakan orang yang ada tepat di bawah curug.

Jika dilihat dari cakupan wilayahnya, curug ini masuk ke tiga wilayah padukuhan. Padukuhan yang wilayahnya masuk ke curug ini adalah Dukuh Munggang Lor, Dukuh Nyenani, dan Dukuh Gorolangu.

Fasilitas

Curug Sidoharjo, sumber ig hijabtraveling_id
Curug Sidoharjo, sumber ig @hijabtraveling_id

Curug ini terlihat belum optimal dalam pengelolaannya. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang disediakan di tempat ini. Fasilitasnya masih tergolong minim untuk mampu memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung selama menikmati curug. Pengelolaan masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Masyarakat perlu mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat.

Fasilitas yang tersedia disini adalah penjual makanan ringan dan area parkir. Makanan ringan yang dijual adalah regedheg yaitu daun pegagan yang digoreng dan dilapisi tepung. Bentuknya seperti kripik bayam goreng tepung. Anda dapat membelinya sebagai salah satu makanan khas daerah ini.

Curug ini belum menyediakan penjaga khusus yang mengamankan para pengunjung saat bermain di area curug terutama saat berenang dan bermain air. Anda dan keluarga wajib menjaga diri sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Informasi Biaya

Biaya masuk atau retribusi tempat ini gratis. Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk satu motor dan Rp5.000 untuk satu mobil. Harga yang sangat murah jika dibandingkan keindahan yang Anda dapat.

Nama : Curug Sidoharjo
Lokasi : Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673
Peta : https://goo.gl/maps/y68qyL7XiHZ34z6HA

Itu dia berbagai informasi seputar Curug Sidoharjo. Semoga bisa menjadi koleksi informasi wisata dan referensi wisata Anda selanjutnya. Simak berbagai informasi air terjun Jogja di halaman sewa mobil Jogja jogjacar.com.