+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul, hanyalah satu diantara beberapa air terjun eksotis yang terdapat di Jogja. Selain itu terdapat air terjun Kedung Pedut, Kembang Soka, Sri Gethuk dan hampir 20-an air terjun lainnya.

Dengan keberadaan banyak obyek wisata yang bisa dinikmati, serta aneka ragam jenis wisata yang ditawarkan, Jogja memang menjadi daerah destinasi wisata terkenal di Indonesia. Pada saat liburan tiba, Jogja selalu dipenuhi dengan rombongan wisata dari luar daerah hingga mancanegara.

Air terjun Lepo Dlingo Bantul adalah obyek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Apa saja sih daya tariknya? Simak informasi berikut ini.

Lokasi Dan Rute

Air terjun Lepo berlokasi di Dusun Pokoh I, Desa Dlingo, Imogiri, Bantul, Jogja. Untuk menuju lokasi ini, kondisi jalan terbilang cukup baik hingga berada di Desa Dlingo. Lokasinya berada di pelosok daerah Bantul. Dari Kota Jogja, Anda akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam.

Air Terjun Lepo Dlingo, sumber ig wonderfuldlingo
Air Terjun Lepo Dlingo, sumber ig @wonderfuldlingo

Untuk rute yang bisa ditempuh dari Kota Jogja adalah melalui Jalan Imogiri Timur. Yaitu ke arah timur Jogja. Sesampainya di Desa Dlingo, kemudian menuju Dusun Pokoh I. Sejauh ini belum ada tanda menuju obyek wisata yang cukup memadai sehingga di Dusun ini Anda disarankan untuk bertanya.

Alternatif lainnya adalah dengan mengikuti penunjuk arah dari google maps. Cara yang lebih mudah lagi adalah dengan memanfaatkan rental mobil wisata Jogja. Dengan bantuan driver rental mobil, Anda akan lebih mudah menuju ke lokasi air terjun Lepo Dlingo Bantul.

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul merupakan sebuah obyek wisata di area lembah yang berada di Desa Dlingo, Kabupaten Bantul. Lepo merupakan akronim Jawa yaitu ledok dan pokoh. Ledok Pokoh bermakna lembah yang berada di Dusun Pokoh.

Air terjun Lepo Bantul merupakan air terjun alami yang terdiri dari beberapa air terjun dan di dasarnya terdapat sejumlah kolam yang memiliki air jernih serta pemandangan khas alam yang masih asri. Suasana di sekitar air terjun sejuk dengan suara aliran air terjun yang menenangkan.

Setidaknya terdapat 4 kolam yang menjadi wahana bermain air di lokasi ini. Kolam pertama sedalam 2 meter yang biasanya dinikmati oleh pengunjung dewasa. Kolam kedua hanya sedalam pinggang orang dewasa, sedangkan kolam ketiga sangat dangkal sehingga bebatuan yang berada di dasar kolam bisa terlihat. Kolam kedua dan ketiga ini bisa dinikmati oleh anak-anak dengan pengawasan orang tua. Sedangkan kolam yang keempat cenderung tidak dijadikan wahana bermain karena cukup dalam dan tidak begitu lebar.

Obyek wisata Air terjun Lepo memiliki berbagai fasilitas bermain air seperti pelampung dan bisa menjadi spot foto yang unik. Selain itu terdapat tempat makan disekitarnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengganjal perut agar bermain air bisa lebih berenergi.

Terdapat pula gedung pertemuan sederhana yang bisa dimanfaatkan serta fasilitas peminjaman alas tempat duduk. Untuk bermain air Anda tidak perlu khawatir karena terdapat kamar mandi untuk membersihkan diri setelahnya dan bisa menjadi ruang ganti pakaian sekaligus. Terdapat pula toilet, tempat parkir dan mushola.

Untuk masuk dan menikmati obyek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000. Selain itu, fasilitas bermain air seperti pelampung dan yang sejenisnya bisa dimanfaatkan dengan biaya sewa berkisar Rp. 10.000. Untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3.000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil.

Air Terjun Lepo Bantul, sumber ig papatourjogja
Air Terjun Lepo Bantul, sumber ig @papatourjogja

Saran Tambahan

Yang paling seru saat berada di lokasi Air Terjun Lepo Dlingo Bantul adalah bermain air di sungai dan air terjun yang terdapat di lokasi ini. Namun, air terjun dan sungai yang terdapat di sini masih alami, sehingga Anda tetap perlu waspada dengan kondisi bebatuan licin dan rintangan-rintangan lainnya di lokasi ini.

Selain itu, lokasi ini sangat mempesona untuk menghiasi media-media sosial Anda dengan berfoto dan menjadikan air terjun, sungai, fasilitas dan alam disekitar lokasi sebagai latarnya. Di sini Anda juga bisa berpiknik bersama keluarga, bersantai menikmati alam yang asri.

Nama : Air Terjun Lepo
Lokasi : Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Peta : https://goo.gl/maps/k8rLiYSyNyd9ibJu6

Demikian ulasan terkait air terjun Lepo Dlingo Bantul yang bisa kami ringkas pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi rujukan wisata Anda. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata Rumah Hobbit Mangunan Jogja. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.