Rumah Hobbit Mangunan Jogja adalah salah satu obyek wisata kreatif yang unik. Obyek wisata kreatif adalah obyek wisata kreasi atau buatan. Tentu saja dibuat oleh karena terinspirasi dari keindahan alam di daerah-daerah yang terdapat di Jogja.

Misalnya seperti stonehenge merapi, tebing breksi dan yang sejenisnya, adalah beberapa obyek wisata buatan yang menarik. Biasanya terdapat sisa-sisa dari alam yang telah dimanfaatkan. Sisa-sisa ini kemudian dipoles dan dikreasikan untuk memiliki daya tarik tertentu. Sehingga akhirnya bisa menjadi obyek wisata alam yang indah.

Rumah Hobbit sendiri berada di tengah hutan yang berada bersebelahan dengan banyak area wisata yang terdapat di sini. Nah, apa saja hal menarik yang dapat Anda temukan dan Anda lakukan di obyek wisata Rumah Hobbit Jogja, simak ulasannya berikut ini.

Lokasi dan Rute

Rumah Hobbit Mangunan Jogja, sumber ig nourmalitazianisa
Rumah Hobbit Mangunan Jogja, sumber ig @nourmalitazianisa

Rumah Hobbit Mangunan Jogja berada di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini biasanya dikunjungi berbarengan dengan Kebuh Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Untuk menuju ke lokasi ini dari Kota Jogja, Anda bisa menuju ke arah selatan hingga bertemu dengan Jalan Imogiri Timur. Setelah berada di Pasar Imogiri, mengarah ke timur hingga menemukan kawasan Mangunan. Di area ini Anda akan pertama kali menjumpai obyek wisata kebuh buah Mangunan. Sedangkan Seribu Batu Songgo Langit berada di puncak bukit menuju obyek wisata hutan pinus Mangunan.

Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Jogja memiliki banyak fasilitas wisata yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Seperti rental mobil Jogja, paket wisata Jogja, guide tour dan fasilitas lainnya. Obyek wisata Rumah Hobbit Mangunan Jogja, sering menjadi rekomendasi bagi para wisatawan jika menggunakan jasa-jasa fasilitas wisata tersebut.

Rumah Hobbit Mangunan sebenarnya merupakan salah satu spot yang terdapat di obyek wisata Seribu Batu Songgo Langit. Seribu Batu Songgo Langit adalah lokasi obyek wisata yang dulunya merupakan bebatuan yang berjumlah banyak yang berada di atas bukit sehingga dinamakan “songgo langit” atau penyangga langit.

Rumah Hobbit Mangunan Jogja terinspirasi dari film berseri yang menjadi salah satu yang legendaris saat ini, yaitu film Lord Of The Ring. Hobbit merupakan salah satu makhluk seperti manusia namun berukuran mini sehingga memiliki tempat tinggal yang unik.

Mangunan memang menjadi area wisata yang dikelilingi oleh pepohonan, perbukitan dan taman-taman. Sehingga sangat cocok untuk dibangun rumah-rumah berbentuk unik selayaknya rumah hobbit yang terdapat pada film Lord Of The Ring. Meski hanya terdapat satu, namun Rumah Hobbit yang terdapat di Mangunan ini menjadi favorit sebagai spot foto.

Saran

Rumah Hobbit Mangunan Jogja, sumber ig fransiskahelen93
Rumah Hobbit Mangunan Jogja, sumber ig @fransiskahelen93

Obyek Wisata Rumah Hobbit Mangunan Jogja adalah obyek wisata keluarga. Dengan area parkir yang luas, Anda bisa membawa keluarga Anda atau rombongan wisata ke lokasi ini. Terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati seperti spot foto, tempat bersantai dan warung makan.

Selain itu, tempat ini juga bukan obyek wisata alam yang ekstrim dan menantang. Karena bangunan-bangunan yang ada telah dirancangn senyaman mungkin untuk bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Karena keunikan bentuk dan pemandangannya, yang paling sering menjadi aktivitas wisatawan adalah berfoto ria.

Bukan hanya latar rumah hobit, terdapat juga panggung pinus, rumah ranting layaknya rumah adat salah satu suku pedalaman Indonesia, kandang kancil dan beberapa spot unik lainnya seperti batuan besar, jembatan dan lain-lain. Yang terakhir adalah songgo langit, yaitu puncak bukit yang menjadi bagian utama obyek wisata ini.

Songgo langit memang perlu ditempuh dengan jarak yang lumayan, yaitu berkisar 800 meter dari rumah hobbit. Namun jangan khawatir, trek menuju songgo langit telah dibuat senyaman mungkin. Meskipun tetap saja, Anda memerlukan stamina yang cukup karena berada di puncak bukit.

Nama : Seribu Batu Songgo Langit
Lokasi : Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Peta : https://goo.gl/maps/m13hrfhaq2s

Demikian ulasan terkait obyek wisata Rumah Hobbit Mangunan Jogja yang berada di Seribu Batu Songgo langit. Semoga bisa menjadi referensi berwisata Anda selama di Jogja. Simak ulasan lainnya mengenai obyek-obyek wisata di Jogja salah satunya Kampung Batik Giriloyo di halaman ini. Selamat berwisata!