Kampung Batik Giriloyo atau desa wisata Giriloyo bisa menjadi alternatif liburan baru di Jogja. Tidak banyak jenis wisata yang menawarkan sensasi berliburan sambil belajar. Di kampung batik Jogja Anda bisa merasakan berliburan sambil mempeajari budaya warga setempat, yaitu membatik.

Jogja dikenal sebagai surganya destinasi wisata. Berbagai obyek wisata lengkap ada di kota ini mulai dari obyek wisata alam, wisata tempat bersejarah, wisata budaya, aneka kuliner, sampai tempat berbelanja tersedia banyak di sini. Salah satu khas dari Jogja adalah batik. Di Jogja berbagai jenis batik dapat dijumpai, dilihat, atau bahkan dibeli untuk cenderamata bagi keluarga.

Bagi traveler yang ingin datang ke sentra batik di Jogja dapat berkunjung ke Kampung Batik Giriloyo. Kawasan ini merupakan sentra batik tertua yang ada di Bantul sejak pemerintahan Sultan agung memerintah kerajaan mataram. Berikut ulasannya

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig pesonaimogiri
Kampung Batik Giriloyo, sumber ig @pesonaimogiri

Kampung Batik Giriloyo

Desa wisata akhir-akhir ini menjadi salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi. Karena alternatif yang satu ini bukan hanya menjadi obyek wisata dengan pemandangan indah khas tetapi juga memberikan edukasi tentang bagaimana kehidupan pedesaan. Salah satu yang paling ramai dikunjungi adalah Kampung Batik Giriloyo. Ratusan kaum perempuan yang ada di Kampung Batik Giriloyo memiliki kemampuan membatik yang diturunkan dari generasi ke generasi. Membatik menjadi sebuah kegiatan rutin ibu-ibu yang ada di kampung ini. tak asing jika mereka sibuk membatik dengan membawa kain putih, canting, beserta lilinnya.

Proses membatik memang bukan perkara mudah, harus melalui beberapa tahapan untuk membuatnya. Bagi traveler yang ingin melihat proses awal membatik diperbolehkan untuk datang ke Giriloyo. Di sini para pengunjung boleh belajar membatik dari proses menggambar pola menggunakan canting sampai ke proses pewarnaan hingga menjadi kain batik.

Lokasi dan Rute

Kampung Batik Giriloyo terletak di Jalan Imogiri Timur, KM 14, Gazebo wisata Giriloyo, wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampung Batik giriloyo mempunyai 3 dusun di antaranya dusun Karang Kulon, Giriloyo, dan Cengkehan. Kampung ini populer dengan hasil batikan yang bagus dan klasik.

Untuk menuju lokasinya dari Kota Jogja, Anda berjalan mengarah ke selatan tepatnya menuju Jalan Imogiri Timur. Kemudian masih bergerak hingga menemui kawasan Makam Raja Cirebon hingga bertemu jalan bercabang. Ambil jalan yang mengarah ke Kampung Batik Giriloyo.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi Kampung Batik Giriloyo, Anda tidak dikenakan biaya retribusi. Jika Anda ingin mengikuti workshop membatik Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000.

Kelebihan Batik Giriloyo

Perbedaan antara kain batik Giriloyo dengan kain batik lainnya terletak pada proses pewarnaannya. Batik Giriloyo masih menggunakan pewarnaan alami mengguna bahan alami juga seperti kunyit, secang, kulit kayu, daun jati. Keunggulan menggunakan pewarnaan alami lebih awet meskipun warnanya tak secerah menggunakan pewarna sintetis. Namun, Batik Giriloyo juga masih memberikan pewarnaan sintetis untuk pewarnaan lainnya.

Batik Giriloyo, sumber ig _danielsirait_
Batik Giriloyo, sumber ig @_danielsirait_

Batik Giriloyo dikenal sebagai batikan tangan dengan mengangkat motif keraton yang halus. Warna-warna batik yang dihasilkan memiliki warna khusus seperti soga (cokelat). Motif khas yang sering digunakan mencerminkan suasana Mataraman (Jogja-Solo).

Kain yang digunakan untuk membatik menggunakan kain katun premium yaitu Primisima. Katun ini merupakan salah satu katun yang terbaik. proses pembuatan batik juga memakan waktu sekitar 1 bulan, tergantung dari kain dan kerumitan motif yang digunakan.

Bagi traveler yang tertarik dengan motif batik yang dibuat maka dapat dibeli di showroom setempat. Ada berbagai macam pilihan motif yang disediakan mulai dari motif mega mendung, parang, babon ngendog, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan juga terjangkau di kantong. Jadi bagi traveler jangan khawatir untuk dapat membawa batik Giriloyo karena harganya tidak akan mengocek kantong sampai ke dalam.

Nama : Kampung Batik Giriloyo
Lokasi : Gazebo Wisata Giriloyo, Jl. Imogiri Tim. No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782
Peta : https://goo.gl/maps/Xr177iMEPj32

Jadi itulah penjelasan terkait kampung batik Giriloyo di Jogjakarta. Selain berlibur ke tempat wisata kampung batik Giriloyo, Anda juga bisa menambah pengalaman cara membuat batik selama ini. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi wisata Anda di Jogja. Simak juga ulasan wisata Jogja lainnya di halaman jogjacar.com. Silahkan share artikel ini. Terimakasih!