Yogyakarta memang istimewa karena begitu banyaknya tempat-tempat wisata yang indah dan mempesona. Tidak hanya dari wisata kuliner, pantai, monument sejarah saja, bahkan terdapat banyak desa-desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa contoh desa wisata yang berada di DIY antara lain adalah Desa Ledok Sambi, Desa Wisata Krebet di Bantul, Desa wisata Kasongan. Dan yang terakhir adalah Desa Wisata Boro. Jika anda berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta jangan lupa untuk singgah di desa wisata ini.

Lokasi Dan Rute Menuju Desa Wisata Boro

Desa wisata yang satu ini terletak di Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata ini tempatnya sangat mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Dari arah Jalan Godean lurus ke barat kira-kira jarak tempuh nya sekitar 16 Km. Jika sudah berada di jembatan panjang itu menandakan bahwa wisatawan sudah memasuki kabupaten Kulon Progo. Jika menemukan lampu merah ambil ke arah kanan kurang lebih 14 Km sebelah kiri jalan kemudian akan bertemu papan nama Desa Wisata Dolan Ndeso. Dari situ ambil ke kiri sekitar 2.2 Km anda sudah sampai tujuan.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Wisata Desa Boro

Desa Wisata Boro, sumber ig taufikwijaya30

Desa Wisata Boro, sumber ig @taufikwijaya30

Pemerintah setempat selaku pengembang dari destinasi wisata ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk menarik para wisatawan berkunjung. Diantaranya disediakan tempat penginapan dengan kapasitas sekitar 40 – 120 orang. Yang paling unik penginapan tersebut tidak berupa kamar-kamar melainkan berupa balai-balai agar bisa digunakan untuk tidur ramai-ramai bersama rombongan. Untuk fasilitas MCK, terdapat sebanyak 18 buah kamar, ada juga mushola, warung makan, area parkir dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, di tempat ini anda bisa langsung berinteraksi dengan penduduk setempat yang terkenal ramah dan santun.

Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini antara lain : Bagi anak-anak adalah dapat melakukan berbagai aktivitas dari cinta budaya, cinta alam, dan detektif air. Di tempat ini juga anak-anak bisa melakukan aktivitas seperti petani di sawah dari membajak hingga menanam sayuran. Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan anda bisa mencoba pengalaman baru dengan mengunjungi destinasi wisata yang satu ini dengan menyewa mobil wisata jogja. Di sini Anda bisa merasakan bagaimana rasanya tinggal dan bermalam di rumah penduduk dan berinteraksi langsung dengan penduduk pedesaan.

Di tempat wisata ini Anda bisa juga melakukan aktivitas outbound yaitu arum jeram di sungai Elo dan sungai Progo. Ada juga permainan PaintBall yaitu permainan 2 kelompok dengan tujuan saling mengalahkan dan memberi tanda di tubuh dengan menggunakan cat. Anda bisa juga menikmati kesenian gejok lesung yang sudah sangat langka sekali. Gejok lesung adalah musik yang diperoleh dari tumbukan lesung dan alu yang menghasilkan bunyi. Bagi yang gemar berfoto atau selfi tempat Desa Wisata Boro ini sangat cocok untuk menjadi latar foto. Karena pemandangan alamnya yang asri dan elok sehingga sangat mendukung sekali untuk berfoto.

Informasi Retribusi Wisata

Wahana Permainan Anak Desa Boro, sumber ig hartono_dolandeso

Wahana Permainan Anak Desa Boro, sumber ig @hartono_dolandeso

Jika anda mengunjungi Yogyakarta rugi rasanya kalau tidak mampir ke tempat wisata ini. HTM buat anak-anak minimal 20 anak dengan biaya 60 ribu. Sedangkan untuk mahasiswa 60 ribu, untuk corporate 100 ribu. Ini sudah termasuk snack dan makan siang. Waktu yang diberikan adalah selama 6 jam. Desa wisata ini semakin hari semakin ramai oleh pengunjung, terutama bagi yang terbiasa tinggal di kota besar. Karena destinasi wisata ini memiliki keunikan dan daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Demikian ulasan mengenai Desa Wisata Boro yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi baru untuk tujuan-tujuan wisata Anda selanjutnya. Jangan lupa untuk tetap waspada dan bijak dalam menggunakan fasilitas umum. Simak juga artikel lainnya mengenai obyek wisata di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta di halaman kami. Selamat berwisata!