Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari beberapa kabupaten dan berpusat di Kota Yogyakarta. Jika membahas mengenai tujuan wisata, sebenarnya hampir setiap kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan target wisata para wisatawan. Bahkan bukan hanya wisatawan dalam negeri, wisata-wisata alam yang terletak jauh di selatan Yogyakarta bisa menjadi target para wisatawan mancanegara. Tidak heran mengapa Yogyakarta bisa disebut sebagi destinasi wisata yang cukup populer di Dunia.

Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang memiliki sangat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi. Mulai dari pantai, gunung atau bukit, kebun buah hingga objek wisata lainnya. Ada salah satu tempat wisata baru yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nama wisata tersebut yaitu wisata air terjun kedung kandang. Karena merupakan wisata yang baru, belum banyak orang-orang yang mengetahui informasi seputar wisata ini. Maka dari itu berikut ini akan dibahas beberapa informasi mengenai informasi wisata air terjun yang satu ini :

Lokasi Dan Rute Menuju Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Wisata ini berlokasi di Dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi ini tidak jauh dari lokasi wisata gunung api purba. Rute yang bisa anda gunakan untuk mencapai lokasi air tejun ini, yaitu pertama-tama menuju Kecamatan Patuk melewati jalan Wonosari. Selanjutnya anda harus mengambil rute ke arah SMPN 2 Patuk. Dan sebelum sampai disana ambil belokkan ke kiri menuju Dusun Bobung.

Kemudian anda akan menemukan perempatan, beloklah ke arah kiri. Nantinya anda akan bertemu dengan warung Mie Ayam Mba Nining, belok lagi ke arah kiri. Disana anda akan menemukan lapangan voli yang bisa anda gunakan untuk memarkirkan kendaraan anda. Sebab anda harus berjalan kaki kurang lebih 900 meter menuju area wisata air terjun dengan kondisi jalan yang berupa tanah. Dan sepanjang perjalanan nanti, anda akan mendapati petani-petani yang sedang menggarap ataupun memanen sawah mereka.

Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig jogja_today

Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig @jogja_today

Hal Menarik Dari Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Banyak keindahan yang ditawarkan oleh wisata air terjun yang satu ini. Salah satunya keindahannya yaitu tumpukan-tumpukan air terjun yang terdiri dari 6 tingkatan yang dimiliki oleh air terjun ini. Warna airnya yang putih juga bersatu padu dengan hijaunya persawahan disekitarnya. Selain itu anda juga akan mendapati tebing-tebing vulkanik bekas erupsi gunung api purba yang mempesona. Bebatuan yang ada di air terjun juga merupakan hasil dari aktivitas gunung purba. Dengan suasana alami yang dimiliki oleh wisata ini, sangat cocok untuk anda yang mencari ketenangan dengan suasana yang alami.

Saran Tambahan

Jika anda ingin berkunjung ke wisata air terjun ini. Ada beberapa saran yang perlu anda perhatikan. Berikut ini saran-saran yang perlu anda perhatikan :

1. Berkunjunglah pada musim hujan. Sebab jika anda berkunjung pada musim kemarau anda akan mendapatkan debit air terjun yang berkurang.

2. Jangan mandi ke dalam kedung. Hal itu karena ada larangan dari warga sekitar.

3. Selalu jaga kebersihan sekitar area wisata, jangan mengotorinya walau dengan membuang sebuah sampah kecil.

4. Disana belum ada fasilitas yang memadai. Jadi apabila anda ingin pergi ke toilet ataupun sholat, anda bisa meminta izin kepada warga sekitar.

5. Jika tidak ada penjaga parkir di lapangan voli, anda bisa mencari rumah-rumah warga yang bisa dititipkan motor.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata air terjun kedung kandang dan serta saran yang bisa kami berikan. Jika anda berkunjung kesana patuhilah semua peraturan yang berlaku demi keamanan serta kenyamanan dalam berwisata. Dan jangan lupa saling tegur sapa dengan warga-warga yang ada di sekitar wisata. Demikian semoga bisa menjadi referensi wisata bagi Anda. Baca juga artikel lainnya mengenai tips wisata backpacker jogja di halaman kami. Selamat berwisata!