Daerah Istimewa Yogyakarta, selain terkenal sebagai kota pelajar mempunyai kota yang menjadikan tempat khas untuk berbelanja. Tempat yang bernama Malioboro ini terkenal dengan tempat wisata belanja di kota Yogyakarta yang sangat cocok di kunjungi oleh para pelancong dan juga para turis. Tidak di pungkiri memang bahwa, bayak sekali turis yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk mencari kuliner-kuliner yang unik. Jika anda memilih tempat destinasi keluarga di Malioboro, jangan melewati kesempatan untuk wisata kuliner di Malioboro dan sekitarnya. Setidaknya ada beberapa tempat yang masih di sekitaran Malioboro, yang menyediakan kuliner yang lengkap serta harganya terjangkau. Berikut 5 tempat wisata kuliner di Malioboro dan sekitarnya yang terkenal menyediakan kuliner yang murah dan unik favorit wisatawan :

1. Kedai Gado-Gado Bu Hadi

Kedai Gado-gado bu hadi merupakan kedai yang ada di sekitar Malioboro yang sudah ada sejak 50 tahun silam. Sekarang kedai ini di kelola oleh generasi yang ketiganya. Terkait rasa tidak usah di tanya liagi karena terbukti, bahwa pelanggan silih berganti datang ke kedai Gado-gado Bu Hadi ini. Khas dari kuliner jenis gado-gado ini adalah sayuran nya yang segar serta kacang guyuran kacang yang di ulek sendiri serta di tambah dengan kerupuk udang dan es kopyor. Gado-Gado Bu Hadi ini berada di sekitaran pasar Beringharjo, di posisi paling ujung jalan malioboro. Harga yang di tawarkan perporsi sebesar Rp 17.000 .

2. Angkringan Lek Man

Angklengan Lek Man terletak di bagian utara stasiun Tugu. Berada di pinggir jalan wongsodirjan. Dari Malioboro Jaraknya kurang lebih 700 meter menggunakan sewa mobil jogja. Kuliner yang menarik di Angkringan Lek Man ini yaitu diantaranya. Ada Nasi Kucing, Aneka Sate, Gorengan serta berbagai jenis minuman yang di sediakan seperti teh , kopi jahe, kopi Hitam, dan kopi susu. Harga yang di tetapkan sangat lah terjangkau , mulai dari nasi yang harganya hanya Rp 3.000 dan harga seribuan untuk tambahannya.

Angkringan di Jalan Malioboro, sumber ig lestarianyah

Angkringan di Jalan Malioboro, sumber ig @lestarianyah

3. Gudeng Yu Djum

Gudeng yang tersedia di Gudeng Yuk Djum ini sangat menarik, karena gudeng ini kerap kali di jadikan ikon oleh-oleh kota Yogyakarta. Dari segi rasanya gudeng di sini tidak perlu di tawarkan lagi, karena rasa khas yang masih sangat terjaga kualitas keasliannya. Lokasi gudeng asli yogyakarta yang legendaris ini berada tak jauh dari Malioboro , berada di pinggir jalan Wijilan penambahan. Gudeng ini boleh di nikmati di tempat, atau di bungkus untuk di bawa pulang. Harga yang di tetapkan untuk Gudeng ini hanya tiga puluh ribuan saja.

4. Pecel Senggol Beringharjo

Pasar Beringharjo, merupakan tempat dimana berjejer penjual yang menjual pecel senggol. Istilah dari pecel senggol Muncul karena keunikan tempatnya di tempat yang sempit, membuat para pembeli yang mendatangi tempat ini harus antri dan bersenggolan satu sama lainnya. Pecel tradisional ini sangat berbebeda yakni sayuran nya yang sangat lengkap dan banyak di sediakan pula dengan banyak lauk. Porsi nya cukup banyak yang mampu membuat anda merasa puas dan kenyang.

Kuliner Pecel Malioboro, sumber ig efi_thea

Kuliner Pecel Malioboro, sumber ig @efi_thea

5. Bakmi Jowo Mbah Hadi

Posisinya berada di jalan C Simanjuntak No 1, Gondokusuman, tepatnya berada persis di pom Bensin Terban. Dari Malioboro berjarak Dua kilometer, atau jarak yang bisa di tempuh selama 15 menit saja. Kuliner ini sangat hangat di lidah, cocok di makan saat kota Yogyakarta di guyur hujan, atau saat matahari tidak terlalu panas. Bumbu racikan yang rasanya unik serta hangatnya kuah di lengkapi mie berpadu dalam satu suapan.

Itulah 5 tempat wisata kuliner di malioboro dan sekitarnya yang bisa menjadi alternatif bagi anda untuk wisata kuliner hemat di sekitaran malioboro. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi referensi wisata bagi Anda. Jangan lupa kunjungi halaman lainnya mengenai tips berwisata dari kami. Selamat menikmati kuliner Anda!