+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Situs Warungboto adalah salah satu spot wisata instagrammable yang merupakan peninggalan wisata sejarah di Jogja. Meskipun sudah lama, Situs Warungboto baru-baru ini terkenal. Sebelumnya lokasi ini tampak seperti sisa bangunan tua di tengah pemukiman warga. Namun saat ini spot ini begitu terkenal sebagai spot wisata.

Lebih Terkenal di Dunia Maya

Awalnya tempat wisata yang satu ini hanya sebuah cagar budaya yang diresmikan tahun 2010. Suatu ketika ada seorang fotografer yang mengambil gambar di situs ini dengan view yang menarik. Kemudian memposting hasil jepretannya tersebut ke akun Instagram pribadinya. Instagram sebagai salah satu media sosial ternama dengan user yang begitu ramai langsung menjadikan spot ini populer.

Dari situlah Situs Warungboto mulai dilirik oleh wisawatan sehingga banyak wisatawan lokal Jogja maupun luar daerah hingga Mancanegara yang datang berkunjung. Melihat antusias wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata tersebut, akhirnya dilakukan pemugaran dan renovasi oleh BPCB DIY (Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta) yang selesai pada tanggal 23 Desember 2016.

Lokasi Situs Warungboto

Secara administratif Situs Warungboto termasuk dalam wilayah Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Jln Veteran no. 77 Warungboto.

Situs Warungboto, sumber ig faramaulina
Situs Warungboto, sumber ig @faramaulina

Sejarah Situs Warungboto

Dibalik keindahan Situs Warungboto, ternyata menyimpan sejarah yang patut untuk diketahui oleh Anda sebagai bahan referensi, jika suatu hari Anda memandu keluarga atau kerabat mengunjungi Situs Warungboto.

1. Pembagian Kasultanan

Eksistensi atau keberadaan berbagai pesanggrahan yang ada di Yogyakarta (termasuk Pesanggrahan Rejawinangun) tidak dapat dipisahkan dari sejarah berdirinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dengan ditandatanganinya Perjanjian Giyanti pada tanggal 13 Februari 1755 oleh N. Hartingh yang didampingi oleh W. van Ossenberch, J.J. Steenmulder, C. Donkel, dan W. Fockens (sebagai wakil VOC), Sunan Pakubuwono III (sebagai wakil Kasultanan Mataram), dan kelompok Pangeran Mangkubumi, wilayah Kerajaan Mataram. Lantas dibagi menjadi dua bagian Kasultanan, yaitu Kasultanan Surakarta dan KasultananYogyakarta.

Kasultanan Surakarta, wilayah di sebelah timur Sungai Opak yang melintasi daerah Prambanan sekarang yang dipimpin oleh Sunan Pakubuwono III. Sedangkan Kasultanan Yogyakarta (daerah Mataram yang asli) diperintah oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwono Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah. Gelar tersebut mencerminkan kerangka konsep tentang Raja, Kerajaan, Panglima Perang, dan Sifat Keilahian dalam Pandangan Islam.

2. Pembangunan Situs Warungboto (Pesanggrahan Rejawinangun)

Adapun beberapa pesanggrahan di Yogyakarta yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I antara lain Pesanggrahan Ambarketawang, Pesanggrahan Taman Sari, dan Pesanggrahan Krapyak (tempat berburu). Pembangunan pesanggrahan tidak terlepas dari aspek pertahanan karena letaknya secara tidak langsung memberikan perlindungan kepada Keraton Yogyakarta.

Pesanggrahan Rejawinangun sendiri dibangun pada tahun 1877 ketika Sri Sultan Hamengku Buwono II masih bergelar “Putra Mahkota”. Selain itu, ada beberapa Pesanggrahan lain yang dibangun seperti Pesanggrahan Purworejo, Pesanggrahan Pelem Sewu, dan Pesanggrahan Rejokusumo. Di dalam Pesanggrahan Rejawinangun terdapat sumber air, yang kemudian dibuat menjadi tempat pemandian dan peristirahatan bagi Raja dan Keluarganya.

Tampak Atas Warungboto, sumber ig thejourneyofjogja
Warungboto Tampak Dari Atas, sumber ig thejourneyofjogja

Sampai dengan pertengahan tahun 1935, kolam pemandian Pesanggrahan Rejawinangun masih ramai digunakan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Pesanggrahan. Seiring berjalan waktu Pesanggrahan Rejawinangun berubahan nama menjadi Situs Warungboto karena lokasinya yang termasuk dalam wilayah Warungboto.

Tiket Masuk dan Waktu Buka Situs Warungboto

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi obyek wisata bersejarah di Jogja ini tidak perlu khawatir mengenai tiket masuk, karena Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sepeda, motor, mobil, atau bus tanpa perlu membayar biaya masuk.

Sedangkan waktu buka situs ini mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam kecuali malam hari, setiap hari tanpa libur sekalipun itu tanggal merah hari libur Nasional. Anda pun dapat dengan bebas mengambil foto di Situs ini karena tidak dikenakan biaya sepersenpun bagi wisatawan yang mengambil gambar dengan kamera atau sejenisnya.

Akses Menuju Situs Warungboto

Menuju ke Situs Warungboto tidak terlalu sulit apalagi Situs Warungboto termasuk dalam wilayah Kota Yogyakarta. Jarak dari Malioboro sepanjang 5 km atau dengan waktu tempuh selama 15 menit. Jarak dari Bandar Udara Adisutjipto sepanjang 7,8 km atau dengan waktu tempuh selama 20 menit. Jarak dari Stasiun Lempuyangan sepanjang 4 km atau dengan waktu tempuh selama 12 menit. Jarak dari Terminal Giwangan sepanjang 2,5 km atau dengan waktu tempuh selama 8 menit.

Letak Situs Warungboto cukup strategis dan tidak terlalu jauh dari beberapa objek wisata lainnya seperti Kebun Binatang Gembira Loka, Bangunan Tua Kotagede, Malioboro, Tugu Jogja, Taman Sari, Alun – alun Utara, Alun – alaun Selatan, Prambanan, dan beberapa objek wisata lainnya. Sehingga memberi kemudahkan bagi Anda untuk mengunjungi beberapa objek wisata lainnya tanpa harus memakan waktu cukup lama di perjalanan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, atau jasa sewa mobil untuk menuju ke Situs Warungboto.

Fasilitas Situs Warungboto

Fasilitas yang tersedia di spot wisata ini terbilang masih kurang lengkap dibandingkan fasilitas objek wisata lainnya di Jogja. Tetapi cukup memadai sebagai penunjang kebutuhan wisatawan yang berkunjung, diantaranya :

Situs Warungboto, sumber ig dailyhijabtraveller
Situs Warungboto, sumber ig @dailyhijabtraveller
  1. Tempat parkir
  2. Toilet / wc
  3. Penjual makanan
  4. Tempat duduk

Nama : Situs Warungboto
Alamat : Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164
Peta : https://goo.gl/maps/GvPxQYPQHJko3GHS6

Itu dia ulasan terkait spot wisata Situs Warungboto untuk Anda. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan terkait obyek wisata di Jogja lainnya di halaman jogjacar.com.