Goa Jepang Bantul hanyalah satu diantara hampir 60-an lebih goa yang terdapat di Jogja. Meskipun banyak, namun tidak semua goa bisa dikunjungi. Karena goa ini merupakan penemuan masyarakat yang sebenarnya sudah ada sejak dulu.

Karena keberadaannya sebagai situs sejarah yang telah berumur, maka harus ditelusuri terlebih dahulu. Apabila setelah ditelusuri goa tersebut aman, maka bisa jadi goa yang aman ini dibuka menjadi obyek wisata.

Beberapa goa Jogja yang dibuka dan sering dikunjungi diataranya Goa Pindul, Goa Cerme, Goa Jomblang, Goa Gelatik dan beberapa goa lainnya. Goa-goa ini sudah resmi menjadi obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Untuk mengunjunginya, Anda bisa memanfaatkan beberapa fasilitas wisata yang tersedia di Jogja seperti paket wisata, sewa mobil wisata, tour Jogja dan fasilitas lainnya.

Goa Jepang Bantul, sumber ig
Goa Jepang Bantul, @sumber ig

Goa Jepang Bantul

Bagi anda yang menginginkan liburan bersama keluarga sekaligus ingin mempelajari sejarah, maka berkunjung ke Goa merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, selain bisa menikmati keindahan pantai parang tritis dari atas bukit dengan angin semilir sepoi-sepoi, anda juga akan disuapi sejarah tentang Goa Jepang Bantul yang merupakan saksi perjuangan pahlawan terdahulu.

Goa Jepang Bantul memiliki pesona luar biasa yang dapat membuat orang yang melihatnya jauh cinta seketika. Goa ini memiliki tinggi kurang lebih 450-500 m di atas permukaan laut dan tersusun atas beton. Maka tidak salah jika goa ini masih eksis kokoh hingga saat ini.

Sejarah Goa Jepang

Dulu Jepang sangat tergoda melihat potensi alam yang dimiliki Indonesia yang sangat bertumpah ruah. Hal itu yang akhirnya membuat Jepang berkeinginan untuk menjajah Indonesia. Apalagi pada saat itu Belanda sedang dalam keadaan yang genting karena negaranya jatuh ke tangan Jerman. Ini menjadi peluang emas bagi Jepang, dengan modus menawarkan bantuan ke Indonesia untuk mengusir tentara Belanda yang ada di Indonesia.

Pada tahun 1942 jepang masuk ke Indonesia menggantikan Belanda setelah satu tahun berhasil mengusir tentara Belanda yang pada saat itu sedang menjajah Bangsa Indonesia. Di indonesia Jepang membangun goa di lereng Bukit Pundong sebanyak 18 goa, alasan Jepang memilih tempat ini karena tempat ini sangat strategis.

Goa Jepang Pundong, sumber ig koperbunda
Goa Jepang Pundong, sumber ig @koperbunda

Goa ini dibangun saling berhubungan satu sama lain. Hal itu bertujuan supaya Jepang dapat dengan mudah untuk mendistribusikan senjata, makanan dan juga kebutuhan tentara pada saat peperangan. Jendela di Goa ini pun dibuat samar dengan bebatuan untuk mengelabui musuh.

Di dalam goa Jepang Bantul memiliki kapasitas ruangan yang lebih sempit dari goa lain yang ada di Yogyakarta. Udara juga terasa lebih lembap ketika di dalam goa. Akan tetapi anda dapat merasakan sensasi ruangan gelap dengan secercah cahaya yang masuk melalui lubang-lubang Goa. Jangan lewatkan obyek wisata yang satu ini saat mengunjungi Jogjakarta.

Lokasi dan Rute

Goa jepang bantul terletak di dukuh Ngreco Poyahan Desa Seloharjo, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Masyarakat sekitar sering menyebutnya Goa Jepang Pundong. Dari pusat Kota Yogyakarta menuju obyek wisata yang satu ini berjarak sekitar 35 Km.

Estimasi waktu perjalanan diperkirakan kurang lebih sekitar 30 menit. Selain dengan cerita sejarahnya, Goa ini juga memiliki pemandangan alam eksotis yang akan membuat wisatawan yang berkunjung terpukau. Terlebih ketika anda dalam perjalanan menuju obyek wisata ini, anda akan disuguhi suasana pemandangan hijaunya deretan sawah dan pepohonan hijau.

Pemandangan Sekitar Goa Jepang Bantul, sumber ig anismanto
Pemandangan Sekitar Goa Jepang Bantul, sumber ig @anismanto

Saran Tambahan

Goa Jepang sedikit berbeda dengan goa-goa lainnya yang bisa dikunjungi di Jogja. Goa ini adalah goa buatan yang dibuat untuk keperluan tertentu. Sehingga yang menonjol dari situs ini adalah sejarahnya.

Ajaklah keluarga dan anak-anak karena obyek bersejarah ini bisa jadi bernilai edukasi. Tetapi bukan hanya itu saja, pemandangan sekitar goa yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis bisa menjadi daya tarik lainnya. Biasanya para pengunjung datang untuk melihat-lihat dan berfoto.

Nama : Goa Jepang Bantul
Lokasi : Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta : https://goo.gl/maps/awNTRRdijc12

Demikian ulasan terkait Goa Jepang Bantul yang bisa redaksi kami rangkum. Semoga bisa menjadi informasi menarik dan bermanfaat bagi Anda. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata Watu Giring Jogja di sini. Selamat menikmati wisata Anda.