+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Salah satu spot wisata di Jogja yang sering dikunjungi banyak wisatawan adalah Pantai. Area selatan Jogja yang berbatasan langsung dengan samudera menjadikan sederetan Pantai indah nan eksotis. Salah satu yang sering ramai pengunjung adalah Pantai Kukup Jogja. Pantai yang satu ini memiliki berbagai spot unik yang menjadi favorit pengunjung.

Untuk Anda yang penasaran dengan keindahan Pantai Kukup Jogja, cobalah berkunjung. Di Jogja terdapat berbagai fasilitas untuk mengunjungi obyek-obyek wisata Pantai Jogja. Terdapat paket wisata, rental mobil, tour Jogja dan jasa penyedia layanan wisata lainnya yang dapat memberikan kemudahan Anda berwisata di Jogja.

Jika Anda ingin merasakan keseruan mengunjungi wisata pantai ini sendiri, tidak perlu khawatir. Banyak informasi yang tersedia untuk menjadi petunjuk menuju spot wisata yang satu ini. Jika Anda membutuhkan informasi untuk menuju spot wisata ini, simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang terkenal, pantai ini sangat cocok untuk anda kunjungi sebagai salah satu destinasi untuk berlibur. Berlokasi sekitar 1 km dari Pantai Baron, pantai ini masih berada di daerah Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta, yang lokasinya juga cukup mudah untuk dijangkau oleh anda yang membawa kendaraan.

Bukit Karang di Pantai Kukup Jogja, sumber ig alvindhamara_14
Bukit Karang di Pantai Kukup Jogja, sumber ig @alvindhamara_14

Untuk menuju ke lokasi, setidaknya ada dua rute yang bisa Anda lewati. Yaitu melalui pertigaan setelah Candi Prambanan atau melalui Jalan Wonosari. Apabila melalui Candi Prambanan, dari arah Jalan Jogja – Solo tepat setelah Candi Prambanan Anda akan menemukan pertigaan. Setelah pertigaan mengarah ke selatan atau kanan.

Setelah memasuki jalur ini, perjalanan terus dilanjutkan hingga menemukan Jalan Baron. Jalan ini menuju ke Pantai Baron dan spot yang dituju berada di sebelahnya. Untuk rute melalui Jalan Wonosari direkomendasikan bagi Anda yang berangkat melalui titik Kota Jogja.

Dari Kota Jogja mengarah ke selatan menuju Jalan Wonosari. Jalan ini dapat membawa Anda ke area Gunung Kidul tempat pantai-pantai eksotis Jogja. Dari Jalan Wonosari ini dengan perjalanan yang cukup lama, Anda juga akan menemukan Jalan Baron. Dari Jalan Baron kemudian bisa menuju ke lokasi yang dituju.

Keindahan Alam dan Budaya di Pantai Kukup

Untuk anda yang baru mengunjungi pantai ini, maka anda akan terkejut dengan keindahan alam yang disuguhkannya. Tetutama dengan kentalnya budaya masyarakat yang masih mengandung jawa kejawen, dipantai ini anda bisa menikmati aktifitas bersantai didepan pantai, bisa sambil membawa alas untuk sekedar duduk didepan pantai sambil meminum air kelapa yang banyak dijual di lokasi wisata.

Pantai Kukup Jogja, sumber ig kevinfv27
Pantai Kukup Jogja, sumber ig @kevinfv27

Untuk anda yang ingin berbasah-basahan di laut, anda bisa menikmati keindahan laut dengan karang yang terlihat jelas di permukaan air. Karena memang airnya bisa dibilang cukup jernih, meskipun anda harus berhati-hati dalam melakukannya karena bisa saja terluka, karena bebatuan karang ini bisa dibilang tajam dan juga cukup luas, sehingga membuat anda harus lebih ekstra hai-hati lagi.

Untuk anda pecinta budaya lokal, anda bisa berkunjung pada bulan Suro yang sesuai dengan penanggalan dari masyarakat Jawa. Disana biasanya akan diadakan ritual sedekah laut, yang diujukan untuk persembahan kepada Nyai Roro Kidul, yang terkenal sebagai salah satu penguasa pantai selatan, biasanya upacara ini akan dipimpin oleh pimpinan adat untuk melakukan larung sesaji ke laut.

Pantai ini memang terkenal akan gulungan ombaknya, meski memang berada sedikit jauh dari bibir pantai yang dipenuhi oleh bebatuan karang. Sebagai salah satu daerah di pesisir selatan Yogyakarta, pantai ini mampu untuk memberikan pemandangan yang indah dengan banyaknya tebing karang di lokasi, bahkan anda juga bisa mendatangi lokasi tersebut dan menikmati keindahan alam dari atas tebing.

Fasilitas Pengunjung di Pantai Kukup

Tidak perlu khawatir jika anda ingin berkunjung ke pantai ini, namun anda bingung untuk mencari lokasi penginapan. Disana ada banyak sekali penginapan terdekat, yang bisa anda jadikan pilihan untuk beristirahat sambil menunggu keesokan harinya untuk bermain kembali di pantai, bahkan untuk kisaran harga juga terbilang variatif itu semua bergantung pada selera anda untuk memilihnya.

Pantai Kukup, sumber ig siti_mr
Pantai Kukup, sumber ig @siti_mr

Selain daripada fasilitas penginapan, disana juga banyak fasilitas lainnya yang bisa anda gunakan sebagai pengunjung. Disana terdapat fasilitas parkir yang luas meskipun terbilang jauh dari bibir pantai, untuk anda yang beragama muslim anda tidak perlu khawatir, karena disana sudah disediakan fasilitas mushola untuk dijadikan sebagai tempat sembahyang, dan juga ada kamar mandi untuk membilas setelah berenang.

Wisata Kuliner yang Nikmat

Selain keindahan alamnya, ternyata Pantai Kukup juga terkenal akan keaneka ragaman hasil lautnya yang begitu melimpah. Disana anda bisa menemukan banyak nelayan yang pulang pergi mencari hasil laut, bahkan anda juga bisa membelinya secara langsung ke para nelayan, disana juga banyak disewakan perahu untuk anda yang ingin berkeliling sambil membeli hasil laut tangkapan nelayan di perahu.

Karena banyaknya nelayan yang dapat menjaring hasil laut yang segar, maka disana juga terdapat banyak sekali restoran atau warung makan yang menyediakan hidangan laut, dengan bahan dasar yang masih sangat segar. Bahkan bisa dibilang untuk bumbu dari masakan yang dibuat, disini terkenal akan kenikmatan wisata kulinernya juga, bagi beberapa pengunjung yang pernah datang.

Gardu Pandang Pantai Kukup, sumber : pantainesia
Gardu Pandang Pantai Kukup, sumber : pantainesia

Nama : Pantai Kukup
Lokasi : Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta : https://goo.gl/maps/2Mf8HN6Uyedjf4gEA

Itu dia berbagai informasi terkait Pantai Kukup Jogja yang bisa memberikan Anda petunjuk untuk menuju lokasi serta berbagai hal yang dapat Anda nikmati di sekitar lokasi. Nantikan berbagai informasi wisata Jogja lainnya di jogjacars.com. Bagikan artikel ini dan apabila terdapat kritik dan saran, silahkan berikan di kolom komentar.