Tempat-tempat destinasi wisata di Jogja sangat banyak dan beraneka ragam. Hal ini dikarenakan dari zaman dahulu hingga sekarang budayanya sangat terjaga dan masih asli begitu pula bangunan bangunan bersejarahnya. Selain itu di Jogja juga banyak makanan-makanan kuliner tradisional yang di warisi turun-temurun. Dengan banyak sekali kelebihan di kota ini membuat Jogja dijuluki sebagai kota istimewa. Karena keistimewaannya wisata Jogja bisa dinikmati dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara Backpacker-an.

Jika anda berwisata backpacker ke Jogja, maka anda sangat rugi kalau hanya satu atau dua hari saja di kota istimewa ini. Selain itu juga, supaya jalan-jalan anda makin efisien dan tetap asik, Maka sangat perlu menyusun rute ala rute backpacker jogja yang sering menjadi rekomendasi. Antara satu tempat wisata dengan tempat wisata lainnya di Jogja memiliki jarak cukup jauh. Dengan dibatasi jarak yang cukup jauh, maka sangat perlu anda ketahui tentang rute backpacker Jogja yang recommended dan aman bagi anda. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Keraton-Tamansari-Candi Borobudur/Prambanan/Kawasan Kalibiru

Rute backpacker Jogja satu ini sangat cocok untuk anda yang pertama kalinya ke kota Gede. Pertama anda menuju Kraton terlebih dahulu. Dari sana, melanjutkan perjalanan ke Tamansari untuk menyaksikan panorama reruntuhan Pulau Cemeti dan melihat keindahan istana air. Nah, setelah puas di Keraton, anda bisa memilih tujuan berikutnya ke candi Borobudur, candai Prambanan, atau juga bisa ke Kawasan Kalibur. Pilih di antaranya salah satu saja, kalau sekaligus melihat ketiganya pasti anda tidak cukup waktu dan sangat kelelahan.

 

2. Kalibiru-Pule Payung-Hutan Pinus-Mangunan

Nah, rute satu ini sepertinya adalah yang paling diminati. Mulai dari penginapan, saat pagi hari anda ke Kalibiru dulu. Setelahnya, melanjutkan perjalanan ke pulau payung. Kira-kira masuk tengah hari, kembali lagi ke arah timur untuk ke Hutan Pinus Mangunan. Suasana di Hutan Pinus satu ini suasananya sangat teduh. Dengan keteduhan di sana pasti anda betah berlama-lama di sana. Setelah pulang dari Hutan Pinus anda bisa singgah Sebentar di Kebun Buah Mangunan.

3. Green Village Gedangsari-Kawasan Pantai-Bukit Binatang

Jika memang anda seorang backpacker sejati pasti tidak mau ketinggalan nyobain sensasi Flying fox di daerah hijau perbukitan di Gunung Kidul. Kabarnya lintasan Flying fox Gedangsari merupakan lintasan terpanjang yang ada di Asia Tenggara, yakni panjangnya mencapai lebih dari setengah kilometer. Setelah dari tempat ini, pantai berpasir putih di Gunung Kidul merupakan pilihan terbaik selanjutnya. Setelah dari pantai Pasir putih maka jangan lupa untuk duduk santai di Bukit Bintang.

 

4. Candi Borobudur- Top Selfie Pinus Kragilan- Ketep Pass

Magelang merupakan tempat dari tiga destinasi ini. Namun, Karena posisi Magelang sangat berdekatan dengan Jogja, bagi para pelancong tidak akan ragu-ragu untuk destinasi-destinasi ini saat mengisi luburan ke Jogja. Jika anda mulai dari Candiborobudur, langsung ke Top Selfie Pinus Karagilan, setelahnya keutara. Setelah dari Kaligan, Anda boleh melanjutkan Ketep Pass untuk Menikmati panorama Indah Merbabu dan Gunung Merapi. Tapi, alangkah baiknya bagi anda ingin ke tempat ini saat musim kemarau aja karena lebih keren pemandangannya.

5.Candi Borobudur-Bale Raos-Lava Tour Merapi-Candi Perambanan-Tebing Breksi

Rute wisata ala backpacker yang satu ini paling cocok bagi anda yang baru pertama kali ke Jogja. Pertama, anda menuju Candi Borobudur yang letaknya di Jawa tengah, Selanjutnya berhenti untuk makan di Bale Raos Kraton, sembari melihat pemandangan gunung merapi, setelahnya ke Tebing Breksi dan Candi Prambanan. Rute ini sangat cocok untuk foto selfie, tapi jangan lupa kosongkan memori supaya momen foto-foto bisa maksimal.

Dengan banyaknya alternatif wisata jogja, wisata backpacker memang patut untuk dicoba. Demikian ulasan mengenai rute backpacker untuk wisata jogja, semoga bisa menjadi referensi anda. Jangan ragu untuk mencari info-info wisata lain di halaman kami. Selamat berwisata!