+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Air terjun Luweng Sampang adalah spot wisata yang belum begitu terkenal tetapi salah satu spot wisata instagrammable di Jogja. Selain air terjun Luweng Sampang, terdapat beberapa spot lainnya di Jogja yang juga instagrammble. Bahkan beberapa spot wisata memang khusus untuk dijadikan spot foto bagi para pengunjung.

Di tengah perkembangan teknologi digital yang saat ini menjadi konsumsi banyak orang, banyak spot wisata Jogja yang menjadi terkenal dan ramai dikunjungi karena di post di media sosial. Bahkan sebelum media pemberitaan dan jasa website wisata, media sosial menjadi yang paling cepat untuk menyebarkan pemberitaan saat ini.

Salah satu spot wisata yang awalnya viral di media sosial sehingga ramai dikunjungi adalah pemandian alam Tirta Budi di Sleman, Jogja. Pemandian alam ini viral karena dikatakan mirip dengan Blue Lagoon yang terdapat di salah satu negara Eropa. Saat ini, pemandian alam ini menjadi ramai dan lebih akrab dengan sebutan Blue Lagoon.

Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig wajahluwengsampang
Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig @wajahluwengsampang

Berbicara kemiripan dengan obyek wisata di luar negeri, air terjun Luweng Sampang juga digadang-gadang terdapat kemiripan dengan green canyon. Karena terdapat bebatuan yang berwarna menawan oleh karena terkikis aliran air.

Salah satu yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah kemiripannya dengan bebatuan yang terdapat di green canyon. Banyak pengunjung yang penasaran dan ingin melihat keindahan ini secara langsung. Simak berbagai informasinya berikut ini.

Lokasi dan Rute

Lokasi air terjun ini berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta dengan kecepatan kendaraan sedang. Jarak yang harus Anda tempuh untuk mencapai lokasi air terjun kurang lebih sepanjang 30 km. Selain dekat dengan Jogja, wilayah ini juga dekat dengan Klaten karena terletak di perbatasan.

Rute perjalanan yang dapat Anda tempuh jika Anda dari Yogyakarta adalah melalui Jalan Yogya – Solo. Arahkan kendaraan Anda menuju pertigaan Gantiwarno, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Gantiwarno. Jika Anda sudah sampai Kecamatan Gantiwarno, ambillah jalan menuju Desa Sampang. Jalan menuju air terjun ini kurang lebih 2 km panjangnya.

Jika kesulitan atau merasa ragu untuk menemukan sendiri lokasi wisata, tidak perlu khawatir. Terdapat fasilitas rental mobil Jogja yang dapat dihubungi online untuk memudahkan Anda mengunjugi berbagai lokasi wisata di Jogja. Fasilitas ini sudah menyediakan driver yang mengenal area wisata di Jogja.

Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig daengiriansyah
Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig @daengiriansyah

Keunikan Air Terjun

Nama Luweng Sampang memiliki arti tersendiri yang dapat Anda pahami dengan mudah. Luweng merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang berarti lubang, sedangkan Sampang adalah nama lokasi air terjun tersebut berada. Air terjun ini diberi nama luweng karena jika dilihat dari atas, tempat jatuhnya air terjun terlihat seperti lubang yang dalam.

Air terjun ini jika dibandingkan dengan air terjun lain memang termasuk air terjun yang pendek dan areanya tidak terlalu luas. Namun demikian, keunikan air terjun ini bukan pada tingginya air terjun atau luasnya area kolam, akan tetapi pada keindahan pemandangan dan komposisi penyusun area air terjun ini.

Anda akan menmui bahwa air terjun ini dikelilingi oleh dinding kapur. Dinding kapur ini menampilkan sisa-sisa kikisan aliran air yang membentuk suatu pola dari waktu yang sangat lama. Kombinasi air terjun dan dindng kapur ini menjadi ciri khas keindahan air terjun.

Air terjun ini jika ditelusuri jalan airnya ke atas, akan bermuara pada satu air terjun juga. Anda akan mendapati dua air terjun sekaligus dalam satu lokasi secara bertingkat. Komposisi bentuk alam yang seperti ini sangatlah indah dan jarang dimiliki oleh air terjun lain. Anda akan merasa nyaman dan tenang ketika menikmati keindahannya di tempat ini.

Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig abidinmfn
Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig @abidinmfn

Jika Anda beruntung, warna air terjun ini terkadang berwarna hijau kebiruan. Hal ini terlihat terutama jika tidak sedang musim hujan. Jika musim hujan datang, maka debit air akan naik drastis dan air akan berubah warna menjadi coklat karena bercampur tanah dan lumpur.

Anda yang berkunjung ke Air Terjun Luweng Sampang akan disuguhi oleh dua kolam yang berbeda dari segi kedalamannya. Anda dapat mencoba keduanya jika mau. Hal yang perlu diperhatikan jika bermain di tempat ini adalah tidak diperkenankan untuk memanjat dinding kapur atau karst karena permukaannya yang sangat licin.

Fasilitas dan Biaya Masuk

Salah satu Air terjun di Jogja ini belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah maupun masyarakat. Fasilitas yang tersedia sangatlah minim bahkan dapat dikatakan tidak ada fasilitas. Tidak ada warung makan, toilet yang layak, area parkir khusus, tempat penyewaan pelampung atau ban, dan lain-lain.

Anda harus menyiapkan kebutuhan liburan Anda dari luar kawasan ini agar aktivitas Anda tetap nyaman saat berada di tempat ini, terutama soal makanan dan keamanan. Pastikan anda memarkirkan kendaaran di tempat yang terawasi, baik oleh warga maupun oleh Anda sendiri.

Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig gunungkidulsosmed
Air Terjun Luweng Sampang, sumber ig gunungkidulsosmed

Tempat ini bisa menjadi salah satu spot wisata hemat di Jogja karena Anda juga nyaris tidak akan mengeluarkan biaya retribusi di tempat ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap membawa uang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, karena belum terdapat pengelolaan sebagai lokasi wisata, sebaiknya tidak terlalu banyak melakukan aktivitas yang beresiko.

Nama : Air Terjun Luweng Sampang
Lokasi : Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863
Peta : https://goo.gl/maps/Y3zbjFBPpHfFurTFA

Itu dia berbagai informasi terkait spot wisata air terjung Luweng Sampang yang mirip dengan green canyon. Semoga bisa menambah koleksi informasi wisata dan menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya. Simak berbagai informasi wisata lainnya di jogjacar.com.