+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Wisata ramah anak di Jogja, memang menjadi salah satu yang paling dicari para orang tua. Selain bisa melihat anak-anaknya bergembira, para orang tua juga sebenarnya bisa terlibat. Obyek wisata ramah anak di Jogja ini juga menjadi wahana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal sejarah, kebudayaan maupun teknologi.

Siapa yang tak kenal Jogja? Kota gudeg yang memiliki puluhan obyek wisata alam, budaya, dan berbagai kulinernya yang memanjakan lidah. Selain itu, Jogja juga memiliki tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi bukan hanya orang dewasa namun anak-anak pun  bisa menikmati wahana tersebut sekaligus belajar. Liburan seraya bermain di berbagai obyek wisata ramah anak di Jogja dan mendapatkan edukasi bisa membantu orang tua untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya.

Museum Anak Kolong Tangga, sumber ig rahmafariha
Museum Anak Kolong Tangga, sumber ig @rahmafariha

Wisata Ramah Anak di Jogja

Wisata ramah anak di Jogja bisa terbilang menjadi tema terbaru di Jogja. Sebenarnya beberapa obyek wisata memang sejak dulu dikenal bernilai sejarah, budaya dan edukasi. Tetapi cenderung untuk semua golongan baik dewasa maupun anak-anak. Hal ini tentu saja berbeda jika obyek wisata ini bisa memberikan ketertarikan pada anak-anak untuk mempelajari budaya dan sejarahnya. Berikut ini beberapa obyek wisata ramah anak di Jogja :

1. Museum Anak Kolong Tangga

Berbeda dengan museum pada umumnya, museum ini menyimpan aneka ragam main sejak masa dulu sampai sekarang. Hal ini bukan hanya menarik bagi anak-anak akan tetapi bagi orang dewasa bisa bernostalgia dengan melihat permainan yang dulu pernah dilakukan. Adanya museum Anak Kolong Tangga untuk tetap melestarikan permainan supaya tidak hilang ditelan zaman karena kini banyak sekali permainan dari gawai yang lebih menarik bagi anak-anak.

2. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Selain museum mainan masih ada museum yang bisa dikunjungi oleh anak-anak dan memberikan pengalaman yang mengesankan yaitu Museum AU Dirgantara mandala. Museum ini menyimpan beberapa pesawat sehingga anak-anak pasti antusias menyaksikannya dari jarak lebih dekat. Dari sinilah peran orang tua juga dibutuhkan untuk memperkenalkan profesi seperti pilot bahwa mereka dapat bermimpi untuk menerbangkan pesawat sendiri pada suatu hari nanti.

3. Museum Wayang Kekayon

Jogja memang mempunyai banyak sekali museum-museum yang bisa memberikan edukasi bagi setiap pengunjungnya. Dengan mengajak si kecil datang ke museum ini bisa memperkenalkan budaya jawa yang mulai terkikis sekarang ini. Anak-anak dapat melihat berbagai koleksi wayang atau benda lainnya yang ada di sini.

Merapi Park Jogja, sumber ig kimmychant
Merapi Park Jogja, sumber ig @kimmychant

4. Taman Pintar

Letak Taman Pintar bisa dibilang cukup strategis karena berdekatan dengan pasar dan Jalan Malioboro. Tak heran jika jalanan ini selalu padat pengunjung. Bagi traveler yang lewat di Jalan Malioboro dapat sekalian berkunjung ke obyek wisata Taman Pintar. Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana untuk si kecil. Beberapa permainan bukan hanya menarik tetapi juga mempunyai nilai edukasi. Selain itu, taman pintar juga memiliki tempat-tempat penjualan buku-buku dan alat-alat sekolah serta permainan edukatif untuk anak-anak.

5. Galaxy Waterpark

Bagi traveler dan si kecil, setelah menghabiskan waktu untuk datang ke obyek wisata edukasi dan ingin bermain air dapat berkunjung ke daerah Banguntapan, Bantul. Dengan datang ke Galaxy Waterpark sudah bisa menikmati berbagai wahana seperti kolam renang, kolam arus, dan bermain untuk anak.

6. Merapi Park

Merapi park adalah taman yang berisi miniature landmark atau bangunan simbolik dari berbagai negara terkenal di dunia. Tamannya penuh dengan kreativitas sekaligus menjadi informasi bagi anak-anak. Mereka akan bertanya tentang setiap miniatur bangunan landmark yang mereka temui. Selain itu, merapi park juga memiliki pemandangan indah dengan latar gunung merapi serta taman bunga yang terhampar di sana. Sehingga sangat cocok untuk menjadi spot foto.

Itulah sedikit review tentang beberapa obyek wisata ramah anak di Jogja yang bisa kami rangkum. Tempat wisata yang tak hanya menarik tetapi juga memberikan nilai edukasi. Anak-anak dapat bermain sambil belajar sehingga tidak membosankan. Selain itu, memberikan kesan liburan yang seru. Semoga ulasan ini dapat menjadi wawasan wisata baru bagi Anda sekaligus menghibur Anda. Simak informasi wisata lainnya di halaman Jogjacar.com. Selamat menikmati wisata bersama si kecil.