Jogjakarta menawarkan banyak alternatif wisata. Tersedia bermacam-macam obyek wisata yang tersebar diberbagai tempat di Jogjakarta. Mulai dari museum, bangunan bersejarah, oleh-oleh, budaya, alam hingga kuliner semuanya tersedia di Jogjakarta. Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan-pun beragam, seperti jasa paket wisata, jasa rental mobil, rental bus wisata, penginapan murah, hotel mewah dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Terdapat sebuah Kabupaten di Jogjakarta yang kaya akan wisata alamnya. Kabupaten Gunung Kidul, memiliki banyak obyek wisata alam yang menarik dan unik untuk dicoba. Seperti kebun buah, bukit, goa hingga pantai sekalipun ada di sini. Mengenai obyek wisata pantainya, Kabupaten yang satu ini memiliki banyak pantai yang seluruhnya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Dengan lokasinya yang berbatasan langsung Samudra Hindia, tersaji pemandangan yang eksotis yang luar biasa. Kali ini, kita akan jalan-jalan ke Pantai Sadranan yang menjadi salah satu obyek wisata pantai di sini. Berikut ulasannya.

Lokasi Dan Rute Pantai Sadranan

Pantai sadranan yang merupakan pantai khas dari Gunung Kidul bertempat pada lokasi di dusun Pulegundes II, desa Sidoharjo, kec. Tepus, kab Gunung Kidul. Dengan menggunakan waktu dua jam perjalanan untuk ke pantai tersebut. Dengan sistem mudah yang dapat di akses dengan transportasi kendaraan bermotor maupun bermobil.

Rute untuk menuju Pantai Sadranan Jogja adalah melalui arah Wonosari yang di lanjut melalui jalan Alternatif pada jalan Imogiri-Panggang. Dan jika anda mengambil pada rute Wonosari maka anda bisa ambil rute menuju Pantai Baron. Setelah menemukan retribusi maka anda akan di berikan arah lurus menuju pantai krakal karena pantai sadranan berada di arah timur pantai tersebut.

Keindahan Pantai Sadranan

Pantai Sadranan tidak hanya digunakan sebagai panorama saja namun memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dari pantai-pantai lain. Untuk itu pantai Sadranan Jogja memiliki keindahan yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti : adanya Wisata Biota Laut dan dapat dinikmati dengan bersnorkeling. Aktivitas air berupa snorkeling ini yang sangat digemari oleh kebanyakan wisatawan. Karena dapat melihat biota laut yang lucu dan bisa dijadikan aktivitas. Dengan adanya air yang terlihat bening menjadikan penglihatan dalam laut semakin jelas.

Pantai Sadranan, sumber ig tommyadithya

Pantai Sadranan, sumber ig @tommyadithya

kemudian anda bisa menikmati sunrise dan sunset, tidak akan ada kata terlambat bagi seseorang yang menyukai senja dan pada sore hati dan cantiknya matahari pada pagi hari. Maka wisatawan rela menghabiskan waktunya untuk berada di tempat ini. Karena menikmati panorama ini adalah momen yang sangat dinantikan. Dan yang terakhir anda bisa menikmati suasana malam dengan camping ground. Melaksanakan camping pada saat malam minggu merupakan hal yang berkesan bersama keluarga maupun sahabat. Pantai Sadranan Jogja ini memiliki sarana yang luas untuk menikmati acara camping yang diikuti dengan api unggun. Maka siapa pun yang melakukan camp di pantai ini tidak akan kecewa.

Pesan Untuk Wisatawan

Pantai Sadranan selain menjadi tempat pemanjaan mata. Tetapi Anda sebaiknya juga harus berhati-hati dalam menjaga keasrian wisata ini. Anda harus siap menjaga kebersihan pantai ini, agar pantai sadranan selalu terlihat bersih dan indah. Adanya pasir putih dan warna lautan yang berkilau patut dirawat dan dijaga, dan satu hal lagi menjaga ekosistem laut adalah hal yang paling utama. Dari berbagai aspek mengenai keindahan pantai Sadranan, satu poin plus dari pantai ini yaitu masih terlihat sebagai pantai yang alami, kondisi pesisir terlihat bersih dan rapi. Melambangkan bahwa pantai tersebut selalu terjaga oleh warga sekitar.

Demikian ulasan singkat mengenai obyek wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul. Tetaplah waspada dan mari bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan obyek wisata kita. Semoga ulasan ini bermanfaat dan simak ulasan menarik mengenai obyek wisata Jogjakarta lainnya di halaman kami.