Jogjakarta memiliki beragam daya tarik wisata dan fasilitas wisata. Selain obyek-obyek wisata biasa yang banyak dan tersebar di seluruh Jogjakarta, terdapat pula desa wisata, wisata budaya sampai pusat perbelanjaan khas. Salah satu pusat perbelanjaan khas tersebut adalah Jalan Malioboro yang terletak di pusat Kota Jogjakarta. Malioboro merupakan tempat tujuan wisatawan ketika berlibur di Jogjakarta. Tempat ini menyediakan aneka barang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Ditunjang dengan barang yang beragam dan tergolong murah inilah, maka Malioboro selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Namun tak dipungkiri pula, seluruh harga barang oleh-oleh di Malioboro tergolong murah dan cocok di kantong anda. Karena tergolong pasar tradisional dimana masih ada system tawar menawar di dalamnya. Yang bertujuan untuk mendapatkan harga barang serendah-rendahnya bagi para pembeli.

Namun masih terdapat pembeli yang belum mahir ketika mereka belanja di Malioboro. Dan tak jarang banyak pembeli yang membeli barang oleh-oleh di sini, dengan harga yang relatif mahal yang terkadang tak sesuai dengan kualitas barang. Berikut Tips Belanja Murah di Malioboro yang dapat membantu anda ketika berkunjung di Malioboro :

1. Belajar Sedikit Berbahasa Jawa

Tips belanja murah di Malioboro Yang pertama adalah menguasai sedikit bahasa jawa. Hal yang paling penting saat tawar menawar adalah komunikasi. Maka itu,bahasa adalah faktor pendorong kuat saat berkomunikasi. Nah , pada umumnya bahasa yang digunakan didaerah Malioboro adalah bahasa jawa. Dengan bekal bahasa ini biasanya para penjual enggan untuk menaikkan harga yang relatif tinggi. Karena mereka menganggap anda sebagai keluarga/kerabat sama-sama orang jawa.

2. Lakukanlah Penawaran Sampai Setengah Harga

Para pengunjung yang berkunjung ke kawasan Malioboro,harus memiliki keberanian untuk menawar. Namun, tidak dipungkiri hal tersebut menjadi hal langka karena kebanyakan pengunjung. Yang berasal dari luar kota jogja masih kurang faham dengan harga barang yang dijual di pasar ini. Para pedagang biasanya menaikkan harga barang 20-30% setiap barang. Jadi, mula-mula cobalah anda menawar barang berkisar 50% atau setengah harga. Yang bertujuan untuk mengantisipasi para pedagang melempar harga tinggi di awal.

3. Pura-Pura Pergi

Tips ini pastinya tidak asing lagi untuk anda ketahui. Karena begitu banyak para pengunjung yang sudah hafal dan tak sedikit pula sudah mempraktikannya. Tawar menawar di Malioboro tergolong “Alot” atau sulit untuk dikalahkan. Dan bagaimana cara menyerang balik? Yaa, ditinggal pergi saja! Caranya jika kamu sudah menawar mentok,coba ditinggal sebentar. Biasanya, pedagang akan memanggil anda kembali untuk bernegosiasi lebih lanjut atau bahkan bisa menerima tawaran anda.

Pasar Beringharjo (google.com)

Pasar Beringharjo (yogyes.com)

4. Santai Dan Jangan Buru-Buru Membeli

Berbelanja di Malioboro harus diimbangi dengan sikap kesabaran ditambah lagi banyaknya pedagang kaki 5 yang menawarkan banyak barang pasti membuat anda kebingunan. Jika anda sudah mendapatkan barang yang anda inginkan,jangan terburu-buru menerima penawaran harganya. Coba bersabar dengan berkeliling mencari pedagang yang menjual barang yang sama dengan harga lebih murah. Tak perlu cemas, karena di Malioboro pernak-pernik yang dijual tidak hanya satu tempat. Namun terdapat banyak pedagang yang menjual barang-barang tersebut dengan harga yang berbeda-beda.

5. Pakailah Busana Biasa

Tips belanja murah di Malioboro yang terakhir adalah dengan memakai pakaian biasa jangan berbusana ala turis. Maksudnya anda tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian model turis saat berbelanja di sini. Berpenampilanlah dengan memakai pakaian yang santai, atau alangkah baiknya anda meniru gaya pakaian masyarakat lokal/jogja. Untuk pengunjung perempuan, kenakan baju yang tertutup, sopan namun terkesan santai dan nyaman. Sedangkan pengunjung pria bisa menggunakan batik dan celana bahan hitam.

Berikut tadi beberapa Tips belanja murah di malioboro yang dapat anda praktikan ketika berkunjung disana. Semoga membantu dikala anda berlibur atau berbelanja di Malioboro. Jangan lupa untuk menyimak pula artikel lainnya mengenai obyek wisata Panguk Kediwung Jogjakarta. Selamat berwisata!