Salah satu daerah wisata yang terkenal di Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman. Sleman berasal dari kata Saliman (Liman : Gajah). Ini dibuktikan dengan adanya patung gajah beserta dua anaknya yang dibangun di Lapangan Denggung, tepatnya di sebelah timur Kantor Pemerintahan kabupaten Sleman, di Jl. Raya Magelang. Gajah itu merupakan kendaraan yang ditunggangi Sultan Hadiwijaya. Berikut ulasan mengenai tempat-tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Sleman.

Letak Kabupaten Sleman

Kabupaten Sleman berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di utara dan timur. Sedangkan di wilayah selatan berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta. Dibagian barat berbatasan dengan Kabupaten Kulon Progo. Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Sleman, yang berada di jalur utama antara Yogyakarta – Semarang. Saat ini, rute menuju sleman dari wilayah selatan relatif bagus dengan perbaharuan dan perbaikan jalan termasuk penambahan ruas jembatan laying yang memudahkan untuk menuju lokasi tertentu baik dari Sleman maupun menuju Sleman.

Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Sleman

Yogyakarta memiliki situs wisata yang diakui sebagai keajaiban dunia yakni Candi Prambanan. Candi yang letaknya di kecamatan Prambanan, Sleman ini merupakan salah satu tempat peribadatan umat hindu terbesar yang pernah ada. Selain itu, terdapat tempat-tempat lain tidak kalah menariknya untuk dijadikan tujuan wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta antara lain :

Tlogo Putri di Kaliurang (google.com)

Tlogo Putri di Kaliurang (google.com)

1. Kaliurang

Kaliurang adalah kawasan wisata yang letaknya persis berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini merupakan dataran tinggi yang banyak terdapat resor dan tempat-tempat menginap serta peristirahatan. Cuacanya relatif sejuk, dengan tempat-tempat hiburan yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat yang sering menjadi tujuan para wisatawan baik domestic maupun mancanegara adalah Tlogo Putri.

Museum Gunung Merapi (google.com)

Museum Gunung Merapi (google.com)

2. Museum Gunung Merapi

Untuk tujuan wisata sekaligus pendidikan tentang bencana alam, museum gunung merapi merupakan pilihan yang tepat selama berwisata di kabupaten Sleman. Selain menyajikan pemandangan sejuk gunung merapi, juga terdapat fasilitas-fasilitas informasi yang berkaitan dengan fenomena alam tentang gunung merapi. Jadi, selain berlibur wisatawan juga dapat menambah wawasan tentang antisipasi bencana alam gunung meletus.

Monumen Yogya Kembali (google.com)

Monumen Yogya Kembali (google.com)

3. Monumen Yogya Kembali

Monumen Yogya Kemabali merupakan situs wisata bersejarah. Monumen ini menandakan peristiwa kembalinya Yogyakarta ke pangkuan ibu pertiwi setelah lama diduduki oleh penjajahan Belanda. Saat ini area monumen dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mengenang peristiwa tersebut, sebagai wawasan bagi generasi penerus bangsa. Selain itu, disekitar kawasan monumen terdapat taman lampion yang memberikan hiburan baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang bisa dinikmati selama mengunjungi Kabupaten Sleman. Demikian sedikit ulasan tentang kawasan wisata Kabupaten Sleman. Untuk ulasan lainnya mengenai wisata di Yogyakarta silahkan klik di sini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan sekaligus alternatif bagi para penikmat situs wisata di Yogyakarta.