+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Alkisah, pada tahun 1674 Keraton Yogyakarta yang dipimpin oleh Amangkurat I diserang oleh Trunojoyo yang dibantu oleh Makasar. Amangkurat II yang meneruskan kepemimpinan bapaknya kemudian meminta bantuan dari Bupati Ponorogo dengan Bala Warok untuk menjaga keraton. Akhirnya, Trunojoyo tertangkap dan dihukum mati. Bala Warok mendapat hadiah berupa keraton yang terletak disebelah barat Yogyakarta yang dinamakan Kulon Ponorogo yang selajutnya menjadi Kulon Progo. Sebagai salah satu kabupaten dari wilayah provinsi Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo juga memiliki banyak tempat-tempat yang menjadi daya tarik wisata. Berikut sedikit ulasan mengenai daya tarik wisata Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Menuju ke Kabupaten Kulon Progo

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Bagian barat daya Kulon Progo berupa pegunungan yang salah satu bukitnya adalah Menoreh. Bukit Menoreh berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Saat ini, jalur untuk menuju Kulon Progo dari Yogyakarta relatif aman dan nyaman dengan dukungan dari fasilitas pembangunan jalan untuk menuju bandar udara baru Yogyakarta.

Daya Tarik Pariwisata Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo memiliki daya tarik wisata alam. Bagian selatan Kulon Progo merupakan kawasan pantai karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sedangkan bagian utara merupakan pegunungan dan bukit. Selain itu juga terdapat air terjun dan gua yang memiliki daya tarik wisata dan sejarah. Berikut sebagian tempat-tempat wisata yang bisa dinikmati jika berwisata ke Kabupaten Kulon Progo :

Air Terjun Grojogan Sewu (google.com)

Air Terjun Grojogan Sewu (google.com)

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Di kawasan air terjun Grojogan Sewu terdapat banyak air terjun. Meski tidak sebanyak seribu (sewu) namun karena banyaknya air terjun, kawasan ini dinamakan air terjun Grojogan Sewu. Lokasi wisata ini cukup sejuk, sehingga nyaman dikunjungi meskipun saat siang hari yang panas.

Ingin sewa mobil untuk berwisata? kunjungi kami di sini

Pantai Trisik (google.com)

Pantai Trisik (google.com)

2. Pantai Trisik

Pantai Trisik merupakan pantai eksotis yang terletak di Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Pantai Trisik memberikan suasana yang tenang dan nyaman dengan letaknya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Selain lokasi wisata, di pantai ini juga ada lokasi pelelangan ikan.

Goa Kiskendo (google.com)

Goa Kiskendo (google.com)

3. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Goa sedalam 800 meter ini
merupakan tempat wisata religi sesuai dengan mitos kepercayaan warga setempat. Sebelum pada tahun 1975 dikelola oleh dinas pariwisata, goa ini oleh masyarakat digunakan sebagai tempat pertapaan. Terdapat ornament-ornamen seperti pahatan yang menjadi gambaran tentang mitos gua ini.

Waduk Sermo (google.com)

Waduk Sermo (google.com)

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo terletak di pusat Kabupaten Kulon Progo yaitu jalan wates Km 17. Sebenarnya waduk ini berfungsi sebagai irigasi, namun lingkungan yang asri dan pemandangan yang indah menjadikannya sebagai lokasi wisata. Jika anda dan rombongan berniat ke lokasi ini, kami dari Jogja Car juga menyediakan paket wisata yang bisa anda pilih.

Masih banyak tempat-tempat lain di Kabupaten Kulon Progo yang bisa menjadi tujuan wisata. Untuk informasi lainnya mengenai wisata Yogyakarta khususnya wilayah kabupaten Gunung Kidul bisa klik di sini. Demikian ulasan singkat mengenai Kabupaten Kulon Progo, selamat berwisata!