Kabupaten Bantul adalah salah satu Kabupaten terbesar yang berada dibawah pengaturan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejarah Kabupaten Bantul sangat kentara kaitannya dengan masa penjajahan Belanda. Perlawanan Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang, upaya pertahanan Sultan Agung di Pleret, Perjuangan Pangeran Diponegoro di Selarong serta kisah perjuangan pioner penerbangan Indonesia yaitu Adisucipto, dimana pesawat yang ditumpanginya jatuh ditembak Belanda di Desa Ngoto. Peristiwa penting lainnya yang penting dicatat adalah Perang Gerilya melawan pasukan Belanda yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman (1948) yang banyak bergerak di sekitar wilayah Bantul. Wilayah ini pula yang menjadi basis, “Serangan Oemoem 1 Maret” (1949) yang dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Berbicara tentang wisata, Kabupaten Bantul juga menyimpan daya tarik wisata sebagaimana kabupaten-kabupaten lain di Yogyakarta. Berikut akan diulas mengenai beberapa tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Letak Kabupaten Bantul

Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman di utara, Kabupaten Gunung Kidul di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat. Sehingga bisa diakses dari kabupaten manapun di Yogyakarta.

Wisata Kabupaten Bantul

Terdapat beberapa kawasan wisata yang terkenal di Kabupaten Bantul. Salah satu yang paling dikenal adalah pantai Parangtritis. Kawasan lain yang dijadikan wisata adalah :

Pantai Parangkusumo (iklantravel.com)

Pantai Parangkusumo (iklantravel.com)

1. Wisata Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo terletak berdampingan dengan pantai lain di selatan Yogyakarta seperti Parangtritis dan Depok. Di sini para wisatawan dapat menikmati pantai selatan Pulau Jawa dengan ombak yang keras. Di pantai ini juga terdapat petilasan yang dipercaya merupakan jejak sejarah Panembahan Senopati.

Goa Selarong (wiratourjogja.com)

Goa Selarong (wiratourjogja.com)

2. Goa Selarong

Untuk menuju Goa Selarong wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi/carteran karena tidak tersedia angkutan umum yang melintasi obyek wisata sejarah ini. Namun demikian, jangan khawatir, karena jalan menuju ke tempat wisata di Jogya ini berupa jalan aspal yang mulus. Goa ini merupakan saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda di Bantul.

sewa mobil wisata jogja, klik disini!

Goa Cerme (ulinulin.com)

Goa Cerme (ulinulin.com)

3. Goa Cerme

Goa Cerme terletak Dusun Srunggo, Selopamiro, Imogiri. Daya tarik utama wisatawan dari Goa Cerme adalah keindahan stalaktit dan stalakmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Lantai goa digenangi oleh air tanah dengan rata rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter.

Kerajinan Kasongan (www.sewamobiljogja.info)

Kerajinan Kasongan (www.sewamobiljogja.info)

4. Desa Wisata Kasongan

Selain pantai dan goa, terdapat juga desa wisata Kasongan. Desa ini menawarkan kerajinan yang berbahan dasar gerabah. Biasanya banyak wisatawan yang tertarik dan membawa pulang berbagai kerajinan di sini. Desa ini juga mengekspor kerajinannya ke luar negeri.

Masih banyak tempat wisata lain yang terdapat di Kabupaten Bantul. Masing-masin memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda. Demikian ulasan tentang kawasan wisata Kabupaten Bantul, selamat berwisata!