Backpacker memang gayanya mahasiswa. Jiwa muda mahasiswa menjadikan mereka ingin mencoba sesuatu yang menantang dimanapun mereka berada. Meski dalam hal backpacker tidak selalu tercipta kondisi yang menantang, namun kerap kali perjalanan wisatawan backpacker memberikan sensasi petualangan yang sayang untuk tidak pernah dicoba. Jogjakarta yang terkenal sebagai kota pelajar, bukan hanya terdapat banyaknya universitas ternama namun juga banyak menyediakan obyek-obyek wisata baru yang cocok untuk dikunjungi ala backpacker.

Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata liburan yang sangat populer dikalangan para pelancong. Baik pelancong dari indonesia maupun dari luar negeri. Karena di kota jogja inilah surganya destinasi wisata berada. Beragam pesona alam, budaya, dan keramahan masyarakatnya membuat para wisatawan selalu ingin mengunjungi jogja kembali. Tak terkecuali bagi para backpacker yang selalu menjadikan jogja sebagai destinasi yang paling favorit untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Berbagai pilihan penginapan yang murah, wisata kuliner yang gak bikin kantong kering, serta banyaknya wisata gratis merupakan daya tarik tersendiri bagi para backpacker. Hal ini tentunya dapat menekan budget liburanmu bukan.

Bagi kamu yang ingin jalan jalan ke jogja ala backpacker berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan agar perjalanan liburanmu mengasyikkan namun tetap irit di kantong :

1. Memilih Transportasi Yang Tepat

Jika kamu yang ingin liburan ke jogja ala backpacker, tentunya kamu harus memilih alat transportasi yang tepat untuk mengelilingi kota jogja. Misalnya kamu memilih alat transportasi kereta api ekonomi dengan karcis yang tentunya lebih ekonomis juga. Menggunakan trans jogja, menyewa sepeda motor atau rental mobil jogja, atau bahkan berjalan kaki sembari menikmati indahnya pemandangan kota Jogja. Selain itu masih ada alternatif yang baru yaitu ojek online yang juga sering menjadi pilihan wisatawan backpacker.

2. Memilih Penginapan Yang Murah

Tips kedua bagi kamu yang ingin jalan jalan ke jogja ala backpacker adalah memilih penginapan yang murah. Namun, kamu tidak usah khawatir. karena penginapan-penginapan di kota jogja menawarkan harga-harga yang sangat murah meriah. Selain itu banyak juga penginapan yang bisa diisi oleh rombongan sehingga dapat mengurangi pengeluaran.

3. Kunjungi Tempat Wisata Yang Murah

Backpacker Hiking, sumber ig ardianritter

Backpacker Hiking, sumber ig @ardianritter

Tips ketiga bagi kamu yang ingin jalan jalan ke jogja ala backpacker adalah mengunjungi tempat wisata yang murah. Kamu tidak usah khawatir dengan tempat-tempat wisata yang berada di kota jogja ini. Untuk menghemat anggaran liburanmu, kamu bisa mengunjungi wisata yang murah tapi tidak murahan seperti tempat wisata kalibiru, taman sari, pantai di Gunung Kidul, dan masih banyak lagi deretan wisata Jogja yang murah meriah.

4. Berburu Kuliner Murah

Tips selanjutnya yang ingin jalan jalan ke jogja ala backpacker adalah berburu kuliner murah. Untungnya, kota gudeg ini memiliki sederetan tempat kuliner yang murah meriah namun mempunyai kualitas rasa yang lezat. Mulai dari masakan tradisional maupun masakan modern bisa kamu temukan di kota jogja ini dengan harga yang sangat terjangkau. Seperti halnya mie ayam bu tumini, soto batok mbah katro, atau gudeg mbah lindu sosrowijayan.

5. Shopping Di Tempat Yang Tepat

Dan tips terakhir bagi kamu yang ingin jalan jalan ke jogja ala backpacker adalah shopping di tempat yang tepat. liburan tanpa shopping dan membawa oleh-oleh sepertinya kurang lengkap. Namun kamu tidak usah khawatir karena di jogja ini terdapat tempat shopping yang sangat murah meriah namun menyediakan barang souvenir yang sangat cantik yakni pasar Beringharjo dan Malioboro.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin jalan jalan ke jogja ala backpacker. Kamu bisa jalan-jalan sepuasnya serta dapat menghemat pengeluaran juga. Selain itu jangan ragu untuk mencoba obyek-obyek wisata alam di daerah Jogjakarta yang seru juga menantang. Simak ulasan lainnya mengenai wisata jogjakarta di halaman kami, selamat berpetualang!