Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia. Seluruh kabupatennya memiliki aneka ragam obyek-obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya. Terdapat kabupaten Sleman yang terkenal dengan obyek wisata alam gunung merapinya. Selain itu terdapat pula kabupaten Gunung Kidul dengan pantai-pantai eksotisnya yang bersebelahan dengan samudera Hindia. Serta beberapa kabupaten lainnya yaitu Kulon Progo, Bantul termasuk juga Kota Yogyakarta yang memiliki beragam jenis wisata.

Saat ini Kabupaten Gunung Kidul menjadi pusat wisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Maka tak heran apabila musim liburan tiba, Gunung Kidul menjadi ramai pengunjung. Seperti Desa Wisata Gedangsari atau yang dikenal sebagai Wisata Green Village Gedangsari Gunung Kidul yang menjadi wisata alam favorit banyak orang karena pesona alamnya yang berupa hamparan pepohonan hijau rindang dan berudara sejuk.

Lokasi dan Rute Desa Wisata Gedangsari

Desa wisata Gedangsari beralamat di Pedukuhan Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Desa ini berjarak sekitar 33 Kilometer atau memerlukan waktu tempuh 60 menit dari obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Rute Green Village Gedangsari di Gunungkidul paling mudah dijangkau dari kota Yogyakarta, via jalur Jogjakarta-Wonosari, setelah itu di pertigaan Sambi Pitu ambil kearah utara(kiri) hingga bertemu palang rambu lalu lintas jalan, ambil jurusan Gedangsari, hingga polsek Gedangsari masih ke utara. Sampai di pertigaan Clongop pilih arah ke Mangli, lurus terus sampai dusun Banyu lurus kearah timur, hingga sampai di Green Village Gedangsari.

Review Desa Wisata Gedangsari

Di desa ini, sekarang sudah ada wahana flying fox terpanjang se Asia Tenggara. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan panorama yakni melihat kota Jogja, Klaten hingga kota Solo. Pemandangan yang menakjubkan, bukan? Maka tak heran kalau banyak pengunjung yang berswafoto di sepanjang jalan setapak.

Green Village Gedangsari, sumber ig @thekamasari

Green Village Gedangsari, sumber ig @thekamasari

Hal tersebut lantaran pesona alamnya masih asri sehingga di manapun cocok-cocok saja dijadikan background foto bersama keluarga, teman atau pasangan. Jangan aneh juga kalau di sana banyak pengunjung yang membawa tongkat selfie, tripod, gorilla pod atau bahkan sampai pesawat drone demi merekam momen keseruan dan keindahan alam Gunungkidul.

Untuk sampai ke puncak, terdapat jalan-jalan setapak yang sengaja dibuat melingkat agar para pengunjung dapat menikmati keindahan dan suasana yang syahdu di sepanjang area wisata. Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana tempat rekreasi di Jogja ini yang masih begitu asri. Ada baiknya juga berkunjung saat awal-awal musim hujan karena bukit-bukit sekitar puncak terlihat asri nan hijau dengan panorama yang mengagumkan.

Para pengunjung kebanyakan datang ke Green Village Gedangsari karena ingin melihat keindahan sunset. Di sinilah para pengunjung bisa menikmati indahnya senja yang berwarna orange keemasan berpadu dengan keindahan pemandangan hijau asri sepanjang perbukitan. Suasana yang begitu eksotis kian memberikan ketenangan jiwa dan raga.

Di malam hari, pengunjung masih dapat menikmati indahnya suasana alam kota. Melalui puncak wisata dapat menikmati keindahan kota Jogja, Klaten dan Solo dari dataran tinggi. Namun, ada peraturan yang melarang pengunjung agar tidak sampai larut malam. Aturan tersebut menyatakan bahwa pengunjung hanya boleh di puncak wisata sampai pukul 18.00 WIB.

Sebetulnya, kawasan Green Village Gedangsari Yogyakarta mirip kawasan wisata puncak Suroloyo Kulon Progo. Untuk sampai ke puncak para pengunjung tak perlu repot mendaki gunung yang melelahkan seperti di gunung Andong Magelang. Pengunjung cukup menaiki tangga melingkar yang sudah disediakan. Memang anak tangganya panjang, maka dari itu persiapkan stamina dan bekal berupa air mineral.

Green Village Gedangsari Yogyakarta merupakan wisata baru yang diresmikan pada tahun 2016 dengan bantuan PNPM MP3KI. Wisata ini cocok untuk yang terbiasa tinggal di kota dan ingin rehat sejenak dengan berada di ketinggian area perbukitan yang sejuk alami sehingga udaranya sangat segar dan menyehatkan.

Pengelola wisatanya juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas seperti gubuk gazebo sebagai tempat istirahat sambil menikmati keindahan alam, kamar mandi yang bersih dan tempat ibadah musholla. Sehingga bagi yang beragama Islam tidak kebingungan mencari tempat ibadah.

Demikian beberapa informasi mengenai Desa Wisata Gedangsari yang menarik untuk dikunjungi. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Simak terus informasi dan tips wisata Jogjakarta di halaman jogjacar.com. Selamat menikmati wisata Anda.