Bagi Anda yang baru-baru menjajal wisata di Jogjakarta, tidak ada salahya untuk mengunjungi desa-desa wisata. Terdapat lebih dari 10 desa wisata tersebar di wilayah Jogjakarta. Disebut desa wisata karena memang desa ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, penduduk setempat di desa wisata ini memang menyediakan layanan-layanan untuk mendukung daya tarik wisata di desanya. Salah satu desa wisata yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah desa wisata kasongan. Apa saja keunikan yang terdapat di desa ini? Simak informasinya berikut ini.

Jogjakarta merupakan daerah destinasi wisata yang unik dan menarik. Daerahnya memiliki banyak obyek wisata seperti obyek wisata alam pegunungan, perkebunan, pantai, taman bunga, candi, pasar, museum dan obyek-obyek wisata lainnya yang masih banyak dan beranekaragam. Jenis-jenis wisata yang ditawarkan-pun tidak kalah menarik, ada wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata edukasi. Karenanya banyak pula tersedia fasilitas wisata seperti penginapan dan hotel, paket wisata, sewa mobil wisata, sewa bus wisata, guide tour dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Lokasi dan Rute Menuju Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan berada di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke desa ini melalui Kota Jogjakarta bisa menempuh jalur ke arah selatan. Kemudian terdapat salah satu titik di area ring road selatan yaitu perempatan dongkelan masih mengarah ke selatan hingga menemukan gapura di sebelah barat yang bentuknya khas dan besar layaknya sebuah monumen. Gapura ini yang menjadi jalur masuk desa wisata Kasongan.

Produk Desa Wisata Kasongan, sumber Dinas Pariwisata DIY

Produk Desa Wisata Kasongan, sumber Dinas Pariwisata DIY

Desa Wisata Kasongan

Desa wisata kasongan adalah desa yang penduduknya bermata pencaharian sebagai pembuat kerajinan berbahan gerabah. Dengan dijajakannya produk-produk ini di sekitar desanya, desa ini seolah menjadi sebuah galeri besar yang menampilkan segala macam bentuk dan produk kerajinan gerabah kepada siapapun yang melewati desa ini. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas serta keunikan desa Kasongan.

Mengenai sejarahnya, konon di masa penjajahan ditemukan sebuah kuda yang mati tergeletak di atas tanah salah satu penduduk desa. Kuda ini diduga milik Belanda dan pemilik tanah meninggalkan tanahnya sebab ketakutan jika ternyata dituduh sebagai pelaku yang menyebabkan kuda milik Belanda ini mati. Begitu juga pemilik tanah yang lain yang berada di sekitar tempat matinya kuda, mereka meninggalkan tanah mereka dengan ketakutan yang sama. Sampai suatu ketika akhirnya tanah tanpa pemilik ini diklaim oleh orang lain begitu saja. Para pemilik tanah yang akhirnya tidak memiliki tanah lagi ini menggantungkan hidupnya dengan membuat mainan atau alat-alat rumah tangga dari tanah gerabah.

Baru pada tahun 1970-an, desa ini berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat. Penduduknya yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai pengrajin produk berbahan dasar gerabah dibantu seorang seniman besar kenamaan Sapto Hudoyo mulai mengembangkan produk kerajinan berbahan dasar gerabah ini dengan memberikan sentuhan seni dan komersil. Akhirnya produk-produk kerajinan berbahan dasar gerabah ini terkenal salah satunya oleh karena dipasarkan dalam skala besar oleh Sahid Keramik pada tahun 1980. Dengan keberadaan toko-toko gerabah yang berdampingan di sepanjang jalannya desa ini sangat menarik dan memang layak menjadi desa wisata yang khas dan unik.

Produk Kerajinan Gerabah

Produk-produk kerajinan gerabah yang diproduksi oleh warga desa Kasongan telah terjual bahkan hingga diekspor ke eropa. Hal ini karena memang produk-produknya berkualitas dan bernilai seni tinggi. Produk-produk yang dihasilkan antara lain seperti guci dengan motif-motif khas, pot dengan berbagai bentuk dan ukuran, pigura, hiasan dinding, perabotan rumah tangga serta produk-produk lainnya seperti souvenir. Produk-produk khas ini bisa dilihat di sepanjang jalan masuk desa Kasongan sehingga memberikan daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Nama : Desa Wisata Kasongan
Alamat : Jl. Kasongan No.3, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Peta : https://goo.gl/maps/rQJJUxSMEcH2

Demikian ulasan dan informasi tentang desa wisata Kasongan. Masih banyak desa-desa wisata yang unik dan menarik lainnya di wilayah Jogjakarta untuk Anda kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi berwisata Anda selanjutnya. Jangan lupa untuk menyimak informasi dan tips wisata lainnya di halaman kami. Selamat berwisata!