Watu Giring hanyalah salah satu dari banyak obyek wisata Jogja yang unik dan tidak biasa. Obyek wisata lainnya yang juga menampilkan pemandangan Jogja yang menawan dari atas perbukitan banyak terdapat di daerah Kabupaten Bantul hingga Gunung Kidul. Obyek wisata ini diburu karena bisa menjadi spot foto yang mungkin tidak bisa didapatkan di lokasi lainnya di Jogja. Jasa sewa mobil Jogja yang biasanya bisa dimanfaatkan untuk menemani kunjungan wisata banyak yang menyarankan untuk singgah di obyek-obyek wisata sejenis ini.

Tetapi tenang saja, Jogja memiliki banyak lokasi wisata lainnya dengan sajian pemandangan yang berbeda dan wahana-wahana yang berbeda pula. Maka, tidak perlu khawatir dengan keramaian pada waktu-waktu berliburan. Masih banyak lokasi lainnya yang bisa dipilih.

Watu Giring atau masyarakat lebih populer menyebutnya dengan nama Nggiringan ini terletak di Desa Pacarejo, kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.  Pemandangan alam di Watu Giring sangat cantik seperti candi yang berpadu dengan lingkungan alam yang tak kalah eksotis, maka dari itu tidak salah jika banyak wisatawan yang sengaja datang untuk menikmati tempat wisata ini untuk sekadar berselfie ria.

Watu Giring, sumber ig piknikdong
Watu Giring, sumber ig @piknikdong

Watu Giring Jogja

Asal usul wisata Watu Giring ini pun sebenarnya bukan alami  ada dengan sendirinya, tetapi ternyata tempat ini merupakan bekas tambang batu kapur. Struktur bangunannya tertata rapi dan cantik sehingga memang jika dilihat secara sekilas bangunannya menyerupai bentuk candi yang berundak. Tidak diketahui secara pasti tentang sengaja ataupun tidaknya bekas tambang yang telah berusia puluhan tahun ini menyerupai bangunan candi kuno.

Bagi anda yang memiliki hobi berselfie ria sambil menikmati pemandangan yang indah sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat ini. Jangan sampai menyesal, karena untuk masuk ke destinasi watu giring ini kita hanya akan dikenakan biaya retribusi yang sangat konservatif dompet. Karena sebenarnya wisata ini dikelola sendiri oleh masyarakat setempat. Jadi jika kita berkunjung kesana hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp.2000 dan untuk mobil sebesar Rp.5000 berlaku pada bulan juli 2018. Tentu saja ini tidak sebanding dengan panorama dan keindahan yang disuguhkan oleh Watu Giring.

Obyek wisata yang cocok dikunjungi untuk menghemat budget selama liburan di Jogjakarta. Tidak dipungut biaya saat masuk ke obyek wisata dan hanya dikenakan biaya parkir merupakan sebuah liburan yang bisa dibilang gratis nan seru. Meskipun dengan tiket masuk gratis namun keindahan dari watu giring tak ada kalahnya dengan tempat wisata lainnya. Maka dari itu tak ada salahnya untuk mengunjungi watu giring selama berlibur di Jogjakarta.

Untuk Fasilitas destinasi watu giring ini memang belum kompleks karena memang  destinasi wisata Jogja ini belum terlalu memadai. Akan tetapi di sini sudah disediakan tempat duduk dari bambu yang bisa digunakan para wisatawan untuk beristirahat, selain itu terdapat juga warung yang menjual masakan khas tradisional seperti belalang goreng yang merupakan santapan khas di Gunungkidul. Makanan ini bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Makanan yang tidak mudah ditemukan di mana saja sekaligus mempunyai cita rasa tersendiri.

Watu Giring, sumber ig bangedika
Watu Giring, sumber ig @bangedika

Saran Tambahan

Sepertinya obyek wisata instagrammable memang menjadi salah satu yang sedang hits untuk saat ini. Di Jogja sendiri, para pengelola obyek wisata berkreasi agar selain dinikmati dengan kunjungan biasa, obyek wisatanya juga menjadi spot foto yang diminati para generasi sekarang. Watu Giring bisa dikatakan adalah salah satu kreasinya.

Meski hanya bisa berfoto, tetapi menikmati pemandangan dan kreasi dari obyek wisata Watu Giring ini bisa menjadi alternatif setelah selama ini penat dengan seluruh aktivitas sehari-hari. Jogja memang tempatnya orang-orang kreatif.

Nama : Watu Giring
Lokasi : Jelok Pacarejo, Sambirejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Peta : https://goo.gl/maps/RBVLHCvwMdy

Demikian ulasan terkait obyek wisata Watu Giring untuk Anda. Semoga bisa menjadi koleksi informasi wisata Anda dan manfaat lainnya. Simak terus ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata Jogja di halaman Jogjacar.com. Jagalah lingkungan di sekitar kita, karena pasti akan ada daya tarik yang mungkin bisa bermanfaat suatu saat nanti. Matur Nuwun.