Indonesia memiliki dua candi terbesar di dunia yang dijadikan situs warisan dunia. Kedua candi ini bisa diakses melalui Jogja. Biasanya para wisatawan yang ingin mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan pasti melewati Jogja. Barangkali itulah yang menjadi daya tarik Jogja. Jogja terkenal sebagai daerah yang memiliki daya tarik wisata budaya yang terkenal di Indonesia. Ternyata, di Jogja juga terdapat candi-candi lainnya bukan hanya Candi Prambanan dan Borobudur. Yaitu Candi Barong yang juga tidak kalah megah dan menarik.

Wajar saja jika Jogja selalu ramai pada masa-masa liburan. Banyak alternatif wisata yang ditawarkan seperti wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata alam dan jenis-jenis wisata lainnya. Selain itu, fasilitas yang ada juga sangat mendukung seperti transportasi dan hotel-hotel. Banyak juga barang dan jasa yang ditawarkan untuk mempermudah perjalanan wisata seperti paket wisata, rental mobil jogja, bus pariwisata, kuliner dan pasar oleh-oleh serta kemudahan-kemudahan lainnya. Sebelum Anda mengunjungi obyek wisata Candi Barong, simak dulu informasinya berikut ini.

Sejarah Candi Barong

Candi Barong adalah candi bercorak hindu bersama dengan beberapa candi lainnya yang berada di kompleks ratu boko. Pada candi ini terdapat ornamen kala dan makara yang mirip dengan barong yaitu figur dalam mitologi yang bentuknya menyerupai hewan. Sehingga dinamakan Candi Barong. Candi ini diduga menjadi tempat peribadatan ritual hindu dengan keberadaan beberapa arca didalamnya. Bangunan candi ini unik, sebagaimana bangunan Candi Prambanan dengan susunan batu yang meninggi. Selain itu, jika dilihat dari waktu didirikannya bangunan ini sekitar abad ke-9 dan ke-10, belum terdapat bahan-bahan yang dapat memperkuat bangunan tinggi sedemikian rupa sehingga terdapat banyak dugaan tentang bagaimana candi ini dibangun pada masa lampau yang bangunannya sangat berbeda dengan corak bangunan-bangunan jaman sekarang.

Candi Barong, sumber ig jogjaku
Candi Barong, sumber ig @jogjaku

Berdasarkan prasasti dan arca serta ornamen lainnya yang terdapat didalam candi ini, Candi Barong didirikan sebagai persembahan untuk melindungi beberapa bangunan ritual lainnya yang berada pada sekitar perbukitan ini. Barong sendiri merupakan hewan mitologi yang berbantuk menyerupai singa sehingga memang sesuai dengan tujuan didirikannya bangunan ini.

Berwisata Di Candi Barong

Saat ini, Candi Barong menjadi situs wisata budaya yang bisa dikunjungi pada jam tertentu di Jogja. Candi ini berlokasi di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju candi ini, Anda bisa menemukannya di map dengan kata kunci komplek Candi Ratu Boko. Di komplek ini, Candi Barong terletak pada sisi tenggara komplek dengan medan perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 199 m diatas permukaan laut.

Candi ini luas dengan bagian-bagian bangunan seperti tangga, pelataran dan bangunan-bangunan candi yang megah meskipun tidak setinggi bangunan Candi Prambanan. Terdapat tiga tingkat bangunan candi yang bisa dinaiki satu per satu. Biasanya pengunjung yang datang akan berfoto dengan berlatarkan bangunan candi. Namun sebenarnya bukan hanya bangunan candi, suasana alam asri pada bukit yang merupakan lokasi tempat candi ini berdiri juga sangat menarik untuk diabadikan.

Selain itu, di komplek Ratu Boko ini terdapat pula Candi Ratu Boko yang merupakan bangunan utama komplek ini yang juga bisa dinikmati sembari berkunjung ke Candi Barong. Ornamen Candi Ratu Boko tidak berbeda jauh, namun komplek Ratu Boko ini berbentuk pemukiman dengan keberadaan pintu gerbang dan ornamen lainnya yang juga unik dan bisa Anda nikmati.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi Candi Barong, Anda cukup membayar retribusi sebesar Rp. 5.000 per orang. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama rombongan atau keluarga karena sangat menggambarkan sejarah dan kebudayaan salah satu daerah di Indonesia. Selain itu tentu saja, tampat ini dapat menghibur dengan pemandangannya yang unik dan menarik. Jam buka Candi Barong mulai sejak pukul 08.00 hingga 17.30.

Nama : Candi Barong
Alamat : Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Peta : https://goo.gl/maps/bCXgS4FGMa32

Demikian ulasan terkait informasi tentang Candi Barong untuk Anda. Semoga ulasan ini bisa menambah koleksi informasi wisata dan menghibur Anda tentunya. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata Jogja di halaman jogjacar.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.