Indonesia memiliki banyak daerah destinasi wisata. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia dipenuhi dengan daerah-daerah yang memiliki daya tarik wisata. Dengan kondisi geografis Indonesia dan negaranya yang terdiri dari banyak pulau-pulau, daya tarik yang ditawarkan Indonesia adalah seputar pantai, alam dan kota. Namun itu hanya secara garis besar. Sebenarnya jika ditelusuri lebih dalam, banyak daerah-daerah Indonesia yang memiliki daya tarik wisata lebih dari sekedar pantai, alam dan kotanya.

Sebut saja Jogjakarta. Daya tarik wisata Jogjakarta sangat beragam selain pantai alam, kota dan pantainya. Seperti lokasi wisata bersejarah baik sejarah Indonesia maupun sejarah kerajaan-kerajaan Islam. Kemudian terdapat pula desa wisata yang menampilkan daya tarik desanya seperti kerajinan khas yang bernilai seni tinggi. Serta tempat-tempat lainnya di Jogjakarta yang menampilkan beragam jenis obyek wisata.

Jogjakarta menjadi tempat wisata terbesar kedua setelah Bali. Bisa dikatakan kalau Jogja selalu bisa memenuhi hasrat manusia akan suasana dan petualangan baru karena budayanya yang kental. Berbagai tempat menarik pun ada hingga wisata kuliner yang melegenda. Mulai dari hal-hal mainstream sampai yang jarang diketahui banyak orang.
Namun sayang tak semua tempat menarik di Jogja bersahabat dengan backpacker yang menghemat anggaran pengeluaran seminim mungkin. Sistem transportasi di sini juga belum berkembang dengan baik apalagi saat ingin mengunjungi tempat-tempat pedalaman atau jauh dari pusat kota. Beberapa lokasi wisata seperti pantai-pantai di Gunung Kidul hanya bisa diakses lewat kendaraan pribadi atau sewaan yang membutuhkan banyak biaya.

Tips memilih transportasi wisata di Jogja

Transjogja, sumber ig jogjaistimewa

Transjogja, sumber ig @jogjaistimewa

Dengan kondisi transportasi Jogjakarta yang ada saat ini, tentu banyak alternatif yang ditawarkan. Yang pertama memang alternatif transportasi yang mengharuskan wisatawan merogoh kocek agak dalam. Namun masih ada alternatif transportasi lainnya yang terbilang murah atau hemat untuk dicoba. Berikut ulasannya!

Trans Jogja dan bus kota

Untuk bepergian ke lokasi wisata yang terletak agak jauh dari pusat kota, bisa mengandalkan transportasi umum seperti Trans Jogja dan bus kota. Dengan Trans Jogja, bisa diajak berkeliling Jogja dan turun di tempat-tempat wisata seperti Monumen Jogja Kembali, Pura Pakualaman dan berbagai area kuliner sampai Candi Prambanan. Lalu apabila disambung dengan bus kota, bisa mengunjungi lokasi wisata yang lebih jauh lagi seperti Pantai Parangtritis dan Candi Borobudur. Kedua angkutan ini dapat dilakukan hanya dengan merogoh kocek kurang dari Rp 10.000 per orang.
Meski hemat, ada hal yang harus diperhatikan saat memilih moda transportasi ini. Yang pertama adalah jalur Trans Jogja ataupun bus kota terkadang sulit dimengerti. Harus sering-sering bertanya ke petugas atau mencari informasi jalur lewat internet. Lalu yang kedua, beberapa bus memiliki jam operasional yang ketat hingga mungkin tak bisa menemukan bus untuk pulang setelah lewat jam 4 sore. Jumlah armada juga terbatas sampai membuat jengkel karena harus menunggu 1-2 jam. Beberapa bus nya pun berjalan lambat, maka harus benar-benar sabar.

Shared vehicle

Menyewa kendaraan pribadi memang mahal, maka dari itu lebih baik menyewa bersama backpacker lainnya. Bisa dengan mencari backpacker lain yang kebetulan sedang berada di Jogja dan merencanakan perjalanan ke lokasi wisata yang jauh seperti Goa Pindul, pantai-pantai di Gunung Kidul atau Waduk Sermo. Harga sewa kendaraan pun bisa berbagi sesuai dengan jumlah orang yang ikut. Misal harga sewa Toyota Avanza Rp 300.000/24 jam, bisa dibagi 7-8 orang sesuai dengan kapasitas mobil. Dengan demikian masing-masing orang hanya perlu membayar Rp 40.000-an!
Kekurangan dari sistem ini adalah kesulitan mencari tema yang bisa diajak sewa mobil bersama. Bila bersama rombongan tentu tidak akan menjadi masalah. Namun apabila solo backpacker, hal ini mungkin agak menyulitkan. Solusinya adalah bergabung dengan forum backpacker di internet dan utarakan keinginan mencari teman sharing. Selain murah, cara tersebut juga membantu mendapatkan teman baru.

Demikian informasi mengenai tips memilih transportasi wisata yang hemat. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Jangan lupa untuk menyimak informasi dan tips wisata Jogjakarta lainnya di halaman jogjacar.com. Selamat berwisata!