Batik menjadi salah satu khasanah busana Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Coraknya sangat berbeda dari corak kain manapun di seluruh dunia. Nah, dimana sih tujuan untuk membeli batik di Indonesia? ternyata hampir di seluruh pelosok negeri memiliki batiknya. Namun jika ditelaah, kata-kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa. Sehingga bisa dimungkinkan batik berasal dari Jogja. Terus bagaimana memilih batik asli yang berkualitas? Tenang saja, banyak tersedia berbagai tips memilih batik berkualitas di Jogja yang salah satunya ada di halaman ini.

Bagi traveler yang berkunjung ke suatu daerah tertentu pasti menjadi sebuah keharusan membeli oleh-oleh untuk sanak keluarga. Oleh-oleh bisa berbentuk beraneka macam mulai dari makanan khas, kaos, maupun pernak-pernik lainnya. Khas dari oleh-oleh Jogja bukan saja  dari jajanan legenda yaitu Bakpia Pathok tetapi dari macam-macam batik yang disediakan. Banyak pengunjung yang mencari batik untuk dikoleksi sendiri atau diberikan ke orang lain. Batik sangat mudah ditemukan di Jogja mulai dari pasar malioboro sampai ke toko khusus batik. lantas, bagaimana memilih batik dengan kualitas baik? Berikut ini simak penjelasan tips wisata belanja di Jogja.

Tips Memilih batik Berkualitas di Jogja

Dengan banyaknya jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia, tentu Anda harus memilih. Memilih di sini bukanlah berarti bahwa batik dari suatu daerah bisa lebih bagus dari daerah yang lain. Artinya,batik Jogja memang memiliki khas tersendiri sebagaiman batik-batik dari daerah lainnya. Untuk batik Jogja, para wisatawan selalu mengerti bahwa berburu batik memang menjadi salah satu agenda wisata di Jogja. Sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk membelinya. Berikut ini tips memilih batik berkualitas di Jogja :

Batik Berkualitas di Jogja, sumber ig jogjabikinlaper
Batik Berkualitas di Jogja, sumber ig @jogjabikinlaper

1. Perhatikan jenis batik

 Sebelum membeli batik sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis batik yang dipilih antara batik cetak atau tulis. Biasanya batik tulis mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan dengan batik cetak. Harga yang ditawarkan juga lebih mahal.

Batik tulis lebih mahal karena proses pembuatannya lebih rumit dan membutuhkan waktu lama. Batik tulis juga masih menggunakan alat tradisional yaitu canting untuk membuat pola di batik tersebut. Jadi batik tulis memang terlihat klasik dan mempunyai nilai historis sendiri.

2. Perhatikan Jenis bahan

Langkah selanjutnya untuk memperoleh kualitas batik yang baik perhatikan pula jenis bahan batik tersebut. Sebaiknya pilih batik dengan bahan katun jika akan dipakai beraktivitas sehari-hari. bahan katun dapat menyerap keringat sehingga mengurangi rasa gerah.

Batik katun juga nyaman untuk dipakai tidak terlalu panas. Jika batik tersebut digunakan untuk berpesta atau menghadiri acara penting maka sebaiknya pilih bahan dasar batik dari sutera. Ke dua bahan tersebut terbilang bahan terbaik untuk jenis bahan batik.

3. Meraba Cetakan Warna Batik

Sebelum membeli batik hendaknya meraba warna cat yang ada di kain tersebut. Pastikan warna yang ada di kain batik tidak menempel pada tangan. Jika pewarna tersebut membekas di tangan maka kualitas pewarnaan dari batik tersebut kurang baik. Hal tersebut bisa menyebabkan luntur atau kusam batik dan lambat laun menjadi pudar.

4. Membalik Bahan

Sebelum memastikan membeli batik, cobalah untuk melihat bagian luar dan dalam kain tersebut. Biasannya kualitas baik dilihat dari kesamaan motif yang ada pada ke dua bagian tersebut. Jika terlihat sama maka batik tersebut sudah melalui proses yang detail dan warna lebih awet dibandingkan kain batik bagian luar ataupun dalamnya berbeda.

Jadi itulah beberapa tips memilih batik berkualitas di Jogja. Para Traveler sebagai pembeli juga harus pandai memilih bahan ataupun motif batik. untuk tidak menyesal ke depan karena kualitas yang turun maka perhatikan beberapa ulasan di atas. selamat mencoba memburu batik berkualitas dengan harga murah di Jogja. Demikian ulasan tips memilih batik berkualitas di Jogja. Setiap masa, selalu saja ada saatnya bermunculah desain-desain batik yang baru. Jadi, jangan sampai ketinggalan. Semoga tips memilih batik berkualitas di Jogja ini dapat membantu Anda. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata lainnya di jogjacar.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.