Jogjakarta selalu ramai ketika waktu berliburan tiba. Wajar saja, di Jogjakarta terdapat banyak obyek-obyek wisata yang bisa dikunjungi dengan berbagai macam gaya. Ada obyek wisata alam eksotis yang cocok buat wisata backpacker. Ada lokasi wisata belanja untuk Anda yang hobi berbelanja. Ada wisata edukatif yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak tercinta. Terlebih lagi banyak tersedia jasa rental mobil, paket wisata, guide tour dan fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat membantu memudahkan aktivitas wisata para pengunjung.

Ketika Musim liburan datang, menyiapkan tempat untuk berwisata merupakan salah satu cara yang tepat untuk melepaskan lelah seusai bekerja. Apabila Anda menyukai tempat berlibur yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya, misalnya adalah pantai. Maka salah satu tempat yang recommended adalah Jogjakarta. Di sana terdapat destinasi yang unik serta menarik dikunjungi. Selain itu pula biaya penginapan terjangkau alias murah, cocok sekali buat seorang backpacker.

Tips Cari Penginapan Murah/Gratis

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mencari tempat penginapan murah/gratis;

1. Browsing Internet atau aplikasi booking

Kemudahan ini juga dirasakan pula saat kita mencari penginapan apabila akan berlibur dan memerlukan tempat menginap di sana. Sekarang banyak juga situs – situs penyedia jasa layanan penginapan yang dengan mudah dikunjungi dalam halaman website di internet. Cukup dengan mengetikkan nama tempat dan daftar pemesanannya. Tetapi tetap harus berhati – hati dalam berselancar melalui internet, usahakan situs yang dikunjungi adalah situs yang terpercaya.

Selain dengan browsing, ada juga dengan cara menggunakan aplikasi booking penginapan. Aplikasi ini bisa menampilkan penginapan dengan harga termurah. Belum lagi jika sedang ada diskon dan promo, harganya bisa sangat murah sekali. Bahkan, jika Anda punya poin tertentu, bisa gratis. Fasilitas dan kemudahan aplikasi booking hotel atau penginapan online ini sering digunakan backpacker.

2. Pilih Area Sekitar Malioboro

Tugu Yogyakarta (www.pikniek.com)

Ilustrasi Wisata Backpacker (www.pikniek.com)

Beberapa tempat penginapan sekitar Malioboro juga dapat dijadikan rekomendasi untuk Anda menginap di Jogjakarta. Harganya cukup terjangkau dan cocok untuk backpacker, per malamnya di bawah 100 ribu rupiah bahkan ada yang menawarkan harga 50 ribu rupiah saja. Tetapi untuk fasilitas juga menyesuaikan dengan harganya.  

3. Jalin Relasi

Tips yang ketiga adalah menjalin relasi. Ternyata menjalin sebuah relasi dengan banyak orang akan menguntungkan bagi diri kita. Terlebih lagi saat kita ingin mengunjungi suatu tempat dan membutuhkan panduan seluk beluk tempat tersebut. Seorang individu tanpa individu lain pasti tidak akan mampu bertahan hidup dengan baik, sebagai makhluk sosial sudah sepantasnyalah saling membutuhkan dan bergantung.

Ketika kita banyak menjalin relasi atau hubungan dengan banyak orang, pergaulan akan semakin luas dan peluang kita pun menjadi semakin banyak. Terlebih lagi jika kita akan berkunjung ke suatu tempat, misalnya Jogjakarta dan membutuhkan tempat untuk menginap. Maka dengan mudah kita dapat menghubungi teman atau sahabat kita yang berada di sana. Biasanya mereka akan membantu keperluan kita. Bahkan mereka juga akan menawarkan tempat untuk menginap secara cuma – cuma atau gratis.

Demikianlah artikel singkat mengenai tips mencari penginapan murah atau gratis ala backpacker di Jogjakarta. Harapannya dengan adanya ulasan di atas para pembaca dapat memahami dan menambah pengetahuan baru. Terlebih lagi menjelang akhir tahun nanti, banyak yang membutuhkan tempat refreshing menuju tempat wisata seperti menuju ke Kota Gudeg ini. Semoga dapat bermanfaat dan simak informasi dan tips-tips wisata keluarga di halaman jogjacar.com. Terima kasih.