+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Musim liburan telah tiba. Daerah-daerah wisata mulai dipadati pengunjung dari berbagai tempat. Tidak terkecuali Jogjakarta. Banyak wisatawan yang datang dengan berbagai cara, seperti rombongan bus pariwisata, bersama keluarga menggunakan mobil pribadi, ada yang berwisata membawa bayi dan anak-anaknya dan berbagai macam lainnya. Semuanya memadati lokasi obyek-obyek terkenal di Jogjakarta seperti pantai, wisata alam kebun buah, taman bunga, tempat belanja dan obyek-obyek lainnya. Selain itu para wisatawan dipermudah dengan adalah jasa paket wisata, sewa mobil Jogja, hotel dan penginapan berkualitas serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Berlibur membawa buah hati yang masih berusia bulanan pastinya memberikan pengalaman yang jauh berbeda dengan liburan yang sebelumnya dijalani yang hanya bersama pasangan. Bisa jadi liburan dengan bayi malah menjadi momen liburan yang paling seru dan tak terlupakan. Namun, liburan ini juga membutuhkan berbagai persiapan yang berbeda. Karena itulah rencanakan liburan kali ini dengan sangat matang.

Tips berwisata dengan bayi

Berlibur bersama keluarga merupakan momen yang tidak bisa dilewatkan. Setelah aktivitas dan berbagai kesibukan setiap harinya membuat waktu berkualitas bersama keluarga menjadi berkurang, maka memang sudah seharusnya memanfaatkan waktu berliburan untuk berkumpul bersama keluarga. Untuk yang pertama kali berlibur bersama bayi mungkin akan sedikit khawatir atau kurang nyaman. Maka dari itu simak tips berikut ini agar liburan bersama bayi bisa menyenangkan!

1. Rencanakan dengan matang

Berlibur dengan bayi pasti sangat berbeda dengan saat berlibur bersama pasangan. Persiapan pun harus ekstra karena akan merepotkan kalau melakukan perjalanan tanpa perencanaan. Semuanya harus dipersiapkan dari awal seperti tiket pesawat, kamar hotel, bahkan berbagai transportasi lain yang mungkin akan dibutuhkan.

Dengan begitu hal tersebut akan membuat penyusunan jadwal tepat sehingga bisa menyesuaikan kegiatan dengan kegiatan si kecil di perjalanan. Selain itu juga jangan membuat jadwal yang terlalu padat karena khawatir si kecil bisa cepat lelah dan rewel selama masa liburan. Pastikan kenyamanan si kecil ya!

2. Siapkan waktu lebih banyak

Ilustrasi Berliburan Bersama Bayi, sumber ig shira.sophia

Ilustrasi Berliburan Bersama Bayi, sumber ig @shira.sophia

Saat bawa buah hati travelling, harus terbiasa mulai memperbanyak waktu demi mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi, terutama untuk berbagai kebutuhan yang tak bisa ditunda seperti jadwal penerbangan. Jangan malah mengambil risiko dengan datang tepat waktu, namun malah harus datang lebih awal di bandara karena lebih baik demikian daripada ketinggalan pesawat. Sang buah hati bisa saja tiba-tiba membutuhkan perhatian mendadak. Seperti buang air besar hingga membutuhkan waktu untuk membersihkan.

3. Ikuti jadwal si kecil

Saat menyusun agenda perjalanan, sangat penting menyesuaikan dengan jadwal tetap si kecil. Seperti jadwal makan, tidur siang dan hal lain yang harus tetap dijalankan agar si kecil tidak rewel selama liburan. Pastinya para orang tua sudah tau jelas jadwal tetap buah hatinya sepanjang hati. Pasalnya bayi akan sangat sulit menyesuaikan diri pada perubahan aktivitas. Hal ini pun akan membuat mereka tidak nyaman dan timbullah rewel karena perubahan aktivitas tersebut.

Seperti saat tidur siang tapi malah dibawa jalan-jalan ke pasar tradisional yang ramai dengan orang-orang dan hawanya panas sekali. Bisa dipastikan si kecil mengamuk dan rewel sepanjang perjalanan. Begitu pula saat bayi terlambat makan atau merasa lapar, biasanya ia akan rewel dan menangis. Karena itulah sangat penting untuk tetap menjaga dan mengikuti jadwal tetap mereka agar si kecil tetap nyaman dan aman selama liburan sampai pulang.

4. Selalu Perhatikan si Kecil

Bayi memang merupakan anugerah yang luar biasa. Karenanya kita perlu memberikan perhatian lebih. Ingat, kesehatan dan keselamatan si kecil adalah yang paling utama, meskipun liburan tetaplah bisa dijalankan. Banyak hal yang tidak terasa oleh kita, namun begitu berat dirasakan oleh si kecil yang masih bayi seperti cuaca panas atau dingin, lapar dan haus serta kondisi-kondisi lainnya. Maka, jika si kecil bisa riang gembira, berliburan pun jadi semakin menggembirakan bukan?

Demikian beberapa tips-tips dalam membawa bayi untuk berliburan mengunjungi tempat wisata. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda untuk menikmati berliburan bersama keluarga. Simak juga ulasan lainnya mengenai informasi dan tips-tips wisata pilihan di halaman jogjacar.com. Selamat menikmati wisata Anda!