Yogyakarta, dikenal dengan kota budaya, kota pelajar, dan kota kuliner. Tempat makan enak dengan harga ala kantong mahasiswa pun banyak dijumpai. Maka, jika Anda mahasiswa atau sedang merantau di Jogja, aneka tempat makan Jogja harga mahasiswa ini akan menyelamatkan Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi mengenai tempat makan Jogjakarta dengan harga yang terjangkau atau disebut juga “harga mahasiswa”.

1. Ngudi Rejeki

Berada tidak jauh dari kampus UGM dan UNY, Ngudi Rejeki menjadi salah satu tempat makan favorit mahasiswa. Tempat makan Jogja harga mahasiswa, berkisar antara Rp.7.000,00 – Rp. 10.000,00, menawarkan menu yang cukup bervariasi. Mulai menu aneka sop, aneka penyetan, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Selain itu, menu tambahan, seperti mendoan, terong goreng bisa Anda pesan.

2. Burjo Sumber Vitamin Bunderan UGM

Warung Burjo alias Warung Bubur Kacang Ijo sering dijumpai di sekitar kampus Jogja. Namun, tempat makan di depan Rumah Sakit Panti Rapih, sebelah selatan bunderan UGM ini, menjadi tempat pelarian mahasiswa saat kelaparan dini hari. Tak hanya buka hingga dini hari, menu di tempat makan Jogja harga mahasiswa ini dibawah Rp. 10.000,00. Menu aneka nasi atau mie goreng, nasi telur, nasi sayur, mie instan, dan sebagainya, sering dicari. Menu spesial dari warung burjo ini adalah sambal yang kental akan rasa ikan.

3. Spesial Sambal Bawang Mas Kobis

Bagi Anda pecinta makanan pedas, tak ada salahnya mencoba menu dari Spesial Sambal Bawang Mas Kobis. Berada di Jalan Alamanda, sebelah timur Fakultas Teknik UNY, tempat makan ini selalu ramai pelanggan. Menu favorit adalah telur, tahu, tempe yang di penyet dengan cabai sesuai selera. Cukup dengan harga Rp. 9.000,00, Anda dapat menikmati seporsi penyetan dengan dua gelas es teh atau es jeruk. Kenapa dua gelas? Itu karena banyak pengunjung kepedasan dan membutuhkan banyak minum.

Klik sewa mobil Jogja

4. Soto Ayam Pak Man

Soto Ayam Pak Man merupakan satu satu tempat makan Jogja harga mahasiswa favorit untuk sarapan. Terletak di Jalan Sagan, sebelah utara Mal Galeria, Jogja, tempat ini menyajikan soto ayam dengan segelas teh atau jeruk hangat hanya Rp. 9.000,00. Menu tambahan, seperti sate usus, sate telur telur puyuh, atau ati ayam bacem, akan melengkapi kelezatan soto ayam ini.

5. Rumah Makan Padang Lima Sekawan

Menu Khas Warung Burjo, sumber ig

Menu Khas Warung Burjo, @sumber ig

Rumah Makan Padang Lima Sekawan merupakan salah satu tempat makan Jogja harga mahasiswa. Nasi putih, kuah, daun singkong, dan sambal, dapat diambil sendiri sesuai selera. Aneka lauk, seperti tahu, tempe, atau ayam akan menambah sempurna sajian dalam satu porsi. Harga yang di banderol pun terjangkau bagi mahasiswa. Satu porsi sayur, tahu atau tempe dengan potongan besar, dan segelas minuman hanya sebesar Rp. 9.000, 00.

6. Angkringan Pak Panut

Angkringan Pak Panut juga menjadi salah satu tempat makan dengan harga mahasiswa. Berada di area GOR Klebengan, Depok, Sleman, angkringan ini selalu ramai oleh pembeli. Makanan yang khas dari Angkringan Pak Panut adalah sego kucing (nasi kucing), sambal ikan teri, oseng-oseng, aneka gorengan, aneka sate, dan aneka minuman. Tak hanya enak, harganya pun sangat murah. Hanya dengan Rp. 10.000,00, Anda dapat mencicipi nasi kucing, sambal teri, gorengan, dan segelas minuman

7. SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC atau Sego Pecel Bu Wiryo, menjadi tempat makan legendaris di Jogja. Tempat makan harga mahasiswa ini berada di Jl. Mataram, depan Fakultas Peternakan UGM. Buka setiap hari, mulai pukul 07.30 WIB, SGPC menawarkan seco pecel (nasi pecel) dengan porsi besar dengan harga sekitar sembilan ribu rupiah.

Sebenarnya masih banyak tempat makan harga mahasiswa di Jogja. Hal itu, karena harga makanan di Jogja memang relatif lebih murah daripada di kota-kota lain. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak ulasan lainnya mengenai wisata di Kabupaten Kulon Progo. Selamat menikmati!