+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Jogja yang menjadi tujuan wisata budaya dan juga wisata alam memiliki destinasi wisata berbasis alam salah satunya adalah objek wisata Taman Sungai Mudal. Objek wisata yang belum lama berdiri ini menjadi tujuan wisatawan lokal yang penasaran dengan pemandangan disana. Mungkin nama Taman Sungai Mudal belum begitu populer di telinga para pecinta wisata.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi maka berita tentang adanya tempat wisata yang baru semakin mudah tersebar. Salah satu meningkatnya kunjungan wisata yang masih baru di pengaruhi oleh banyaknya para netizen yang menyebarkan foto tempat wisata tersebut di jejaring sosial. Selain itu berkembangnya usaha penunjang wisata seperti jasa sewa mobil di Jogja juga sangat berpengaruh dalam meningkatnya kunjungan wisatawan.

Lokasi Wisata Alam Indah Taman Sungai Mudal

Objek wisata Taman Sungai Mudal merupakan objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo, kira-kira sekitar 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta jika menggunakan kendaraan pribadi. Tempat wisata ini merupakan kolam pemandian yang airnya selalu terlihat jernih dengan warna biru toska yang indah.

Taman Sungai Mudal
Air terjun Taman Sungai Mudal yang menjadi spot terbaik selfie. Sumbe IG @tamansungaimudal

Dengan jarak yang tidak begitu jauh sekitar 30an kilometer dari Jogja anda dapat ke destinasi wisata Taman Sungai Mudal dengan menyewa kendaraan di persewaan mobil Jogja atau bisa juga dengan kendaraan pribadi. Dengan dibukanya bandara baru Jogja yang ada di Kulonprogo tentu saja menambah kemudahan akses wisatawan yang berasal dari luar kota Jogja.

Ekowisata ini merupakan tempat yang pas bagi Anda penikmat wisata air, memiliki jiwa petualang, dan sekaligus ingin mempelajari ilmu alam. Wisata ini diberi nama sebagai Taman Sungai Mudal dikarenakan air yang ada di kolam ini berasal dari mata air mudal dan juga keadaan di sekitar kolam dibuat sedemikian rupa seperti taman, dimana orang-orang dapat berkumpul dan menikmati keindahan alam.

Awal Dibukanya Taman Sungai Mudal

Masyarakat pedesaan yang masih memiliki jiwa gotong-royong pada umumnya melakukan kerja bakti bersih bersih desa secara berkala. Tempat yang dibersihkan biasanya adalah sungai, jalan desa dan juga fasilitas umum. Tempat rekreasi ini berawal dari inisiatif warga setempat yang biasanya selalu melakukan gerakan bersih-bersih di mata air dan bantaran aliran sungai Mudal.

Kegiatan kerja bakti ini sudah dimulai sejak tahun 2011 oleh masyarakat Banyuganti. Karena adanya kegiatan kerjabakti, maka masyarakat menjadi sering menyambangi tempat tersebut. Masyarakat mulai menyadari potensi yang bisa dijadikan area wisata yang berupa air terjun, kolam pemandian, dan pemandangan pegunungan yang indah.

Pesona Keindahan Wisata Taman Sungai Mudal

Wisata air ini sangat membantu perekonomian warga sebagai tempat wisata dan rekreasi, selain itu Taman Sungai Mudal juga masih menjadi sumber irigasi untuk sawah-sawah yang ada disekitarnya dan konsumsi air bersih untuk warga sekitar. Spot menarik yang ada di sana adalah air terjun yang berlokasi sekitar 95 meter. 

Air terjun yang ada di sekitar tempat wisata tersebut adalah Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang karakteristiknya hampir mirip satu dan yang lainnya. Beberapa diantaranya yaitu Bendung Pule, Kedung Luweng, Kedung Wong, Kedung Rempelas, Kedung Dowo, Kedung Gedoya, dan Kedung Awar-Awar.

Kolam untuk pemandian dan berenang berada di area Kedung Gedoya. Terdapat kolam yang pas untuk anak-anal dengan kedalaman kurang lebih 1-1,5 meter dan kolam yang lebih dalam dengan kedalaman 1,5-2 meter. Kolam pertama untuk bermain dan berenang anak-anak berukuran 7×11 m2 sementara ukuran kolam kedua yaitu 7×10 m2.

Disarankan bagi Anda untuk mengabadikan foto saat pagi hari atau sore hari saat berada di kolam. Hasil foto tersebut akan lebih terlihat menarik dan bagus, karena air jernih yang berada di kolam akan bertemu dengan sinar matahari dari samping, sehingga terlihat lebih indah.

Fasilitas di Taman Sungai Mudal

Pengelola tempat wisata juga telah berusaha untuk menyediakan fasilitas selengkap mungkin agar wisatawan semakin nyaman dan puas saat berkunjung ke tempat wisata dan rekreasi ini. Fasilitas umum yang ada misalnya kamar mandi, mushola, kamar ganti, dan warung makan. Tempat wisata ini sudah memiliki bebeapa gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Menariknya, tempat wisata ini menyediakan akses internet gratis. Fasilitas WiFi ini diberikan dengan tujuan agar wisatawan lebih mudah untuk mengunggah foto-foto ke akun media sosialnya. Harapannya Ekowisata Taman Sungai Mudal ini akan semakin dikenal oleh masyarakat secara luas. Di sini juga tersedia penyewaan pelampung bagi Anda yang tidak mahir berenang, namun ingin bermain air.

Secara bertahap pengelola wisata mulai membangun banyak fasilitas untuk mendukung kegaiatn outdoor agar dapat mengundang banyak pengunjung. Beberapa aktivitas outdoor yang tersedia adalah flying fox, river tubing, dan kawasan untuk berkemah. Harga yang ditawarkan untuk berbagai aktivitas tersebut juga pas tidak terlalu mahal dan masih bisa dijangkau oleh banyak kalangan masyarakat.

Taman Sungai Mudal
Keindahan Taman Sungai Mudal mulai dikenal luas. Sumber IG @tamansungaimudal

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Taman Sungai Mudal yang ada di Kulonprogo. Dengan hadirnya tempat wisata baru di tiap kabupaten di Jogja diharapkan dapat menambah pemasukan di daerahnya masing-masing sehingga taraf hidup masyarakat sekitar juga meningkat.

 Jika anda berkesempatan mengunjungi destinasi wisata Taman Sungai Mudal jangan lupa mampir juga di obyek wisata lainnya di Kabupaten Kulonprogo. Salah satu destinasi terdekat dari Taman Sungai Mudal adalah obyek wisata air terjun Kedung Pedut yang juga tak kalah indah. Dan percayakan transportasi wisata anda kepada jasa sewa mobil wisata Jogjacar.