+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Kulonprogo dengan Wates sebagai ibukota kabupatennya tak kalah dengan geliat wisatanya. Mulai dari wisata pantai seperti Pantai Glagah atau wisata alam seperti curug Sidoharjo yang berada di pegunungan Menoreh. Wisata curug sendiri selain curug Sidoharjo juga ada Air Terjun Kedung Pedut.

Air Terjun Kedung Pedut adalah salah satu tempat wisata yang berada di Yogyakarta bagian barat yang menawarkan keindahan alam yang masih alami dan asri. Tepatnya wisata ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata untuk Anda yang ingin menikmati keasrian alam Jogja.

Wisata Kedung Pedut
Air yang kernih di Kolam Air Terjun Kedung Pedut. Sumber IG @kedungpedut

Wisata ini pertama kali dibuka pertama kali pada awal 2015, oleh warga sekitar yang tinggal disana wisata ini disebut sebagai water park alami yang ada di daerah Yogyakarta. Kedung Pedut adalah sebuah kolam yang memiliki ukuran yang sangat besar dan terbentuk secara alami dengan sumber air yang berasal dari Air Terjun Kedung Pedut.

Perjalanan Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, Anda memerlukan perjuangan. Anda perlu mendaki dan menuruni perbukitan, karena memang letak air terjun ini berada di antara bebatuan yang ada di Pegunungan Menoreh. Selain itu, akses jalan yang dilalui juga belum terlalu bagus, ada beberapa jalan beraspal yang berada dalam kondisi rusak atau dalam perbaikan.

Walaupun perjalanannya cukup berat, di sepanjang jalan yang dilalui Anda akan melihat pemandangan alam yang indah dan memukau, seperti daerah pesawahan hijau yang menghampar luas serta deretan tebing yang eksotis. Selain itu, di sepanjang perjalanan Anda akan melalui sejumlah objek wisata lainnya, misalnya Gunung Lanang, Gunung Kiskendo, dan Gunung Seplawan.

Setelah Anda berjalan naik turun, Anda masih harus melintasi hutan dengan lama perjalanan kira-kira 20 menit. Namun, perjalanan tersebut akan terasa mengasyikkan, karena tidak tiap hari Anda dapat merasakan dan menikmati keindahan alam yang masih sejuk dan asri. Setelah sampai di lokasi, Anda akan disambut oleh beberapa kolam air atau dalam bahasa Jawa disebut kedung yang airnya jernih.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Pedut

Daya tarik dari air terjun ini adalah warna air yang memiliki dua warna, yaitu warna hijau tosca dan warna putih. Warna yang terlihat di air terjun ini bisa jadi terjadi karena adanya pengaruh bebatuan dasar sungai yang larut secara perlahan, sehingga lama kelamaan mengubah warna air seperti sekarang ini.

Secara keseluruhan di area wisata ini, terdapat 5 kedung atau kolam, yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merang, dan Kedung Merak. Kelima kolam tersebut memiliki kedalaman yang berbeda, yaitu 2-5 meter dalamnya. Pengunjung juga diperbolehkan untuk mandi di dalam kolam. Jika Anda ingin merasakan kesegaran airnya, maka cobalah untuk mandi di kolam.

Menariknya, kolam air yang ada disini terlihat tersusun secara rapi dan memiliki warna air yang berbeda di setiap kolamnya. Anda juga dapat menikmati keindahan Kedung Pedut ini dari gardu pandang yang berada di ketinggian dan memang disediakan oleh warga sekitar untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan Air Terjun Kedung Pedut ini secara keseluruhan dari ketinggian.

Sebagai tempat wisata, tentu saja sudah terdapat beberapa fasilitas umum di tempat wisata ini, walaupun tergolong masih sederhana namun tetap sangat memudahkan wisatawan. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini, seperti mushola, toilet, warung makan, dan jembatan dari bambu. 

Fasilitas lainnya yang ada adalah beberapa tempat duduk untuk beristirahat, gardu panangm dan pancuran unik yang dibuat dari bambu. Tiket masuk ke objek wisata ini juga tergolong sangat murah ditambah dengan biaya parkir untuk kendaraan Anda.

Air Terjun Kedung Pedut
Air terjun kedung pedut yang indah. Sumber IG @kedungpedut

Karena letaknya lumayan jauh dari pusat kota Jogja maka untuk memudahkan akses kesana akan lebih baik menggunakan jasa sewa mobil Jogja yang ada di kota Jogja. Sebagai kota wisata di Jogja banyak bertebaran jasa yang mendukung kemajuan pariwisata salah satunya jasa sewa mobil Jogja. Maka anda tidak perlu khawatir ketika berwisata di Jogja karena berbagai fasilitas untuk berwisata tersedia.