Jogja memiliki sederet pantai-pantai eksotis yang berlokasi di daerah bagian selatan Jogja tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Beberapa pantai terkenal dan eksotis diantaranya adalah Pantai Indrayanti, Pantai Ngrenehan, Pantai Siung dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya. Untuk Anda yang sangat menyukai pantai, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul ini. Tetapi jangan lupa untuk membawa perlangkapan wisata pantai agar lebih nyaman dan aman ketika bermain-main di pantai.

Persiapan untuk berwisata sebaiknya juga dipersiapkan dengan baik. Dengan persiapan dengan baik, kita bisa benar-benar merasakan manfaat wisata dengan maksimal. Tidak semua tempat wisata sama sehingga kebutuhan perlengkapan yang dibawa pun akan berbeda-beda. Tidak terkecuali dengan wisata pantai. Tentunya perlengkapan dan persiapan yang harus dilakukan akan berbeda dengan wisata ke alam hutan, wisata ke desa atau wisata ke pusat perbelanjaan. Nah, untuk membantu Anda, redaksi sewa mobil wisata Jogja akan mengulas perlengkapan apa saja yang disarankan untuk dibawa untuk berwisata di pantai.

Perlengkapan Wisata Pantai

Berwisata di pantai memberikan sensasi yang berbeda dengan berwisata ditempat-tempat lainnya. Pada umumnya, wisata ke pantai yang dilakukan saat musim panas dan memerlukan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan berjalan-jalan di kota. Jika ingin bermain air laut atau berenang dan melakukan olahraga air lainnya, air laut adalah air asin yang tentu saja memberikan efek yang berbeda dibandingkan bermain air di obyek wisata alam sungai, air terjun atau yang sejenisnya yang airnya tawar. Serta banyak pertimbangan lainnya yang membuat kebutuhan perlengkapan wisata pantai akan berbeda dengan lokasi wisata lainnya. Nah, apa saja sih perlengkapan yang disarankan untuk dibawa saat berwisata ke pantai? Berikut ulasannya.

Ilustrasi Perlengkapan Wisata Pantai, sumber ig pickpacker_
Ilustrasi Perlengkapan Wisata Pantai, sumber ig @pickpacker_

1. Pakaian Ganti

Tentu saja ketika menuju tempat wisata manapun kita sudah memakai pakaian yang nyaman. Namun untuk wisata ke pantai, usahakan memakai pakaian ganti yang khusus dipakai selama dipantai. Kondisi yang sudah pasti biasanya pakaian ini akan bersinggungan langsung dengan pasir pantai dan air laut. Setelah selesai bermain Anda bisa menggantinya dengan pakaian ketika menujun tempat wisata sehingga akan lebih nyaman.

2. Makanan dan Minuman

Karena normalnya dalam keadaan terik matahari yang cerah, bawalah makanan dan minuman untuk menikmati wisata pantai Anda dengan lebih berenergi. Paling tidak bawalah minuman karena pasti bermain di pantai akan menguras cairan tubuh sehingga dapat segera tergantikan. Awali dan akhiri wisata pantai Anda dengan asupan yang cukup.

3. Sunscreen

Bagi beberapa yang sudah terbiasa dengan terik matahari, bermain di pantai tanpa memakai lotion atau sunscreen tidak akan memberikan masalah pada kulitnya. Namun apa salahnya untuk tetap melindungi kulit dengan sunscreen agar tidak menyebabkan masalah selama bermain di pantai atau seusai bermain di pantai dengan cuaca cerah yang terik.

4. Sandal Pantai

Gunakan sandal khusus selama Anda bermain di pantai. Sebagaimana keadaan yang sudah digambarkan sebelumnya, Anda akan berinteraksi dengan pasir dan air asin. Selain itu gunakan sandal yang sangat fleksibel untuk bermain-main di pantai, bukan sandal acara atau sandal yang membuat Anda tidak nyaman untuk menikmati permainan-permainan yang ada di pantai.

5. Gadget

Kalau perlengkapan yang satu ini, adalah perlengkapan untuk tetap eksis atau mengabadikan momen-momen indah selama berwisata. Tentu saja pemandangan pantai juga indah untuk dipotret dan menghiasi akun-akun pribadi media sosial Anda. Tetapi perlu perhatian khusus agar gadget yang Anda bawa aman dan tidak hilang atau kejadian lainnya yang tidak diharapkan.

6. Perlengkapan Lainnya

Tentu saja ada kebutuhan khusus bagi sebagian orang untuk menikmati aktivitas wisatanya. Kebutuhan khusus yang dimaksud seperti obat-obatan, alat bantu dan kebutuhan-kebutuhan khusus lainnya sesuai dengan kondisi Anda masing-masing agar berwisata di pantai tetap bisa mengasyikkan dan menghibur Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa perlengkapan wisata pantai yang disarankan untuk dibawa agar wisata Anda menjadi lebih menghibur dan mengasyikkan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana wisata Anda. Simak ulasan wisata dan tips-tips lainnya di Jogjacar.com. Selamat menikmati wisata Anda!