Wisata pantai Jogja tidak kalah dengan daerah-daerah pantai lainnya yang ada di Indonesia. Letak geografis Jogjakarta yang berada di bagian selatan Indonesia yang bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia membuat pantai-pantai bagian selatan Jogjakarta sangat indah dan eksotis seperti pantai Ngrenehan Jogjakarta. Wajar saja jika pantai-pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada hari-hari libur. Setiap pantai memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing. Para wisatawan tinggal memastikan pantai yang akan dikunjungi.

Salah satu diantara banyak pantai di Jogjakarta khususnya di bagian selatan Jogja adalah Pantai Ngerenehan. Meskipun tidak seterkenal pantai-pantai lainnya seperti Parangtritis, Nglambor,Indrayanti dan pantai-pantai lainnya, pantai ini menjadi terkenal karena keunikan tersendiri. Letak pantai, kondisi sekitar, kegiatan yang bisa dinikmati dan lokasi yang mudah diakses membuat sebagian wisatawan menjadikan Pantai Ngerenehan menjadi lokasi tujuan untuk berwisata bahari. Selain itu, wisatawan juga diberi kemudahan dengan fasilitas wisata yang terdapat di Jogjakarta untuk mengakses berbagai lokasi wisata dengan mudah seperti paket wisata Jogja, rental mobil Jogja, tempat menginap dan lain-lain. Berikut ini informasi selengkapnya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Wisata Pantai Ngrenehan Jogja, sumber ig ariusdianari
Wisata Pantai Ngrenehan Jogja, sumber ig @ariusdianari

Pantai Ngrenehan terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya berdekatan dengan pantai lainnya seperti Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Untuk berwisata ke Pantai Ngrenehan Anda tidak perlu bingung. Karena pantai ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi hingga bus pariwisata. Kondisi jalanan pun relatif aman untuk dilewati menggunakan kendaraan.

Untuk menuju ke Pantai ini dari Jogjakarta Anda bisa mengarah ke selatan melewati Jalan Wonosari. Sesampainya di Kota Wonosari yaitu ibukota Kabupaten Gunung Kidul, menuju pertigaan gading mengarah ke Playen. Dari Playen perjalanan dilanjutkan lagi hingga sampai ke desa Kanigoro dan bertemu dengan petunjuk jalan ke Pantai Ngrenehan.

Wisata Pantai Ngrenehan Jogja

Pantai Ngrenehan terkenal sebagai pantai yang nyaman untuk dinikmati karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Pantai ini diapit oleh dua bukit karang yang menjadikan pantai ini tidak secara langsung terhubung dengan Laut Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Sehingga jika diperhatikan secara keseluruhan pantai ini bagaikan teluk cekung. Pantai ini juga menarik untuk dijadikan spot foto karena menyajikan keindahan dari berbagai sisi yaitu dua bukit karang, Laut Selatan dan kapal-kapal nelayan karena berbatasan langsung dengan kampung nelayan.

Dengan keberadaannya, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai, berenang, piknik, memancing, berfoto ria dan aktivitas-aktivitas lainnya. Bahkan dengan banyaknya aktivitas nelayan di sini, dijajakan pula ikan segar yang bisa disantap dengan biaya tertentu. Atau Anda bisa membawa pulang ikan-ikan segar tersebut dengan membelinya di pelelangan ikan setempat. Selain itu biaya masuk pantai ini adalah Rp. 5.000/orang dan parkir berkisar Rp. 2.000-Rp. 10.000.

Pantai Ngrenehan Jogja, sumber ig abdugp
Pantai Ngrenehan Jogja, sumber ig @abdugp

Dari sekian banyak pantai-pantai di pesisir selatan Jogjakarta, tidak semuanya bisa begitu saja dinikmati dengan berenang atau aktivitas permainan air lainnya. Kebanyakan pantai-pantai di selatan Jogja ini merupakan pantai berombak besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Namun bukan berarti tidak bisa dinikmati sama sekali, Anda tetap bisa menikmati wisata pantai Jogja ini pada pantai-pantai tertentu salah satunya Pantai Ngrenehan ini. Karena itu bawalah segala perlengkapan untuk wisata di pantai dan jagalah diri Anda dan keluarga. Karena tidak ada salahnya untuk tetap waspada dimanapun kita berada.

Nama : Pantai Ngerenehan
Alamat : Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Jogjakarta
Peta : https://goo.gl/maps/RwHBE1ppzrQ2

Demikian ulasan mengenai informasi wisata pantai Jogja yaitu Pantai Ngrenehan. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menjadi tambahan informasi serta bisa menjadi rencana berliburan Anda selanjutnya. Jangan lupa untuk terus menyimak ulasan mengenai informasi-informasi dan tips-tips wisata khususnya untuk area Jogjakarta dan sekitarnya di halaman Jogjacar.com. Selamat menikmati wisata Anda.