Jogja memang daerah yang terkenal di Indonesia baik dari kalangan lokal hingga mencanegara. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti daya tarik wisata, pusat kebudayaan daerah dan banyaknya universitas dan faktor-faktor lainnya. Terkenal sebagai kota pelajar, di Jogja banyak berdiri sekolah-sekolah serta kampus-kampus yang menarik seluruh penduduk usia pelajar. Tercatat bahwa penduduk berusia pelajar dan mahasiswa di Jogja bisa lebih dari setengah jumlah penduduk secara keseluruhan. Dengan banyaknya sekolah dan kampus, banyak pengunjung-pengunjung study tour yang melakukan kunjungan ke Jogja. Mereka datang untuk mencari informasi terkait institusi pendidikan yang menjadi target mereka, juga untuk mengunjungi tempat-tempat yang sarat dengan edukasi seperti museum, lokasi wisata dan tempat bersejarah dengan membawa perlengkapan study tour mereka.

Menjadikan Jogja sebagai tujuan study tour memang pilihan yang tepat. Banyak fasilitas-fasilitas daerah serta sarana-sarana maupun lingkungan yang memang sesuai untuk bisa dimanfaatkan oleh para pelajar dan mahasiswa, disamping untuk kalangan lainnya. Maka, dibandingkan hanya sekedar berwisata di Jogja dan jalan-jalan, study tour adalah aktivitas yang cocok untuk dilakukan di Jogja. Tetapi, kebutuhan perlengkapan study tour tentu saja berbeda dibandingkan hanya sekedar berwisata atau jalan-jalan.

Perlengkapan Study Tour Yang Penting dan Praktis

Study tour adalah aktivitas yang berbeda dibandingkan dengan berliburan, berwisata ataupun jalan-jalan. Study tour lebih kepada perjalanan yang pasti tempat tujuan dan agenda-agendanya. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan study tour yang penting namun tidak menyulitkan untuk dibawa. Jangan sampai perjalanan study tour Anda kesulitan akibat banyaknya barang bawaan. Nah, berikut ini beberapa perlengkapan study tour yang penting dan praktis untuk dibawa :

Uang Saku Perlengkapan Study Tour, sumber ig lifestyle_kazaf
Uang Saku Perlengkapan Study Tour, sumber ig @lifestyle_kazaf

1. Uang Saku

Uang saku jelas menjadi kebutuhan utama. Bisa saja Anda berangkat study tour dengan tanpa membawa peralatan tertentu dan kemudian bisa dibeli pada saat perjalanan dengan uang saku Anda. meski begitu, bawalah uang saku yang pas dengan perkiraan rencana study tour Anda. Jangan sampai kekurangan atau terlalu banyak sehingga Anda akan khawatir selama perjalanan study tour. Kekhawatiran ini tentu saja akan mengurangi keceriaan Anda.

2. Pakaian

Bawalah pakaian seperlunya. Pastikan pakaian tertentu yang selalu perlu diganti dan pakaian yang bisa dipakai beberapa kali. Bawalah pakaian lebih untuk pakaian yang perlu diganti namun tetap sesuai dengan perkiraan pemakaian selama aktivitas study tour berlangsung. Untuk pakaian yang bisa dipakai beberapa kali, di sini Anda bisa mengatur efisiensi. Dengan membawa pakaian dengan jumlah yang sesuai kebutuhan, Anda akan nyaman selama perjalanan study tour.

3. Gadget

Gadget disini adalah seputar alat komunikasi dan dokumentasi. Alat komunikasi biasanya adalah handphone sedangkan untuk dokumentasi adalah kamera. Jika Anda memiliki handphone dengan kamera yang mumpuni, tentu lebih efisien untuk tidak membawa kamera tambahan. Karena tujuan study tour sendiri bukanlah mengabadikan seluruh pemandangan. Tetapi Anda juga tetap bisa mengatur agar kamera bisa tetap dibawa dengan perlengkapan berupa tas yang flexible yang menjadikan kamera serta handphone bisa selalu Anda bawa dimanapun. Karena di sini juga harus diperkirakan faktor keamanan selain faktor kenyamanan.

4. Ransel Proporsional

Bawalah ransel yang proporsional dengan rencan study tour Anda. Kadangkala perjalana study tour bisa dilakukan seharian. Tetapi bagaimana jika perjalanannya berhari-hari? Maka tentukan agar seluruh barang kebutuhan Anda tetap bisa dalam kendali Anda. Dengan membawa ransel yang besar misalnya, Anda tidak perlu memegang tas tambahan sehingga Anda lebih fleksibel dalam pergerakan. Jika hanya untuk perjalanan seharian, Anda cukup membawa tas yang simpel tidak terlalu besar. Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh, bawalah tas tambahan sebagai backup. Namun pastikan seefisien mungkin karena yang penting study tour Anda tetap berjalan lancar.

5. Makanan Ringan

Makanan ringan ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa keadaan. Misalnya pada saat menunggu. Anda bisa mengisi perut agar tetap bertenaga dan menikmati study tour Anda. Juga pada saat dalam perjalanan panjang. Tentu saja makanan ringan bisa bermanfaat. Selain itu, makanan ringan juga bisa menjadi back up untuk keadaan tertentu yang membuat Anda membutuhkan makanan dengan segera. Disarankan untuk membawa makanan ringan yang awet untuk beberapa hari tetapi nyaman dikonsumsi. Karena jika akibat memakan makanan Anda harus mencari toilet terus menerus, hal ini tentu saja membuat Anda tidak nyaman.

Perlengkapan Study Tour, sumber ig vickiyulianto
Perlengkapan Study Tour, sumber ig @vickiyulianto

6. Obat-obatan

Obat-obatan adalah penting bagi Anda yang memang memiliki kebutuhan khusus. Maka jangan sampai lupa sehingga Anda harus berhenti di penginapan akibat kondisi yang tidak memungkinkan mengikuti aktivitas study tour. Selain itu, obat-obatan tertentu memang menjadi persediaan untuk menghadapi kondisi yang mendadak seperti minyak angin, obat muntah, obat pusing dan beberapa obat yang biasa dipersiapkan untuk pertolongan pertama. Untuk membawanya, tentu saja obat-obatan ini harus dibungkus khusus atau ditempatkan pada tempat yang aman pada barang-barang bawaan Anda.

7. Alat Tulis

Meskipun sudah terdapat gadget, namun membawa alat tulis memiliki manfaat tersendiri. Gadget yang membutuhkan power, mengharuskan Anda untuk menggunakanya secara efisien dibandingkan alat tulis yang bisa digunakan langsung. Sehingga untuk beberapa catatan, menggunakan alat tulis bisa menghemat daya pada penggunaan gadget karena gadget diutamakan untuk komunikasi dan dokumentasi yang lebih banyak membutuhkan daya.

8. Power Bank

Power bank sudah menjadi selayaknya gadget tambahan. Karena alat ini menjadi pelengkap bagi gadget Anda yang selalu membutuhkan daya dimana sumber daya listrik pada lokasi study tour atau obyek wisata tentu saja terbatas. Maka membawa power membuat Anda lebih leluasa dan efisien dalam memanfaatkan gadget untuk aktivitas study tour Anda.

9. Peralatan Mandi Sekali Pakai

Bawalah peralatan mandi sekali pakai. Karena lebih ekonomis dan tentu saja menghemat barang bawaan setelah peralatan mandi ini terpakai. Saat ini sudah tersedia banyak alat mandi beserta kebutuhan mandi yang diproduksi dalam ukuran ekonomis yang bermanfaat untuk aktivitas perjalanan Anda.

10. Pelindung Dari Hujan/Air

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dan Anda harus membawa barang-barang kebutuhan selama beraktivitas dalam perjalanan study tour, Anda akan membutuhkan pelindung dari hujan. Misalnya saja pada gadget yang nota bene barang elektronik. Tentu saja membutuhkan pelindung dari hujan atau air yang mengakibatkan kebasahan bahkan kerusakan. Secara keseluruhan perlengkapan study tour yang penting untuk Anda bawa memerlukan perlindungan dari kebasahan.

Demikian ulasan mengenai perlengkapan study tour yang penting dan praktis untuk dibawa selama beraktivitas dalam perjalanan study tour. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah koleksi informasi traveling Anda. Simak terus ulasan khas sewa mobil Jogja di halaman jogjacar.com.