Jogja adalah satu daerah lokasi wisata terkenal yang ada di Indonesia. Di sini terdapat banyak sekali lokasi obyek wisata yang bisa didatangi. Dengan banyaknya lokasi wisata yang ada, tersebar di seluruh wilayahnya, terkadang membuat para wisatawan bingung untuk memilih obyek mana yang akan dikunjungi selama berliburan di Jogja. Namun jika diperhatikan, banyak rute obyek wisata yang searah yang bisa menjadi patokan untuk dikunjungi dalam waktu yang terbatas. Dengan begitu, para wisatawan bisa dengan mudah merencanakan lokasi-lokasi wisata yang akan dikunjungi.

Jenis-jenis wisata di Jogja juga beragam, seperti obyek wisata belanja, wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah termasuk wisata kuliner. Banyaknya jenis wisata ini membuat para wisatawan ingin mengunjungi beberapa tempat dalam waktu yang singkat atau terbatas. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan beragam fasilitas wisata yang ditawarkan. Banyak jasa di Jogja yang menyediakan fasilitas diantaranya paket wisata Jogja, sewa mobil Jogja, sewa motor, rental bus pariwisata, penginapan juga hotel dan fasilitas wisata lainnya. Dengan memanfaatkan jasa-jasa dan fasilitas ini, berkunjung ke lokasi target wisata bisa menjadi lebih efisien. Nah, berikut ini kami pilihkan untuk Anda obyek wisata dengan rute searah yang bisa Anda masukkan dalam agenda wisata Anda.

Obyek Wisata Searah di Jogja

Banyak obyek wisata rute searah di Jogja. Obyek wisata ini dapat Anda kunjungi dalam satu jalur sehingga bisa mempermudah untuk mengatur waktu, memesan kendaraan, memastikan lokasi penginapan atau hotel serta kemudahan-kemudahan lainnya. Berikut ini obyek wisata searah yang berada di sekitar kota Jogja rekomendasi kami :

Tugu Jogja
Tugu Jogja

1. Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan spot wisata yang menjadi landmark-nya Jogja. Di sini terdapat monumen tugu yang khas bergaya arsitektur Jogja masa lampau serta bangunan-bangunan di sekitarnya yang juga bergaya Eropa. Di sini juga terdapat stasiun terbesar yang ada di Jogja yaitu Stasiun Tugu. Di sini biasanya para wisatawan biasanya berfoto, menginap di hotel-hotel yang ada di sekitarnya, menikmati tempat-tempat kulinernya dan aktivitas lainnya.

2. Malioboro

Malioboro merupakan nama sebuah jalan di pusat Kota Jogja yang didalamnya penuh keunikan dan daya tarik budaya Jogja. Terdapat juga beberapa bangunan tua, namun yang paling menarik adalah lokasi belanjanya yang berada di area pejalan kaki. Selain juga terdapat gedung dan toko-toko pusat perbelanjaan, para wisatawan juga tetap melakukan tawar-menawar pada lapak-lapak yang ada di area pejalan kaki yang menjajakan barang-barang yang unik khas Jogja. Selain itu di sekitar jalan ini juga terdapat banyak tempat kuliner yang juga khas terutama pada malam hari serta hal-hal lainnya yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Para wisatawan di sini melakukan aktivitas belanja dan berfoto di banyak spot-spot yang unik yang ada di area Jalan Malioboro.

3. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo, sumber ig anggaprdtama
Pasar Beringharjo, sumber ig @anggaprdtama

Pasar Beringharjo merupakan sebuah spot pusat perbelanjaan paling khas dan tradisional di Jogja serta yang tertua. Seluruh yang berhubungan dengan ciri khas Jogja dijajakan di sini seperti batik, blangkon, baju dan celana, aksesoris dan lain-lain. Pasar ini selalu ramai dengan pengunjung dan buka mulai dari pagi hingga sore hari.

4. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg yang saat ini telah menjadi museum adalah saksi sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajahan Belanda. Benteng ini awalnya didirikan sebagai pengawas aktivitas keraton Jogja yang berjarak hanya satu peluru meriam. Dengan keberadaannya yang bersejarah, bangunan benteng ini juga unik bergaya khas bangunan Eropa atau Belanda dan pada museumnya terdapat diorama yang menceritakan perjuangan Indonesia melawan penjajahan Belanda.

Jalan Malioboro, sumber ig homestaykenari190
Jalan Malioboro, sumber ig @homestaykenari190

5. Alun-alun Lor

Alun-alun Lor atau Alun-alun Utara adalah bangun keraton yang paling utara yang menjadi pusat pelaksanaan acara-acara kebudayaan di Jogja. Pada hari-hari biasanya, Alun-alun Lor dipakai untuk tempat bermain dan bersantai. Namun suasananya khas, karena dikelilingi oleh bangunan-bangunan keraton yang dua pohon beringin besar yang menjadi ciri khas Alun-alun Keraton Jogja.

6. Masjid Gedhe Kauman

Disebelah barat Alun-alun Lor, terdapat Masjid Gedhe Kauman yang bersejarah menjadi pusat kegiatan keagamaan Keraton Jogja sebagai pemerintahan kesultanan Islam di Jogja. Bangunannya juga khas dan sering menjadi lokasi perayaan atau pameran akbar Jogja.

Taman Sari, sumber ig olgalegall
Taman Sari, sumber ig @olgalegall

7. Taman Sari

Taman Sari adalah lokasi pemandian Sultan Jogja bersama dengan permaisurinya. Taman Sari merupakan kolam yang bentuknya khas dan tentu saja Indah. Disekelilingnya juga terdapat segmen-segmen bangunan yang juga tidak kalah Indahnya dan banyak dijadikan sebagai lokasi berfoto oleh para pengunjung. Taman Sari selalu ramai terutama pada hari-hari libur.

8. Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul merupakan perbatasan area keraton bagian selatan. Alun-alun kidul cocok untuk dijadikan tempat bermalam karena selain bentuknya yang khas dan tidak jauh berbeda dengan Alun-alun Lor, pada malam hari tempat ini menjelma menjadi wahana banyak permainan dan kuliner. Tempat ini selalu ramai dan tidak disarankan untuk sekedar melintas menggunakan kendaraan karena kepadatannya. Tempat ini dinikmati dengan memarkir kendaraan di luar area alun-alun dan berjalan kaki menikmati banyak wahana permainan yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Alun-Alun Kidul Jogja, sumber ig destinasinusantara
Alun-Alun Kidul Jogja, sumber ig @destinasinusantara

Demikian beberapa obyek wisata yang searah di area Kota Jogja yang bisa Anda nikmati. Normalnya bisa dinikmati selama seharian. Namun tentu saja sesuai dengan selera Anda. Semoga informasi ini bisa menghibur dan bermanfaat untuk merencanakan liburan Anda. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata Jogja di halaman jogjacar.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda!