Indonesia memiliki banyak sekali tujuan wisata. Daerah yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan tersebar mulai dari sebelah barat hingga timur Indonesia. Beberapa yang terkenal adalah Bali, Lombok, Jogjakarta, Jakarta serta kota-kota lainnya.

Jogjakarta identik dengan obyek wisata budayanya yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi di Jogjakarta juga memiliki obyek wisata alam yang tak kalah indahnya yaitu wisata alam Pantai Jogan. Pantai Jogan memiliki daya tarik tersendiri , sehingga banyak wisatawan baik mancanegara maupun domestik pergi mengunjunginya. Uniknya di Pantai Jogan para pengunjung dapat menikmati pemandangan langka, yakni adanya air terjun yang langsung bermuara ke lautan.

Review Pantai Jogan, Jogja

Daerah selatan Jogjakarta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Banyak pantai-pantai berombak besar, memiliki pemandangan indah nan eksotis yang tidak kalah dengan Bali dan Lombok. Keberadaan pantai-pantai eksotis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Meski banyak pantai-pantai yang belum terjamah dan sulit dilalui, namun daya tarikna tetap menggiurkan untuk dikunjungi. Berikut ini merupakan beberapa hal pada obyek wisata Pantai Jogan Jogjakarta yang perlu diketahui.

Di manakah Pantai Jogan?

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Pantai ini lokasinya dekat dengan Pantai Siung, yang juga sama – sama indah dan terkenal lebih dahulu. Rute perjalanan menuju ke pantai ini sama dengan Pantai Siung. Pada umumnya perjalanan berkisar 70 kilo meter ditempuh kurang lebih selama 2 jam dari pusat kota Jogjakarta.

Pantai Jogan, sumber ig @jogjakartaid

Perjalanan nantinya akan melewati jalanan yang berkelok – kelok karena wilayah yang dilewatinya adalah perbukitan. Dengan mengikuti jalur utama untuk menuju arah selatan Jogjakarta, wisatawan dapat berkendara menuju pertigaan Mulo. Kemudian, ambillah rute menuju Pantai Siung yang jaraknya berkisar 40 kilo meter lagi. Ikutilah jalan raya menuju ke Post Retribusi Pantai Siung. Jika Anda ragu, jangan khawatir. Sewa Mobil Jogja siap menemani perjalanan wisata Anda dan melayani untuk memberikan kenyamanan dalam berwisata.

Keistimewaan Pantai Jogan

Pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul ini bertipe tebing, maksudnya pada Pantai Jogan dihiasi tebing – tebing tinggi dan pada bagian bawah pantainya langsung berhadapan dengan lautan lepas. Uniknya ketika berada di Pantai Jogan, Anda mampu melihat panorama adanya air terjun setinggi 12 meter yang airnya langsung menuju ke lautan. Pemandangan langka ini jarang dijumpai pada pantai lainnya.

Air terjun yang indah itu bernama Air Terjun Tepus. Aliran airnya langsung tercurah ke lautan membuat harmonisasi alam yang sungguh sedap dipandang mata. Secara otomatis terjadi pertemuan antara air sungai yang tawar dengan air laut yang asin. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati guyuran air terjun, maka mereka harus menuruni anak tangga buatan warga yang terbuat dari kayu dan bambu. Tetapi jika air laut pasang sebaiknya jangan turun terlebih dahulu.

Hal yang istimewa dari Pantai Jogan ialah terdapat habitat ribuan kepiting bayi yang berukuran sekitar 5 milimeter. Fenomena ini tidak sering terjadi pada pantai lain, biasanya para warga memanfaatkannya untuk diolah menjadi makanan. Selain itu juga, para wisatawan dapat melihat sekelompok kupu – kupu pada sekitar tebing kering. Lantas dari atas tebing suasana indah pantai dapat terlihat jauh lebih istimewa. Ditambah lagi kita dapat mendengar deburan ombak yang dapat menenangkan hati. Karena tempatnya yang masih alami dan masih belum banyak orang yang berkunjung, jadi fasilitas yang terdapat di sana masih minim. Hanya ada tempat parkir sederhana dan beberapa warung makan serta minum. Pelayanan jasa tiketnya juga sederhana, kisaran harga yang harus dibayar sekitar tiga ribuan per orang.

Masih terdapat pantai-pantai lainnya dengan daya tarik masing-masing yang terdapat di Yogyakarta yang recommended untuk Anda. Semua ini merupakan keindahan alam dari Sang Pencipta untuk dinikmati dan disyukuri oleh manusia. Mari kita jaga bersama untuk kebaikan generasi yang akan datang. Demikianlah penjelasan singkat seputar Pantai Jogan. Semoga dapat menjadi informasi tambahan dan menjadi referensi berwisata bagi Anda. Simak informasi dan tips wisata Jogjakarta lainnya di halaman Jogjacar. Selamat berwisata!