+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Car Free Day Jogja – Kota kota besar di Indonesia saat ini gencar menyelenggarakan agenda Car Free Day. Tak terkecuali kota Jogja. Agenda Car Free Day adalah agenda sterilisasi salah satu ruas jalan dari kendaraan bermotor selama satu hari  atau setengah hari. Car Free Day biasanya di laksanakan di ruas jalan pusat kota. Jika di Jogja dilaksanakan di jalan Malioboro, jalan di pusat kota yang terdapat beberapa supermarket dan pasar Beringharjo tempat belanja dan wisata Jogja.

Car Free Day biasanya diselenggarakan pada hari Minggu atau hari Libur. Dengan adanya Car Free Day diharapkan masyarakat menggunakan ruas jalan yang disterilkan tersebut untuk berolahraga, berdagang, berekspresi dengan menampilkan pertunjukan seni dan sebagainya. Maka tak heran, ajang Car Free Day bisa menjadi tujuan wisata liburan masyarakat Jogja.

Benteng Vredeburg selatan Pasar Beringharjo. Ramai ketika CFD diselenggarakan. Sumber Flickr.

 Dengan mengunjungi Car Free Day maka anda akan mendapatkan suasana berbeda dari jalan yang biasanya padat dan macet oleh kendaraan bermotor menjadi jalan raya yang banyak lalu lalang orang dengan berjalan kaki. Apa yang dapat kita nikmati dari Car Free Day Jogja?

Yang bisa kita lakukan saat Car Free Day di Jogja

Ajang sosialisasi masyarakat Jogja

Jika setiap hari kita disibukkan dengan pekerjaan kita dan hanya bertemu dengan orang yang ada di lingkungan kerja kita, atau kita tiap hari hanya bisa berinteraksi dengan teman melalui gadget maka di Car Free Day Jogja kita bisa janjian dan bertemu di Car Free Day.  Disana kita bisa berinteraksi dengan masyarakat Jogja yang terkenal keramahannya.

Berolahraga dengan nyaman

Meskipun arena Car Free Day di Jogja hanya sebatas satu ruas jalan dan banyak orang yang mendatanginya, akan tetapi karena panjangnya ruas jalan maka akan cukup jika digunakan untuk joging ringan, bersepatu roda atau senam. Biasanya di Car Free Day akan ada kegiatan senam juga dan kita bisa bergabung di kegiatan senam yang di pandu instruktur tersebut. Jika ingin santai kita bisa sekedar jalan-jalan membakar kalori.

 Menikmati kuliner khas Jogja

Berlibur ke Jogja tentu jangan lupa menikmati kuliner Jogja. Di Car free Day Jogja akan banyak sekali pedagang makanan yang tersebar di pinggir jalan. Dengan berbagai menu disajikan mulai dari makanan ringan, makanan tradisional sampai makanan untuk makan besar seperti nasi goreng, lontong sayur dan lain-lain.

Kita bisa memilih lapak-lapak yang menyediakan makanan yang kita sukai. Dan ada sebagian lapak yang memajang harga makanan yang dijual sehingga kita tidak perlu khawatir mendapatkan harga mahal. Lagipula jika kita merasa diperas dengan harga yang terlampau mahal ketika jajan di Jogja, kita bisa lapor ke satgas wisata yang memiliki seragam khusus dan tersebar di arena Car Free Day (CFD) tersebut.

Berbelanja cenderamata khas Jogja

Ingin membeli batik dan seperangkat pakaian jawa? Kita bisa menemukan apa yang kita inginkan di arena Car Free Day Jogja. Mulai dari benda kecil seperti gantungan kunci, asesoris semacam gelang dan kalung sampai seperangkat pakaian jawa lengkap tersedia disini yang penting kita jeli dalam mencarinya. Dan jangan lupa harga yang ditawarkan di lapak-lapak ini mungkin sedikit lebih mahal akan tetapi jika kita pandai dalam menawarnya maka akan mendapatkan harga murah.

 Menikmati pertunjukan seni

Jogja adalah kota budaya, maka Jika anda berkeliling Jogja akan terlihat nuansa seni di tiap sudutnya. Di acara Car Free Day Jogja biasanya juga di selenggarakan pagelaran seni. Bahkan ada di beberapa titik. Terkadang terdapat panggung utama yang memang disediakan panitia tetapi ada juga panggung jalanan yang pertunjukkannya di lakukan perorangan atau sekelompok orang pengamen atau seniman jalanan kota Jogja.

Penampilan musik jazz pada panggung utama pernah ada di Car Free Day Jogja. Dan ada juga penampilan angklung, perkusi, alat musik petik dan berbagai alat musik lainnya yang di bawakan para seniman jalanan. Maka jika kita bekesempatan mengunjungi Jogja dan bersamaan dengan agenda Car Free Day maka jangan lewatkan kehadirannya.

Suasana CFD di Jogja. Sumber IG @goberjahat

Demikian ulasan mengenai Car Free Day di Jogja. Kita bisa mengunjunginya dan memarkirkan kendaraan di sisi utara jalan Malioboro yaitu taman parkir Abu Bakar Ali. Dan untuk menuju kesana bisa menggunakan ojek online atau becak. Jika datang rombongan bisa menyewa kendaraan mobik di jasa sewa mobil Jogja yang ada di seantero kota Jogja.