Jogja memiliki banyak lokasi wisata yang unik. Selain pantai dan pemandangan kota yang sudah biasa, terdapat air terjun dan goa yang menampilkan pemandangan yang tidak biasanya. Terdapat air terjun bertingkat dan air terjun di pantai yang bisa dinikmati sambil bermain di laut. Terdapat pula goa unik, bukan dari tampilannya tetapi dari sejarahnya. Karena Jogja merupakan salah satu daerah yang paling bersejarah di Indonesia. Salah satu goa bersejarah di Jogja adalah Goa Sriti. Goa Sriti Jogja adalah tempat bersejarah masa kemerdekaan Indonesia bersama beberapa tempat lainnya.

Untuk anda yang sedang ingin berlibur tetapi juga tidak ingin ketinggalan untuk menggali ilmu terkait sejarah para pahlawan Bangsa Indonesia, maka berkunjung ke Goa Sriti yang terletak di kecamatan Samigaluh Kulon Progo ini merupakan tindakan yang tepat. Pasalnya, di sini anda tidak hanya bisa berlibur saja tetapi juga akan disuguhkan oleh cerita sejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan kita.

Goa Sriti Jogja, sumber ig tiptriktrip
Goa Sriti Jogja, sumber ig @tiptriktrip

Lokasi dan Rute

Letak Goa Sriti tidak jauh dari jalan Samigaluh. Jaraknya sekitar satu kilometer dari jalan raya. Untuk menuju tempat ini relatif cukup mudah jika dibandingkan dengan rute jalan ke wisata alam lainnya. Jarak dari kota Yogyakarta  ke goa sriti kurang lebih 30 km. Jika ditempuh dengan menggunakan motor kira-kira membutuhkan waktu 1,5 jam. Akan tetapi sangat disayangkan, karena tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan, akses jalan untuk menuju Goa sriti ini tidak begitu mendapat perhatian dari pemerintah.

Untuk menuju ke sini Anda dapat menempuh perjalanan melalui barat Jogja ke arah Kulon Progo. Siapkan map Anda menuju jalan samigaluh. Jika membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa bertanya. Lebih mudah lagi jika menggunakan jasa sewa mobil Jogja.

Sensasi Obyek Wisata Goa Sriti

Goa sriti merupakan salah satu destinasi wisata sekaligus tempat bersejarah. Dulunya tempat ini merupakan tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro. Goa Sriti menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan. Goa sriti didirikan sebagai lokasi taktik gerilya dan persembunyian untuk melawan penjajahan kolonial Belanda oleh Pangeran Dipenogoro yang mana pada saat itu pangeran Diponegoro merupakan pemimpin perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Perlawanan berlangsung pada tahun 1825-1930 yang dikenal dengan sebutan perang Diponegoro. Tetapi dari segi sejarah goa ini memiliki daya tarik tersendiri, karena goa ini menjadi tempat dilantiknya Pangeran Diponegoro menjadi Sultan Abdulhamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau biasa disingkat Sultan Abdul Hamid

Goa Sriti, sumber ig tiptriktrip
Goa Sriti, sumber ig @tiptriktrip

Untuk anda yang memiliki adrenalin tingkat tinggi, Anda bisa membawa senter untuk menelusuri goa sriti ini. Akan tetapi yang perlu diperhatikan yakni jika anda ingin memasuki area goa yang lebih dalam lagi, anda harus ditemani oleh juru kunci  atau penduduk setempat yang tahu secara detail medan goa sriti ini sendiri. Karena pernah di bagian dalam gua menjadi habitat monyet putih, maka untuk itu jika ingin masuk ke gua ini lebih dalam alangkah baiknya jika bertanya lebih dahulu kepada juru kunci.

Pada umumnya masyarakat sekitar lokasi wisata Goa Sriti memiliki mata pencaharian sebagai petani, pedagang warung kecil-kecilan di pinggir jalan. Padahal lokasi daerah wisata goa sriti ini memiliki potensi yang lebih jika digali lagi. Mengingat pemandangan di sekitar goa memiliki  panorama yang indah. Kondisi ini bisa dijadikan inovasi baru jika dikombinasikan dengan wisata out door, atau bisa saja dimasukkan menjadi salah satu opsi  tujuan wisata sejarah di Jogja. Dengan begitu wisatawan akan lebih tertarik untuk mengunjungi.

Nama : Goa Sriti
Alamat : Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673
Peta : https://goo.gl/maps/WWYdVb44B112

Saran Tambahan

Goa Sriti Jogja cocok untuk dijadikan obyek wisata edukasi bagi keluarga terutama anak-anak. Goa bersejarah ini bukan hanya mengenalkan sejarah kepahlawanan, tetapi juga sejarah kekuatan mental para pendahulu kita yang sudah terbiasa hidup berprinsip. Tunggu apa lagi, ajak anak-anak untuk berwisata sambil belajar sejarah asli tempat asalnya.

Masih terdapat beberapa goa lainnya yang juga unik dan menarik untuk dikunjungi. Semoga ulasan ini bisa menghibur dan menambah koleksi informasi wisata Anda. Demikian ulasan mengenai Goa Sriti Jogja. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata Jogja di halaman jogjacar.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.