+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Goa Gelatik Lorong Sewu adalah salah satu dari 60 lebih goa yang terdapat di Jogja. Beberapa diantara 60 goa-goa ini sudah bisa dikunjungi sebagai obyek wisata, namun sisanya masih harus dikelola agar bisa menjadi salah satu obyek wisata goa Jogja.

Pengelolaan goa hingga menjadi obyek wisata memerlukan beberapa proses yang ternyata bisa disebut ekstrim. Karena goa tidak bisa diketahui kondisi dan kedalaman kecuali ada yang terlebih dahulu memasukinya. Namun tentu saja, memasuki goa yang belum pernah disusuri sebelumnya memiliki resiko.

Meskipun begitu, Goa Gelatik sudah diresmikan sebagai obyek wisata oleh pengelola setempat. Nah, apa saja daya tarik serta keunikan yang bisa ditemukan di obyek wisata Goa Gelatik? Simak beberapa informasinya berikut ini.

Goal Gelatik, sumber ig budiharjo66
Goal Gelatik, sumber ig @budiharjo66

Lokasi dan Rute Menuju Goa Gelatik

Goa Gelatik berada di Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gunung Kidul adalah dataran yang paling tinggi di daerah Yogyakarta. Sehingga bisa dibayangkan bagaiamana situasi dan kondisi perjalanan. Untuk medan jalannya sediri sudah bagus dan bisa diakses oleh kendaraan wisata.

Jika memulai perjalanan dari Kota Jogja, Anda perlu mengarah ke arah timur menuju Jalan Wonosari. Mengikuti Jalan Wonosari, Anda terus menuju ke selatan tepatnya ke arah Kota Wonosari.

Ditengah perjalanan menujun Ibukota Kabupaten, Wonosari, Anda akan menemukan banyak penujuk atau penanda menuju Goa Pindul. Goa Gelatik memang memiliki rute yang sama yaitu mengikuti jalur menuju Goa Pindul. Karena sebenarnya Goa Gelatik Lorong Sewu tidak begitu jauh dari lokasi Goa Pindul. Waktu tempuh diperkirakan selama 1,5 jam.

Susur Goa Gelatik, sumber ig wahyu.nurfadly
Susur Goa Gelatik, sumber ig @wahyu.nurfadly

Goa Gelatik Lorong Sewu

Goa Gelatik Lorong Sewu sebenarnya adalah obyek wisata minat khusus yang baru saja ditemukan sejak 2014 lalu. Dikatakan obyek wisata minat khusus karena pengunjung harus benar-benar dipandu untuk menyusurinya karena kondisinya yang ekstrim.

Meskipun ekstrim, namun bukan berarti Goa Gelatik tidak bisa dikunjungi. Hanya faktor keamanan dan keselamatannya yang perlu perhatian khusus. Kondisi goa biasanya cenderung sempit, tidak memiliki akses udara pernapasan yang normal, dikelilingi batuan dengan bentuk yang riskan dan kondisi lainnya.

Dinamakan “gelatik” karena pada saat ditemukan, goa ini berada di bawah permukaan tanah dan pada pintu masuknya hinggap banyak burung gelatik. Mengenai sebutan “lorong sewu”, bahwa ternyata ketika ditelusuri oleh penduduk setempat goa ini memiliki 7 lapis goa yang berada di dalamnya.

Sejak ditemukan, keberadaan goa ini langsung menjadi daya tarik wisata salah satunya menjadi wahana caving atau susur goa. Pemerintah setempat sudah memberikan perhatian dan obyek wisata ini sudah dikunjungi wisatawan yang penasaran untuk merasakan sensasinya.

Dengan perhatian dari dinas dan warga setempat, Goa Gelatik Lorong Sewu mampu memberikan fasilitas susur goa yang memadai. Biasanya fasilitas wisata Goa sudah disiapkan dalam bentuk paket. Nah, dengan biaya yang Anda keluarkan Anda akan mendapatkan paket fasilitas berupa : Jemputan, Loker, Pemandu, Head Protector (Helm), Penerang (senter), Tabung Oksigen, Plastik (untuk melindungi gadget elektronik), Air Minum.

Biaya yang dibutuhkan dalam kunjungan di Goa Gelatik Lorong Sewu berkisar antara paket susur goa dan biaya parkir. Untuk paket susur goa, Anda cukup mengeluarkan Rp. 30.000. Sedangkan untuk parkir berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 untuk kendaraan pribadi dan Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 untuk kendaraan wisata Jogja.

Goa Gelatik, sumber ig insanwisata
Goa Gelatik, sumber ig @insanwisata

Informasi Tambahan

Keberadaan wisata goa di Jogja sebenarnya bukan hanya terkait daya tarik goa sebagai obyek wisata. Namun juga berbicara tentang khasanah budaya setempat. Keberadaan goa ini biasa dijadikan sebagai lokasi ritual adalah aktivitas kebudayaan lainnya. Karena itu, sebagai pengunjung kita juga perlu menghormati ritual dan budaya setempat di lokasi ini.

Tingkat kesulitan medan Goa Gelatik ini bisa dikatakan antara sedang dan sangat menantang. Sehingga mematuhi seluruh arahan pemandu sangatlah diperlukan. Untuk Anda yang memiliki kendala penyakit tertentu seperti asma atau sesak, maka perlu persiapan khusus atau jika sudah parah, tidak disarankan untuk mengikuti aktivitas caving di goa.

Dengan rute susur goa sepanjang 350 meter, waktu yang ditempuh untuk menyusuri Goa Gelatik Lorong Sewu ini seluruhnya berkisar 1,5 jam. Maka, persiapkanlah fisik Anda. Pastikan pengaman dan peralatan susur goa sudah terpakai dengan baik.

Nama : Goa Gelatik Lorong Sewu
Lokasi : Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55891
Peta : https://goo.gl/maps/HRzJBGj3xauqsn4f6

Demikian ulasan terkait informasi tentang Goa Gelatik Lorong Sewu. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru dan koleksi referensi wisata goa untuk Anda. Simak ulasan wisata goa lainnya, Goa Jepang Bantul di halaman ini. Matur Nuwun.