+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Sebelum banyak di bangun berbagai tempat wisata ramah anak di Jogja, di beberapa pelosok Jogja telah di kembangkan beberapa destinasi wisata yang berbasis kearifan lokal masyarakat pedesaan yang juga merupakan wisata edukasi. Konsep wisata kearifan lokal yang berbentuk desa wisata mulai menjamur di berbagai daerah di Jogja ini juga sangat bagus bagi pendidikan anak. Karena anak akan di ajak bermain sekaligus belajar ke alam secara langsung maka inteligensi dan motorik anak akan berkembang. Salah satu desa wisata yang populer adalah Desa Wisata Kembang Arum atau biasa disingkat Dewi Kembar.

Keindahan Desa Wisata Dewi Kembar. Sumber IG @desawisatakembangarum

Fasilitas Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum merupakan desa yang telah diresmikan sejak pertengahan tahun 2005. Pemandangan yang dimiliki Desa Wisata Kembang Arum sangat lah indah dengan lingkungan sekitar yang bersih dan tertata rapi sehingga para wisatawan dapat merasa nyaman ketika berada di desa. Fasilitas yang dimiliki seperti perumahan tradisional, pemandangan yang asri dan udara yang segar.

Desa Wisata Kembang Arum memiliki beberapa fasilitas yang di sediakan seperti wisata edukasi, alam dan lain – lain. Selain itu, Desa Wisata Kembang Arum juga memiliki fasilitas outbound dimana anda sekeluarga dapat berkunjung dan bersenang – senang bersama keluarga, menikmatiw aktu bersama di desa ini merupakan pilihan yang tepat, di tambah lagi suasana pedesaan yang sejuk.

Dan juga terdapat berbagai wahana yang seru untuk anda dan keluarga bersenang – senang. Desa wisata di kembangkan serta di kelolah dengan baik dari pengelolaan wisata alam hingga pengelolaan fasilitas lain nya. Pengelola menggerakkan ekonomi lokal dengan merespon potensi alam yang telah di tata dengan indah sehingga banyak wisatawan yang berkunjung dari wisatawan lokal hingga luar.

Aktivitas di Desa Wisata Kembang Arum

Aktivitas yang ada di Desa Wisata Kembang Arum bermacam – macam seperti aktivitas alam, aktivitas wahana dan lain – lain. Aktivitas yang telah di sediakan dapat anda nikmati bersama dengan keluarga untuk bersenang – senang, menghabiskan waktu bersama akan menyatuhkan keluarga. Wisata wahana yang dimiliki Desa Wisata Kembang Arum salah satu nya yaitu wisata outbound.

Wisata outbound akan mengisi hari – hari anda bersama keluarga untuk bersenang – senang menghabiskan waktu bersama. Wahana outbound yang di sediakan seperti flying fox, jembatan layang dan lain – lain. Tidak hanya itu, desa ini juga menyediakan beberapa permainan tradisional yang dikenalkan untuk para wisatawan diantaranya egrang, dakon, engklek, gobak sodor dan lainnya.

Harga tiket masuk untuk wisata outbound di desa wisata kembang arum yang cukup terjangkau dengan rata-rata permainan adalah Rp 15.000,- per orang dengan keseruan wisata outbound bersama keluarga anda. Selain itu, Desa ini memiliki perlombaan traditional yang di gemari berbagai kalangan terutama anak-anak seperti egrang, balap bakiak, adu tarik tambang di lumpur, balap dingklik, bambu pancuran, gebuk bantal dan tampah bola.

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang arum terletak di yogyakarta tepat nya di Donokerto, Turi, Sleman. Desa Wisata Kembang arum memiliki lahan yang cukup luas sekitar 22 hektar dan desa ini juga mendapatkan penghargaan menjadi pemenang juara 1 dalam Festival Desa Wisata tahun 2008. Kemenangan Kembang arum ini ditentukan dalam pertemuan dewan juri pada tanggal 4 Juni 2008.

Desa Wisata Kembang Arum terdiri dari 2 RT dengan 65 Kepala Keluarga sehingga total keseluruhan untuk penduduk memiliki sekitar 269 orang penduduk. Pada awal nya desa wisata ini hanya memiliki satu rumah yang dimana berfungsi untuk seluruh kegiatan wisata. Selain itu,  Desa wisata ini memiliki  wahana outbond, wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya dan juga wisata keluarga yang seru.

Desa Wisata Kembang Arum memiliki berbagai macam wisata salah satu nya yaitu berupa wahana yang dapat di nikmati untuk anda dan sekeluarga menghabiskan waktu bersenang – senang di Desa Wisata Kembang arum, outbound seperti flynig fox dengan harga tiket sebesar Rp 25.000,- per orang. Selain itu, juga terdapat lomba mencari ikan dengan harga tiket senilai Rp 20.000,- per orang.

Susur sungai di Desa WIsata Kembang Arum. Sumber IG @desawisatakembangarum

Nama : Desa Wisata Kembang Arum
Lokasi : Kembangarum 13, Donokerto, Turi, Wetan Kali, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551
Peta : https://goo.gl/maps/f21a2Hi8Rx8qMVFs6

Dengan Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja, anda bisa mengunjungi desa wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribai atau bisa juga dengan menyewa mobil. Dengan menyewa mobil di jasa sewa mobil Jogja yang tersebar di kota Jogja anda memiliki kebebasan dalam mengunjungi berbagai destinasi wisata selain Desa wisata Kembang Arum.