+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Jogja merupakan propinsi dengan berbagai macam destinasi wisata. Salah satu wisata alam yang mungkin namanya belum familiar adalah Curug Watu Jonggol di Kulonprogo. Seperti Air Terjun Kedung Bendo destinasi wisata ini juga berada di deretan pegunungan menoreh. Dibawah ini adalah review tentang Curug Watu Jonggol yang mungkin perlu anda kunjungi.

Lokasi Curug Watu Jonggol

Air terjun Curug Watu Jonggol merupakan salah satu air terjun yang ada di yogyakarta dengan keindahan alam yang masih alami. Air terjun Curug Watu Jonggol terletak di Kecamatan Sami galuh Kabupaten Kulon Progo  tepat nya di daerah pegunungan menoreh. Air Terjun ini memiliki  ketinggian yang mencapai hingga sekitar 30 – 40 meter dimana air yang jatuh dari ketinggan tersebut. 

Anda dapat berkunjung ke air terjun Watu Jonggol  dengan menggunakan motor, terdapat rute menuju air terjun tersendiri. Curug ini terletak di Nglinggo, yang merupakan perkebunan teh satu satunya di Jogja. Jika anda pernah berkunjung bahkan menginap di guest house daerah wisata Nglinggo anda bisa bertanya kepada warga tentang letakcurug ini.

Curug Watu Jonggol
Curug di perbukitan menoreh menjadi destinasi wisata andalan Kulonprogo. Sumber IG @yeahyeahaffairs

Tiket Masuk menuju Air Terjun Curug Watu Jonggol

Ketika anda berkunjung ke tempat – tempat wisata, anda akan di kenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau, terutama di tempat wisata alam yang dimana harga tiket masuk sangat terjangkau. Biasa nya, wisata alam yang di kenakan biaya tiket masuk sudah disediakan fasilitas di dalam nya untuk para pengunjung. Fasilitas tersebut berupa kamar mandi umum, musholah dan lain – lain.

Pembukaan loket pembayaran tiket di buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 wib. Wisata air terjun akan selalu buka setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur dengan jadwal yang sama. Pengunjung di kenakan biaya tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang nya. Harga yang sangat terjangkau untuk andamenikmati keindahan alam air terjun.

Fasilitas yang terdapat di air terjun Curug Watu Jonggol

1. Tempat parkir

Di tempat wisata air terjun yang indah ini pengelola sudah menyediakan tempat parkir khusus untuk pengunjung yang bertamsya ke air terjun. Semua jenis kendaraan seperti bis, sepeda motor dan mobil sudah di sediakan masing – masing.  Anda akan di kenakan biaya sekitar Rp 2000 untuk parkir kendaraan roda dua, sedangkan untuk jenis roda empat akan di kenakan Rp 5000. 

2. Kantin atau tempat makan 

Fasilitas lain yang telah di sediakan di dalam kawasan destinasi wisata ini   yaitu kantin atau tempat makan dimana wisatawan dapat menikmati makanan di alam yang terbuka atau sekitar air terjun Curug Watu Jonggol tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tampat nya. Tempat makanan ini menjual makanan ringan hingga makanan berat.

3. Toilet umum

Salah satu fasilitas yang pasti yang di sediakan di setiap tempay wisata yaitu tolite umum dimana di sediakan khusus untuk pengunjung wisata air terjun. Berbagai macam fasilitas di sediakan untuk liburan pengunjung dengan nyaman.

Curug Watu Jonggol
Curug Watu Jonggol yang indah/ Sumber IG @agnesnophyta

4. Area berkemah

Fasilitas yang terakhir yaitu air pengelola wisata menyediakan area berkemah bagi para wisatawan pencinta petualangan yang lebih sudah menjelajahi alam bebas. Suasana yang akan anda dapatkan ketika berkemah dengan air terjun yang mengalir deras dapat membuat suasana kemah anda menjadi lebih menyenangkan, terutama apabila anda berkemah bersama teman – teman anda untuk menikmati alam bebas di air terjun yang indah ini.

Nama : Grojogan Watu Jonggol
Lokasi : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673
Peta : https://goo.gl/maps/22M2qLfdnr8dhRF88

Demikian review mengenai destinasi wisata Curug Watu Jonggol yang merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja, untuk menuju ke destinasi wisata tersebut anda bisa menyewa mobil di jasa sewa mobil Jogja yang anda percaya.