+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Jogja pada daerah kotamadyanya identik dengan wisata budaya, wisata belanja di Beringharjo atau wisata kuliner Malioboro. Tetapi ketika kita menjelajah ke pe;osok kabupatennya ternyata memiliki berbagai destinasi wisata alam yang tak kalah menarik. Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Kulonprogo adalah air terjun Kedung Bendo.

Sebenarnya ada berbagai tempat untuk tujuan wisata di kulonprogo. Ada yang berupa pantai, pegunungan dan juga danau buatan. Air terjun Kedung Bendo bisa menjadi destinasi wisata alternatif ketika mengunjungi Kulonprogo selain berbagai destinasi wisata yang mungkin sering anda kunjungi. Berikut ini ulasan mengenai air terjun Kedung Bendo selengkapnya.

Air Terjun Kedung Bendo
Jalan setapak yang masih alami menuju Air Terjun Kedung Bendo. Sumber IG @yasusapade_

Lokasi Air Terjun Kedung Bendo

Air Terjun Kedung Bendo ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kulon Progo Yogyakarata yang dapat Anda kunjungi. Destinasi wisata yang menyajikan keindahan panorama air terjun ini tergolong baru dan masih sangat alami. Objek wisata ini memiliki pemandangan yang masih asli dan sangat memukau. Tak heran apabila di akhir pekan lokasi wisata air terjun ini sering didatangi oleh wisatawan terutama wisatawan lokal yang ingin menikmati air terjun.

Lokasi objek wisata air terjun ini terletak di Desa Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda dari Kota yogyakarta, Anda kira-kira membutuhkan waktu sekitar 40 km menuju lokasi wisata yang dapat ditempuh selama kurang lebih 1-2 jam perjalanan dengan berkendara. Akses menuju lokasi wisata ini bisa dibilang cukup ekstrem. 

Bagi anda pecinta olahraga bersepeda MTB sangat cocok dengan kondisi jalan menuju destinasi wisata ini. Anda akan melewati tanjakan, tikungan, jalan setapak, dan juga jalan yang berkelok. Karena sulitnya medan maka lebih baik untuk menggunakan kendaraan bermotor beroda dua untuk memudahkan akses menuju lokasi tujuan.

Untuk anda yang berasal dari luar kota dan akan berkunjung ke tempat wisata yang ada di kulonprogo patut bergembira karena bandara baru Jogja yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA) telah di bangun dan berada di tepi pantai selatan kabupaten Kulonprogo. Maka akses untuk ke berbagai tempat wisata di Kulonprogo menjadi lebih dekat dan mudah.

Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Objek wisata air terjun ini memiliki pesona keindahan alam yang masih benar-benar alami dan sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan yang menyukai wisata alam. Sangat disayangkan apabila Anda berkunjung ke Kulon Progo, namun tidak mengunjungi objek wisata alam yang ada di sana, termasuk Air Terjun Kedung Bendo.

Pesona wisata ini tidak hanya sebatas dengan keindahan alam di sekitarnya, air terjun ini juga dikenal dengan air terjun yang memiliki aliran yang cukup deras dan melebar. Di tempat wisata ini Anda dapat bermain air dan berenang di kubangan dengan air yang belum terkontaminasi yang terdapat di bawah air terjun. Kubangan tersebut tidak terlalu dalam dan lumayan jernih, sehingga aman untuk Anda yang ingin menikmati pengalaman berenang di bawah air terjun.

Kedalaman Kedung Bendo ini mencapai 2,5 meter bisa dibilang masih aman, tetapi bagi Anda yang tidak mahir berenang, sebaiknya Anda perlu sangat berhati-hati, karena tidak ada petugas keamanan  yang menjaga tempat ini. Karena tergolong masih baru maka penunjang pariwisata termasuk layanan keamanan khusus penyelamatan korban tenggelam juga belum tersedia.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk mengambil foto untuk mengabadikan momen liburan Anda. Anda bisa berfoto sambil berenang di spot terbaik untuk foto dengan latar belakang air terjun yang menawan. Dan memang berbagai temapy wisata di Jogja sangat cocok untuk dijadikan spot pengambilan gambar.

Harga Tiket dan Fasilitas Air Terjun Kedung Bendo

Mengenai masalah harga tiket, saat ini belum ada harga tiket untuk masuk ke tempat wisata, Anda hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan beroda dua atau empat yang Anda bawa. Meskipun wisata air terjun ini belum dikelola secara profesional, namun fasilitas yang ada sudah cukup memadai untuk wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas yang ada di area wisata ini berupa tempat parkir, gazebo untuk tempat beristirahat wisatawan yang berkunjung, toilet, dan mushola. Saat Anda berkunjung ke Air Terjun Kedung Bendo lebih baik anda membawa bekal makan dan minum sendiri, karena di sana belum banyak terdapat pedagang makanan. Bahkan saat waktu libur tiba, tempat wisata ini masih memiliki sedikit pengunjung.

Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai lokasi wisata alami, asri, dan tidak terlalu ramai. Air terjun ini dibuka sepanjang waktu, artinya Anda dapat mengunjungi kapan saja. Namun, disarankan untuk mengunjungi wisata air terjun ini saat masih ada cahaya matahari, karena tempat wisata ini masih sangat minim penerangan sehingga akses jalan akan lebih sulit saat gelap.

Semoga kedepannya dengan dibangunnya bandara baru di Kulonprogo menjadikan geliat perekonomian masyarakat di sektor pariwisata bisa tumbuh dan meningkat. Karena sarana transportasi termasuk transportasi udara pada daerah yang mejadi tujuan destinasi wisata adalah fator penunjang sangat penting.

Air Terjun Kedung Bendo

Tips untuk Anda adalah perlu untuk membawa berbagai perlengkapan pribadi yang mungkin penting dan bermanfaat, karena tempat wisata ini masih belum dikelola secara profesional sehingga Anda perlu bertanggung jawab atas diri Anda sendiri.

Demikian ulasan mengenai obyek wisata air terjun Kedung Bendo yang dapat kami sampaikan. Untuk berwisata di berbagai pelosok Jogja anda bisa mempercayakan kepada Jogjacar dalam hal transportasi. Jogjacar yang merupakan perusahaan jasa sewa mobil Jogja yang telah terpercaya memberikan layanan transportasi wisata siap melayani transportasi wisata di Jogja.