Berwisata menggunakan mobil pribadi memang memberikan sensasi tersendiri. Selain fleksibel dalam hal waktu, kita bisa mengajak orang-orang yang kita cintai yaitu keluarga kita untuk bersama mengunjungi tempat-tempat yang menarik ketika menikmati hari libur. Namun memang tidak semua mampu untuk memiliki kendaraan mobil pribadi. Tapi tidak perlu khawatir, bagi orang-orang yang belum mampu membeli mobil dan hendak berpergian, rental mobil menjadi pilihan yang paling tepat. Jasa rental mobil kini sudah banyak menjamur di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk wilayah Jogjakarta dan sekitarnya, jasa rental mobil ini terdapat hampir disetiap tempat. Karena memang kunjungan wisatawan ke Jogjakarta di setiap hari libur memang cukup padat. Karenanya keberadaan jasa rental mobil ini menjadi alternatif dan fasilitas bagi para wisatawan yang ingin menikmati tempat-tempat wisata di Jogjakarta. Tapi, yang menjadi permasalahan adalah tidak semua tempat rental mobil dapat dipercaya serta kualitasnya terjamin. Untuk itu, berikut adalah 7 Kriteria Rental Mobil Terpercaya dan mungkin dapat membantu saat hendak meminjam mobil melalui jasa rental.

Kriteria Rental Mobil Terpercaya

1. Koleksi Mobil Rentalan yang Terawat

Saat akan merental sebuah mobil akan sangat bagus bila memperhatikan kondisi mobil ditempat rental tersebut. Pastikan sebelum merental, mencek terlebih dahulu usia mobil dan berapa lama mobil tersebut digunakan. Hal ini penting demi kenyamanan serta keselamatan berkendara. Juga pastikan kondisi dalam mobil yang bersih dan terawat.

2. Memiliki Izin Untuk Usaha

Rental mobil yang berpengalaman dan profesional pastinya sudah memiliki izin usaha yang resmi. Dengan adanya izin usaha, bisa dipastikan rental mobil tersebut serius dalam menekuni bisnis tersebut juga tidak hanya bermodal nekat membuka bisnis rental mobil. Berhati-hati juga bila merental ditempat yang tidak memiliki izin usaha, takutnya hal yang tidak diinginkan.

3. Memiliki Driver Profesional

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, salah satu yang harus diperhatikan adalah bila merental mobil sekaligus paket supir, pastikan supir tersebut sudah berpengalaman. Memiliki surat-surat penting yang memang dibutuhkan seperti tanda pengenal resmi, sim dan lain-lain. Hal ini penting agar tidak membahayakan Anda nantinya.

4. Quality Control Service

Travel Car, sumber ig whereisplatov

Travel Car, sumber ig @whereisplatov

Sebuah rental mobil profesional akan selalu mengontrol kinerja para drivernya dan memperhatikan kondisi mobil setelah pelayanan. Bila menemukan atau mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan atau kurang puas ada baiknya Anda memberitahu pihak rental agar segera diperbaiki. Berikan juga tanggapan atau respon positif atas kepuasan yang didapatkan terhadap kinerja mobil atau driver.

5. Usia Mobil yang Baru

Ada baiknya dalam memilih rental mobil, mobil yang akan disewakan usianya masih terbilang baru. Jangan pilih rentalan mobil yang koleksi mobilnya rata-rata berusia tua. Sebuah rental mobil berkualitas pasti akan memperbaharui koleksi mobil rentalan dengan kisaran 3 sampai 4 tahun. Mobil tua yang tetap di rental mungkin akan memiliki kendala seperti masalah pada mesin.

6. Harga Sewa Jelas

Perlu diwaspadai saat akan melakukan rental mobil dan tergiur dengan harga sewa yang murah. Tapi, saat akan melakukan booking, tiba-tiba ada rentetan biaya tambahan yang sebelumnya tidak disebutkan. Dan harga sewa yang tadinya murah malah menjadi mahal. Untuk itu sebelum booking pastikan dulu Anda menanyakan segala sesuatunya dengan rinci dan detail.

7. Profesional dalam Booking Mobil

Rental mobil yang baik pasti akan profesional dalam menangani pelayanan booking mobil. Hindari tempat rental yang sering membatalkan order sepihak. Rental profesional pasti akan punya cadangan mobil kalau memang mobil yang hendak disewa mengalami kerusakan mendadak atau masalah yang lainnya.

Demikian beberapa informasi mengenai kriteria jasa rental mobil yang terpercaya. Semoga informasi ini bisa membantu memberikan referensi bagi Anda. Ingat untuk tetap selalu waspada dimanapun Anda berada dan selamat menikmati liburan Anda. Simak artikel lainnya mengenai tips dan informasi wisata Jogjakarta di halaman ini.