Air terjun tuwondo adalah salah satu diantara beberapa air terjun yang ada di Jogja yang terkenal keindahan panoramanya. Meskipun terkenal dengan budaya dan obyek wisata pantai selatannya, sebenarnya Jogja memiliki banyak pilihan jenis wisata lainnya. Selain itu, daya tarik wisata Jogja juga didukung dengan fasilitas-fasilitas wisata yang memudahkan pengunjung untuk mengelilingi Jogja seperti sewa mobil Jogja, rental bus pariwisata, paket wisata Jogja serta fasilitas-fasilitas penunjang lainnya.

Jogja memang dikenal sebagai destinasi wisata yang menyenangkan. Bagaimana tidak, Jogja yang menyimpan bukan hanya belasan bahkan puluhan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak lokasi wisata yang baru-baru yang langsung hits pada wisata alam, wisata sejarah dan budaya, wisata belanja perlengkapan oleh-oleh sampai wisata kulinernya yang beragam. Belakangan ini Jogja juga membuka obyek wisata baru di daerah Piyungan Bantul yaitu Air Terjun Tuwondo. Untuk mengetahui informasi detailnya simak penjelasan berikut ini.

Akses Menuju Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo atau dikenal dengan Grojogan Tuwondo merupakan wisata yang baru dibuka di Piyungan, Bantul. Tempat wisata ini masih tahap pengembangan yang lebih baik lagi dengan berbasis pedesaan. Untuk berkunjung ke Grojogan Tuwondo lebih menyenangkan jika dilakukan pada musim hujan karena aliran yang lebih deras dan bagus. Sementara, jika berkunjung di musim kemarau ceritanya akan berbeda lagi.

Air Terjun Tuwondo, sumber ig jogjagoldstory
Air Terjun Tuwondo, sumber ig @jogjagoldstory

Grojogan ini terletak di kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan 3, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Sayangnya air terjun ini dekat dengan TPA yang hanya berjarak satu bukit. Oleh karena itu di kawasan air terjun ini terkadang sedikit berbau sampah jika sedang banyak angin. Selain itu suara buldoser juga sampai ke grojogan ini. Namun, jangan khawatir karena obyek wisata ini juga masih dalam perbaikan tentu hal seperti ini akan dipertimbangkan kembali.

Kondisi Air Terjun Tuwondo

Letak kawasan ini berada di lereng pemukiman warga. Untuk menuju ke tempat wisata ini sekarang lebih mudah karena papan informasi telah dipasang dari titik jalan Piyungan sampai ke titik Pleret arah lokasi. Untuk menuju air terjun lintasan hanya bisa dipakai untuk kendaraan beroda dua.

Rute yang bisa diikuti dari arah kids fun menuju ke selatan Gedung Serba Guna banyakan. Dari jalan tersebut ikuti arah jalur sampai 200 meter hingga ada gang kecil dengan lebar 2 meter. Menyusuri gang tersebut akan menjumpai area persawahan sampai ada pertigaan ambil kanan untuk menuju Air Terjun Tuwondo.

Konon, nama air terjun Tuwondo berasal dari dua kata yaitu Tu (batu) dan Tuwondo (tingkatan). Rupanya kondisi air terjun ini memang mempunyai 3 tingkatan sekitar 3 sampai 5 meter. Sekitar air terjun dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar. Bebatuan yang ada di sana merupakan batu andesit dan batu kapur.

Cuaca sangat mempengaruhi aliran debit air. Sebaiknya berkunjung ke Air terjun ini saat musim penghujan karena pancuran airnya cukup deras. Jika tidak musim penghujan maka air terjun ini cukup kering sehingga tidak banyak pengunjung yang datang karena grojogan ini termasuk musiman.

Obyek wisata baru yang memang dikembangkan oleh desa Piyungan karena melihat peluang besar untuk menarik daya minat pengunjung. Air terjun di sini juga tak kalah indahnya dengan air terjun yang ada di Jogja lainnya. Tak ada salahnya untuk melihat dan berkunjung ke air terjun Tuwondo dengan suguhan panorama yang indah.

Nama : Grojogan Tuwondo
Alamat : Lemah Abang, Banyakan, Sitimulyo, Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
Peta : https://goo.gl/maps/RCTpTpVLYrA2

Saran

Obyek wisata ini masih belum begitu bisa diakses beramai-ramai dan tidak disarankan untuk bersama anak-anak kecuali dalam penjagaan yang maksimal. Bawalah gadget kesayangan Anda karena susunan air terjun yang bertingkat ini sangat pas untuk menghiasi halaman media sosial Anda. Jagalah lingkungan di sekitar obyek wisata yang masih sangat alami ini serta waspadalah selalu dimanapun Anda berada.

Demikian ulasan singkat mengenai air terjun tuwondo. Semoga bisa menghibur dan menambah koleksi informasi wisata Anda.  Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips wisata Jogja di halaman ini. selamat menikmati perjalanan wisata Anda.