+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Jika air terjun Lepo Dlingo Bantul berada di sisi timur kabupaten Bantul maka air terjun Jurang Pulosari berada di sisi barat Kabupaten Bantul. Air Terjun Jurang Pulosari tepatnya terletak di Desa Wisata Krebet, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Rute yang bisa Anda ambil untuk dapat sampai di wisata ini yaitu mengambil Jalan Bantul, ketika telah menemukan Gapura Kasongan, belok ke barat lalu maju ke arah Pajangan. Sebaiknya Anda ke air terjun jurang Pulosari saat musim hujan dikarenakan di musim kemarau debit air sedikit dan tidak terlihat indah.

Dari Kota Yogyakarta kira-kira Anda memerlukan waktu paling cepat 45 menit sampai dengan 1 jam menggunakan sepeda motor  untuk bisa sampai ke kawasan ini. Jalan menuju air terjun ini cukup menantang karena berada di daerah pegunungan, sehingga pastikan badan Anda fit saat ingin berlibur ke sini. Dan selain air terjun di wilayah Pajangan ini juga terdapat Sendang Ngembel dan cukup dekat dengan Gua Selarong yang meruoakan destinasi wisata sejarah di Bantul.

Air Terjun Jurang Pulosari
Air terjun Jurang pulosari terlihat indah diwaktu penghujan. Sumber IG @desawisatakrebet

Akses Menuju Wisata Air Terjun Jurang Pulosari

Air terjun ini terletak di kawasan pegunungan dan untuk akses jalan menuju tempat wisata ini bisa dikatakan cukup bagus. Saat Anda melakukan perjalanan menuju tempat wisata air terjun ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dan udara bersih juga sejuk, tentu saja berbeda dengan udara di perkotaan yang sudah tercemar banyak polusi.

Dari lokasi parkir Anda tinggal berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang ada. Sesuai dengan namanya yaitu Jurang Pulosari, air terjun ini terletak di bawah jurang. Jalan untuk sampai ke bawah jurang tersebut, sudah dibuat aman dan ramah pengunjung, sehingga Anda yang membawa anak-anak tidak perlu merasa khawatir untuk berkunjung kesini. 

Perjalanan menuju lokasi air terjun ini cukup seru untuk dilalui, Anda akan merasakan menuruni sebuah jurang, meyusuri hutan jati, dan menyeberangi sungai hingga akhirnya dapat sampai di lokasi Air Terjun Jurang Pulosari.

Daya Tarik Air Terjun Jurang Pulosari

Air terjun tidak terlalu tinggi, mungkin ketinggiannya berkisar 5 sampai 7 meter dengan kedalaman air antara 1 hingga 1,5 meter. Daya tarik pada air terjun ini adalah yaitu cara air jatuh yang seperti membentuk tirai-tirai putih yang cantik dan di bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang atau hanya sekadar bermain menikmati air terjun.

Saat Anda mengunjungi wisata Air Terjun Jurang Pulosari Anda bisa merasakan pengalaman berenang di bawah aliran air terjun atau mungkin jika Anda tidak ingin bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan berdiam di bawah rimbunan pohon jati yang ada di sana. 

Hal menarik lainnya adalah adanya bebatuan yang berbentuk persegi. Batuan unik tersebut sepertinya terbentuk secara alami, sehingga menambah keindahan air terjun. Sebagian besar bebatuan yang ada di sekitar air terjun adalah bantuan kapur atau karst. Pada pertengahan musim kemarau, aliran air terjun ini mengering atau terhenti sementara sehingga disebut sebagai air terjun musiman.

Wisata air terjun ini dikelola oleh warga setempat yang tinggal di sana, walaupun dikelola oleh warga namun fasilitas yang ada di sana sudah cukup lengkap. Terdapat fasilitas ruang bilas dan ruang ganti baju, jika Anda lapar ada juga warung yang menjual makanan. Di area wisata ini sudah terdapat lokasi parkir yang luas dan aman dan ada juga penyewaan ban yang bisa Anda sewa untuk bermain air.

Air Terjun Jurang Pulosari
Destinasi wisata Bantul bagian barat salah satunya adalah air terjun Jurang Pulosari. Sumber IG @n.yudhistiro

Nama : Jurang Pulosari
Lokasi : Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751
Peta : https://goo.gl/maps/fwg7F9CUheDDAfJo6

Jika Anda ingin menikmati keindahan Air Terjun Jurang Pulosari ini lebih lama dan berkeliling di kawasan desa wisata Krebet, Anda bisa menginap di homestay yang terdapat di desa wisata Krebet. Maka agar memiliki waktu yang bisa di atur sendiri dan memiliki kebebasan dalam berkujung disarankan dalam berwisata ke air terjun Jurang Pulosari menggunakan mobil rental. Anda bisa menyewa di jasa sewa mobil Jogja yang banyak terdapat di Kota Jogja.