Yogyakarta merupakan destinasi yang menyediakan berbagai macam obyek wisata. Obyek-obyek wisata ini juga terdiri dari berbagai macam jenisnya seperti wisata alam, wisata pantai, wisata bukit, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata kuliner. Seluruh obyek wisata ini tersebar diseluruh kabupaten yang berada di Yogyakarta seperti Kabupaten Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo, Bantul termasuk Kota Yogyakarta sendiri. Wajar saja jika akhirnya Daerah Istimewa Yogyakarta dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahunnya baik lokal maupun mancanegara.

Mengenai Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten ini terletak disebelah selatan Yogyakarta dan lebih tinggi dibandingkan dengan Kota Yogyakarta. Letaknya yang berada persis berbatasan dengan Samudera Hindia menjadikan banyaknya obyek-obyek wisata pantai eksotis yang bisa ditemukan di sini. Kabupaten yang terletak di paling selatan Yogyakarta ini sedang gencar-gencarnya dikunjungi para tourist baik lokal maupun mancanegara. Potensi-potensi sektor pariwisatanya digali dan dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah setempat, salah satunya adalah wisata pantai Watu Lumbung. Mendengar namanya, mungkin Anda merasa asing karena tempat wisata ini tergolong baru. Inilah ulasan mengenai tempat wisata baru tersebut.

Lokasi Dan Rute Menuju Wisata Pantai Watu Lumbung

Lokasi pantai ini yaitu di Dusun Ngelo, desa Balong, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak kurang lebih 90 km dari kota Yogyakarta, waktu tempuh ke lokasi ini kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil wisata jogja. Rute perjalanan yaitu dari kota Yogyakarta anda menuju Ringroad jalan Wonosari (perempatan Ketandan). Lalu di perempatan Sampan ke pertigaan Piyungan, melewati Bukit bintang.

Pantai Watu Lumbung, sumber ig andreasps13

Pantai Watu Lumbung, sumber ig @andreasps13

Dilanjutkan ke Patuk, lalu ke Sambipitu, menuju Bunder, Gading, Siono, Wonosari. Dari Wonosari ke Jl. Baron, Mulo, Tepus, Purwodadi. Ketika bertemu pertigaan ke pantai siung (lurus saja) menuju Balong. Lalu anda akan bertemu pasar di pertigaan Jepitu ambil arah kanan kalau menuju Pantai Wediombo. Seusai TPR (Tempat Pemungutan Retribusi), sebelum sampai di pantai Wediombo belok kanan ke arah jalan cor blok. Ikuti jalan cor blok tersebut melalui ladang-ladang penduduk, lalu ambil arah kiri.

Hal Menarik Dari Wisata Pantai Watu Lumbung

Dilihat dari namanya saja pantai ini sangat unik. Ternyata kata “Watu Lumbung” ini berasal dari bahasa Jawa yakni batu yang menyerupai lumbung. Lumbung artinya tempat menyimpan gabah zaman dahulu. Letaknya menjorok 50 meter dari bibir pantai, saat air laut surut Anda bisa menyeberang dan melihat-lihatnya dari dekat. Watu Lumbung ini dimanfaatkan penduduk untuk memasang perangkap lobster dan kepiting. Anda penggemar lobster dan kepiting bisa membelinya langsung.

Pantai ini tergolong baru, menjadi daya tarik tersendiri. Berposisi di kaki Gunung Api Purba Batur sehingga untuk sampai di sana harus menuruni bukit. Perjalanannya tidak mudah, terlebih lagi perjalanan pulangnya. Namun semua akan terbayar dengan keindahannya. Setelah sampai, Anda akan merasakan sensasi berbeda. Tidak seperti pantai lainnya, pinggiran pantai ini ditumbuhi rumput hijau dan pohon Cemara yang berjajar yang menambah keindahan pantai.

Saran Tambahan

Pantai Watu Lumbung, sumber ig rullysaja

Pantai Watu Lumbung, sumber ig @rullysaja

Anda tertarik ke pantai ini? Maka ada beberapa saran untuk anda yang ingin berkunjung. Berikut ini beberapa saran untuk anda :

1. Siapkan kondisi fisik dan mental Anda sebelum pergi. Sebab perjalanan yang akan Anda tempuh tidaklah mudah.
2. Untuk mempermudah rute perjalanan menuju tempat ini,  perhatikan plang lokasi tempat wisata di sekitarnya yakni
Pantai Wediombo.
3. Berhati-hatilah dalam perjalanan.
4. Jagalah selalu kebersihan dan keindahan tempat itu. Jangan mengotori ataupun merusaknya.

Itulah ulasan mengenai wisata pantai Watu Lumbung dan saran tambahannya. Jika anda berkunjung kesana jagalah keindahan dari pantai ini. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi menarik bagi anda dan bisa menjadi referensi wisata anda selanjutnya di Yogyakarta. Jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya mengenai obyek wisata yang terletak di Kabupaten Bantul. Selamat berwisata!